Rabu, 29 November 2017

Mengenang Masa Memimpin Armada Blogger Jakarta

Satu tahun yang lalu, tepat pada tanggal 27 November 2016 saya yang seorang anak baru yang baru bergabung di Komunitas Blogger Jakarta satu bulan sebelumnya, dipercaya untuk memimpin komunitas yang begitu besar.

Ya tentu saja besar, karena membayangkan namanya saja sudah tentu kita akan terbayang mengenai kota dengan penduduk tersibuk dan terpadat di Indonesia.

Semua perasaan yang campur aduk itu, saya tulis dengan lengkap pada artikel Tanggung Jawab Untuk Blogger Jakarta. Dan rekan-rekan sekalian juga bisa melihat bahwa banyak sekali hal-hal unik yang saya arsipkan dalam blog saya mengenai Blogger Jakarta pada kategori artikel Blogger Jakarta.

Satu tahun merupakan waktu yang lama dan juga sebentar. Jika dihitung berdasarkan hari, 365 merupakan angka yang besar. Namun ketika saya jalani semua itu, sama sekali tidak terasa karena waktu begitu cepat berlalu.

Dalam menjalankan roda organisasi, saya membentuk struktur pengurus. Karena saya tahu bahwa untuk mengurus organisasi yang memiliki begitu banyak kepala, tentu harus dikelola secara bersama-sama oleh tim yang solid.

Akhirnya saya pun merumuskan beberapa pokok tugas untuk organisasi, dan saya akhirnya membagikan tanggung jawab yang saya miliki kepada rekan-rekan yang sudah saya pilih.

Mereka adalah Mas Jarot, Mba Zainab, Mba Tiara, Mba Renny, Mas Huda, Mas Yolo, Mas Oji, Mas Renaldi, Mas Joko, Mas Antoni, Mas Dikki dan Mas Dicki.

Mereka semua adalah anggota Blogger Jakarta yang saya ketahui memiliki kemampuan pada bidangnya dan saya kira paling loyal diantara anggota yang loyal.

Sebagian pengurus Blogger Jakarta 2016
Kiri ke kanan : Yolo, Mas Joko, Jarot, Mba Renny, Saya, Mba Tiara, Renaldi dan Mas Antoni


***

Sehari-harinya, Komunitas kami aktif berkomunikasi melalui platform chatting Whatsapp. Dan identitas nama grup yang digunakan adalah  Keluarga Blogger Jakarta. Kami menyebutnya keluarga karena menurut kami, Komunitas Blogger Jakarta adalah wadah untuk saling berbagi dan identitas keluarga rasa-rasanya akan lebih mengakrabkan kami semua.

Hampir setiap harinya, aktifitas chatting tidak pernah sepi hanya dalam beberapa jam saja. Karena para anggota yang ada di grup itu, mungkin bisa dibilang seperti makhluk nokturnal yang aktif bahkan ketika matahari sudah tiada.

Ya, banyak dari anggota Blogger Jakarta memang mendedikasikan dirinya untuk berkecimpung di dunia blog, dan waktu malam merupakan waktu yang sangat tepat untuk berkarya ketika suasana hening dan inspirasi untuk menciptakan konten seakan seperti air terjun yang mengalir deras ketika hujan turun.

Jika ditanya bagaimana karakter para anggota Blogger Jakarta, satu kata yang bisa saya bilang adalah"Astagfirullah." Karena jujur ketika pertama bergabung, saya juga kaget dengan aktifitas chatting yang ada.

Karena terkadang pembahasan yang ada mengenai dunia digital kreatif yang begitu teoritis bahkan teknis namun juga kadang seperti sedang melihat pertengkaran anak bocah yang berdebat permen sugus.

Hal itu sesungguhnya yang membuat saya semakin menyukai aktifitas chatting di grup tersebut.

Mengapa tidak? Para penghuni grup Keluarga Blogger Jakarta bisa dibilang sangat heterogen perihal latar belakang, pendidikan adalah salah satunya. Mulai dari siswa SMP sampai bapak yang memiliki anak pun ada di dalam Komunitas itu.

Jadi Anda bisa membayangkan, ketika ada seorang ibu-ibu bertanya perihal serius dan teknis, namun ditanggapi oleh seorang anak SMP dengan sok jutek seperti "Masa sih", kira-kira bagaimana kondisinya? Mengingatnya saja membuat saya ingin ketawa.

Apalagi ketika ada celetukan tentang singkatan tentang Komunitas Blogger Jakarta atau KBJ yang sering dibelokkan menjadi "Komunitas Biro Jodoh" Haha, semoga dengan mengetikkan kalimat itu pada artikel ini tidak akan menjadikan konten ini masuk dalam page one, keyword biro jodoh. Aamin

Namun sepertinya sebagai seorang kawan, saya cukup berbahagia ketika pada desember nanti ada sesama anggota keluarga Blogger Jakarta yang akan melangsungkan pernikahan pada akhir Desember 2017 nanti. Alhamdulillah.

