Minggu, 05 November 2017

Kekuatan Media Sosial : Cara Mengatasi dan Memanfaatkannya

Dirasakan atau tidak, pengaruh media sosial sangat besar saat ini. Selain berpengaruh terhadap individu tertentu, media sosial pun kini telah memiliki kekuatan yang begitu besar, sampai-sampai bisa menyudutkan bahkan mengangkat suatu issue sampai tingkat nasional ataupun dunia sekalipun.

Facebook, twitter atau instagram contohnya merupakan media sosial yang saat ini digandrungi oleh banyak pengguna. Selain karena desain yang menarik, fitur yang terus dan terus semakin kreatif membuat para penggunanya bertah berlama-lama untuk terus dan terus mengaksesnya bahkan sampai mengabaikan tugas dan tanggung jawab yang lain.

Mengakses media sosial saat ini, bisa jadi merupakan kebutuhan primer setiap insan manusia. Bahkan bisa dibilang merupakan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan saat ini. Dan karena itulah, media sosial merupakan alat cuci otak terbaik yang ada, bisa dibilang bahwa pengaruh media sosial bisa menjadi narkoba jenis baru yang jika tidak diatasi dengan baik maka akan berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat pada umumnya. 

Terlebih untuk para adik-adik yang sedang duduk di bangku sekolah, yang membutuhkan pengakuan, membutuhkan ruang berekspresi dan membutuhkan figur yang bisa membenarkan setiap tindak-tanduknya.



Media Sosial Menghubungkan Dunia


Kemajuan teknologi berkembang pesat setiap waktunya bahkan mungkin tidak akan pernah terhenti sampai kiamat terjadi. Setiap detiknya para developer program, saling berlomba menghadirkan terobosan-terobosan baru, menciptakan layanan yang berguna untuk masyarakat dan memiliki nilai ekonomi tentunya.

Media sosial, yang pada awalnya hanya menjadi sebuah ruang untuk saling menceritakan tentang 'perasaan' dan memperkenalkan diri kepada banyak orang melalui sebuah situs, kini sudah berkembang menjadi platform untuk berjualan atau mempromosikan suatu produk dan bahkan bisa memciptakan lahirnya gerakan perubahan.

Twitter : Menciptakan Kesadaran Umum Yang Luas


Twitter contohnya, yang memiliki fitur Trending Topic yang dapat di set untuk setiap lokasi trending topic, hal ini diatur berdasarkan ruang lingkup pengguna. Apakah itu kota, negara atau bahkan dunia. 



Dengan mendeteksi setiap tweet (kata) yang di kirim oleh pengguna, apakah itu berupa hastag (kata bertagar) atau hanya sebuah kata, dapat terdeteksi menjadi trending topic, jika banyak pengguna yang mengirim tweet yang sama.

Sehingga, ketika pada akhirnya banyak pengguna twitter yang mengirim tweet dengan susunan kata yang menjadi target kata itu berjumlah cukup banyak, maka hastag atau kata tersebut pada akhirnya akan muncul di beranda laman twitter pengguna, yakni pada kolom trending topic.

Maka dengan cepat, kata atau hastags tersebut akan muncul di beranda dan bisa memancing perhatian para pengguna yang sedang mengakses laman twitter.

Cara ini pada umumnya digunakan untuk menyuarakan suatu gerakan, kekecewaan, kesenangan, hobi, dukungan, atau bahkan bersifat promosi yang dapat menimbulkan perhatian yang cukup luas dampaknya bagi masyarakat.

Jika ditanya berapa banyak tweet yang harus dibuat untuk dapat muncul menjadi trending topic, dan kapan waktu yang tepat untuk mengejar trending topic serta berapaa lama sih kata kunci yang diangkat menjadi tranding topic, hal ini tentu berpengaruh terhadap jumlah tweet pada keywoards tersebut.

Secara umum, minimal jumlah tweet yang dapat muncul pada daftar trending topic adalah 1000 tweet serupa, namun dengan catatan bahwa pada waktu tersebut, list trending topic yang exist atau masih berlangsung setidaknya memiliki jumlah yang lebih rendah dari pada keywords tweet yang kita angkat. Atau mudahnya, kita harus mengalahkan jumlah tweet dari existing tweet yang masuk dalam daftar trending topic. Itu mudahnya. 

Tentu untuk melakukan hal tersebut, diperlukan analisa dan penilaian bukan hanya terhadap keyword tweet yang existing, namun juga kepada jam/waktu penargetan trending topic berdasarkan issue tertentu.


Instagram :Alat Cuci Otak Terbaik


Instagram merupakan media sosial yang mengutamakan konten berupa gambar. Meski tetap memberikan fitur tulisan yang disematkan pada gambar, namun pada umumnya yang dinimkati oleh para pengguna adalah konten berupa video atau gambar.

Sama halnya seperti media sosial populer yang aktif saat ini. Instagram pun nyatanya saat ini bisa menjadi sebuah platform untuk mempromosikan suatu produk atau bisnis yang terbukti sangat ampuh.

Apalagi dengan fitur iklan, sehingga suatu akun dapat meningkatkan  jangkauan user meski user tersebut tidak mengikuti akunnya. Untuk menggunakan fitur ini, tentu harus ada sejumlah rupiah yang dikeluarkan.

Kembali ke masalah konten, nyatanya Instagram merupakan platform media sosial yang memiliki pengaruh yang cukup besar terutama pada pembentukan karakter serta motivasi penggunanya. Dan dari akun instagram seseorang pun, kita juga bisa memahami minat sampai apa yang sedang dipikirkan oleh sang pemilik akun.

Saya banyak mengamati, banyak rekan wanita saya di kantor yang menggunakan akun instagramnya bukan hanya untuk menjadi eksis di dunia digital, namun untuk memuaskan nafsu berbelanja melalui akun-akun toko online yang juga ikut serta menjadikan Instagram sebagai media promosi bisnisnya.

Selain itu, Instagram pun ternyata bisa menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi, apakah itu motiavasi positif dan juga negatif tentunya.

Feed Instagram.com untuk memotivasi rajin berolahraga hastag #indorunners
Sosialita atau Selebgram merupakan istilah yang saat ini sangat populer. Diberikan kepada mereka peilik akun yang cukup eksis di Instagram yang memiliki feed super kece dan keren mulai dari aktifitas yang seru, pengalaman jalan-jalan yang beranega ragam sampai dengan koleksi produk bermerek yang sengaja di publikasikan di akun media sosial.

Hal ini tentu sah-sah saja, karena sebenarnya menunjukkan kepada khalayak umum seperti apa sifat, minat dan keinginan sang pemilik akun instagram.

Namun hal berikutnya yang berpotensi masalah adalah, ketika sang pengikut akun tersebut mulai termotivasi namun sesungguhnya hal tersebut diluar batas kemampuan dirinya, tentu hal ini bisa membahayakan dirinya sendiri.

Saya ambil contoh saja, ketika terdapat seseorang Wanita A yang merupakan wanita karir atau sosialita. Memiliki akun instagram yang berisi tentang konten perjalanan liburan ke luar negei, koleksi tas bermerek dan kunjungan di salon-salon mahal, yang mana secara tidak langsung memberikan motivasi kepada Cewek B untuk dapat tampil serupa, namun sayangnya dengan kondisi Cewek B merupakan seorang mahasiswa hal tersebut sangatlah tidak mungkin sehingga pada akhirnya Cewek B pun secara tidak langsung akan termotivasi untuk dapat tampil serupa dengan Wanita A, bagaimanapun caranya.

Nah, cukup mengenaskan bukan? Tapi itu adalah sedikit cuplikasn dari realita yang marak terjadi saat ini.

Saya masih teringat tentang kabar mengenai sosok wanita muda, yang dikejar-kejar oleh temannya akibat terlilit hutang puluhan juta. Dimana setelah dicari informasi, ternyata dana yang dipinjam hanya digunakan untuk berlibur ke luar negeri, agar dapat memiliki konten Instagram yang 'kece' seperti para selebriti tanah air.