Mengenang masa-masa memimpin komunitas itu, bisa dibilang seperti permen nano-nano. Anak tahun 90-an pasti sangat kenal dengan istilah Manis-asem-asin. Kurang lebih seperti itulah.

Manisnya, ketika dalam kondisi sulit contohnya ketika mengadakan event yang keluar dari rencana namun ada rekan-rekan yang selalu mendukung saya dalam kondisi apapun.

Asemnya, waktu untuk memimpin hebat ini memang harus berakhir pada bulan November 2017.

Asinnya, mungkin adalah rasa haru yang memang seperti merasa kehilangan keluarga yang begitu dekat selama satu tahun ini.

Tapi saya yakin, kebersamaan ini tidak hilang meskipun pada akhirnya saya akan jarang bergabung pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemimpin baru.

Bukan karena tidak mendukung ketua yang baru, namun alasan tersebut juga sama dengan alasan tidak melanjutkan periode kedua yakni demi fokus menyelesaikan sesuatu hal besar yang telah saya mulai dengan bermodal nekat, studi Magister Teknik Elektro.

*** 

Akhirnya tepat pada tanggal 26 November 2017 kemarin, bertempat di ruang meeting Green Pramuka Square saya pun melaporkan hasil kerja keras para pengurus Komunitas Blogger Jakarta kepada seluruh anggota melalui paparan laporan pertanggung jawaban 2016 - 2017.


Laporan pertanggung jawaban kepengurusan Blogger Jakarta 2016 - 2017

Ketika momen itu, saya juga sedikit bercerita tentang rasa nano-nano menjadi pengurus komunitas yang hampir memiliki 110 anggota itu. Misalnya bagaimana sulitnya, apa saja manfaat yang saya dapatkan serta kendala serta solusi yang harus dikerjakan oleh pemimpin berikutnya.

Dan setelah melakukan paparan tersebut, ada sedikit rasa puas yang muncul dalam dada. Puas karena sudah berusaha maksimal dengan kondisi yang ada meskipun saya pribadi mengakui memiliki banyak sekali kekurangan, akibat waktu saya yang harus terbagi untuk kuliah dan juga bekerja.

Tapi setidaknya, itu adalah hal yang bisa saya kerjakan dengan komitmen ingin berdedikasi secara penuh dengan kondisi yang ada.

Hingga tiba pada akhirnya proses pemilihan dengan empat kandidat yang ada yakni Yolo, Risma, Renny dan Robit yang dimulai dengan gempuran pertanyaan dari para sesepuh Blogger Jakarta.

Yang mana pada akhirnya secara musyawarah, forum pun pada akhirnya memutuskan bahwa Robit adalah pemimpin yang dirasa paling ideal untuk menjadi nahkoda Komunitas Blogger Jakarta pada periode berikutnya yakni 2017 - 2018.

Bagi saya sendiri, mengenal pribadi seorang Robit merupakan orang yang kreatif dan juga terbilang supel. Meski dirinya mengakui sebagai seorang introvert parah, saya percaya itu hanyalah 'kedok' merendahkan dirinya untuk menjatuhkan lawan. Haha, trik lama :P

Saya pribadi memiliki kepercayaan dan juga harapan yang besar kepada Robit untuk dapat melanjutkan apa yang sudah saya bangun bahkan memperbaiki apa yang sudah saya perbuat demi kemajuan Blogger Jakarta.

Komunitas hebat, berisi para orang hebat yang begitu memiliki potensi dan tentu saling bersinergi dan berkolaborasi pada komunitas yang mengutamakan asas edukasi diatas segala-galanya dalam aktifitas bloggingnya. Saya percaya itu.

Dalam tulisan ini, saya ingin berucap syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengenal semua pribadi yang ada di dalam Blogger Jakarta, terima kasih pada kepercayaan yang mereka berikan kepada saya, dan selamat menjalankan tugas kepada Robit dalam kepemimpinannya menahkodai armada yang saya banggakan.

Serah terima Laporan Pertanggung Jawaban dan AD/ART Komunitas Blogger Jakarta kepada Ketua terpilih


Sebesar apapun ombak yang akan menghantam, seorang nahkoda yang sudah mengangkat jangkar dan memutuskan untuk berlayar tidak akan kembali berlabuh hanya karena badai serta ombak setinggi gunung.

Karena kepercayaan para awak dan kepercayaan akan masa depan armada Blogger Jakarta yang lebih baik tentu jauh lebih besar dari pada segala rintangan yang ada di depan mata.

Teringat dengan pepatah  tua para pelaut, bahwa pelaut yang hebat tidak terbentuk dari laut yang tenang.

Selamat berkarya Robit M. Huda semoga dapat membawa masa depan Komunitas Blogger Jakarta semakin baik dengan tetap mengedepankan asas edukasi diatas segala-galanya.

Komando!

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search