Feed Instagram pehobi belanja di online shop


Jika Anda para pembaca juga merasakan hal serupa dengan kasus yang berbeda, yang Anda anggap hal tersebut merugikan Anda. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki mind set Anda agar Instagram dapat menjadi tool untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik atau lebih produktif dari seelumnya. Yaitu dengan cara :
  1. Unfollow Akun Negatif. Pengertian akun negatif disini sangat luas, yang mana arti sebenarnya merupakan akun yang memberikan dampak yang negatif bagi Anda. Misalnya saja akun toko online, akun sosialita, dan lain sebagainya. Karena dengan berhenti mengikuti akun tersebut maka secara tidak langsung akan menghentikan Anda untuk dapat melihat tentang konten yang dikirim oleh mereka.
  2. Follow Akun Positif. Ketika Anda ingin memiliki hidup yang lebih baik, misalnya saja ingin rutin berolah raga contohnya. Maka ikutilah akun-akun yang memiliki konten-konten seputar olahraga. Baik itu akun corporate atau pribadi yang bisa memotivasi diri Anda untuk terus berolahraga dan bahkan merasa untuk tertantang melakukan hal yang sama bahkan lebih baik.
  3. Kendalikan Pemberian Love/Like Anda. Instagram memiliki alogaritma untuk memunculkan konten-konten sejenis yang sering Anda berikan like/lovenya pada menu Explore atau jelajah secara acak. Dan konten yang dimunculkan adalah sama jenisnya dengan konten yang sering Anda berikan like/love. Makanya jangan heran jika meski Anda tidak pernah follow akun tersebut, tapi sering memberikan love/like pada konten, maka konten serupa akan muncul pada menu jelajah yang mana akan menarik diri Anda untuk terus dan terus terhanyut dalam penjelajahan konten tersebut.

Jadi ketika Anda merasa ingin memiliki motivasi untuk gemuk, kurus, ingin jadi programmer, pehobi lari, maka Anda tahu apa yang perlu dilakukan.


Facebook : Platform Multi Fungsi


Facebook yang kita kenal sekarang, tentu sudah sangat berbeda dengan facebook di era tahun 2010 yang ketika itu baru mulai populer. Data dari statista.com menjelaskan, per kuartal ketiga di tahun 2017 saja, jumlah pengguna aktif facebook setiap bulan berjumlah 2 miliar diseluruh dunia. 

Data Pengguna Facebook Tahun 2017
Data pengguna facebook tahun 2017 dilansir dari statista.com


Ini tentu merupakan angka yang sangat fantastis apalagi jika digunakan untuk keperluan publikasi atau bahkan promosi.

Berbicara dari fitur aplikasi saja, facebook di era perkenalannya ketika itu hanya berbicara mengenai platform pertemanan atau bahkan hanya merupakan media bermain game 'poker' atau 'Ninja Saga' yang dulu sangat populer di kalangan masyarakat.

Namun sekarang, wajah facebook sudah berubah bahkan menjadi semakin kompleks. Bahkan, fitur-fitur yang dimiliki sekarang seperti Instant Article, Sponsored Post, dan lain sebagainya semakin membuktikan bahwa Facebook pun bisa menjadi platform yang dapat kita bayar untuk mempublikasikan keperluan kita secara luas, dan juga bisa menjadi platform untuk memperoleh penghasilan di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin untuk mempromosikasi brand atau produk yang Anda miliki, langkah-langkah yang harus Anda kerjakan adalah :
  1. Buat akun facebook (Pasti sudah dimiliki)
  2. Buat halaman facebook atau facebook page
  3. Buat konten dan publikasi pada facebook page
  4. Set atau pasang iklan pada konten tersebut sesuai budget dan jarak jangkauan user yang diinginkan


Fitur konten bersponsor yang dipublikasi melalui facebook page dilansir dari facebook.com

Dari gambar tersebut Anda bisa lihat, bahwa Anda dapat melakukan set terhadap daya jangkau konten, konversi klik pengguna apakah mengarahkan untuk mengunjungi sebuah laman website, laman pembelian dan lain sebagainya, dan juga dapat melakukan setting terhadap biaya yang ingin Anda keluarkan untuk setiap kali promosi atau promosi per konten.

Kesimpulan


Setiap media sosial memiliki kelebihan masing-masing yang sedikit telah saya jelaskan. Jika ditanya platform mana yang memiliki dampak negatif paling kecil, dan mana yang paling cocok digunakan untuk bisnis semua kembali kepada Anda yang memutuskan.

Yang jelas, setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang mana juga memiliki dampak besar bagi hidup dan gaya hidup penggunanya.

Pintar dan cerdas mengatasi atau melawan kebiasaan buruk diri sendiri dan mampu menggunakannya secara bijak untuk hal positif tentu akan memberikan value tersendiri dalam hidup Anda.

Happy Reading !

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search