Selasa, 10 Oktober 2017

Tempat Refreshing Kece di Jakarta Ancol Bowling Center

Dalam mengagendakan sebuah kegiatan refreshing, pada umumnya masyarakat Jakarta menjadikan pusat perbelanjaan seperti Mall, Bioskop, Karaoke atau tempat-tempat sejenisnya yang menjadi destinasi wisata di akhir pekan. 

Atau bahkan Puncak, Bogor dapat menjadi alternatif yang cukup populer bagi yang ingin merasakan suasana hijau pepohonan dan udara sejuk yang terasa sampai ke paru-paru. 

Namun, ternyata selain tempat-tempat seperti yang telah saya sebutkan diatas, ternyata di Jakarta pun punya salah salah satu tempat yang menarik, sebagai sarana refreshing dan juga olahraga yang cukup menantang.

Tempat Refreshing kece di Jakarta Ancol Bowling


Buat rekan-rekan yang mencari tempat refreshing kece di Jakarta, Jakarta Ancol Bowling (JAB) bisa menjadi pilihan yang sangat menantang apalagi jika bermain bersama pasangan atau keluarga. Tempat ini berlokasi di kawasan Ancol, dan tidak berada di dalam wilayah Taman Impian Jaya Ancol. Tepatnya, lokasinya berada di sebelah gate masuk pintu utama Ancol.

Pada awalnya, ketidaksengajaan saya datang ke tempat ini, karena menghadiri acara Away Day perusahaan. Suatu kegiatan refreshing yang diadakan oleh pimpinan dalam satu divisi untuk meningkatkan keakraban diantara karyawan.

Saat itu saya dan rombongan tiba pukul 14.00 WIB. Karena mungkin hari itu adalah hari jumat, sehingga ketika kedatangan saya dan rombongan, suasana lokasi masih terbilang sepi.

Ketika saya masuk dalam gedung yang terbilang cukup besar, hanya terdapat para customer service dan para petugas penyewa sepatu, serta beberapa operator.

Hal yang pertama saya rasakan ketika memasuki ruangan itu ya emang terbilang agak 'katrok' sih. Maklum saja, selama 25 tahun hidup di dunia, baru kali pertama itu saya melihat arena bowling, apalagi sejak 7 tahun keberadaan saya di Jakarta. Dan siang itu, saya sangat exciting sekali dengan event bowling tersebut. 

Oia, sebelum memulai permainan bowling, kita harus menyewa sebuah sepatu khusus untuk arena bowling. Sepatu itu agak berbeda dengan sepatu pada umumnya karena memiliki permukaan datar, namun tidak terlalu mencengkram dengan arena bowling dan justru seakan membuat kita mudah bergerak dengan lincah.

Tarif Bermain Bowling di Jakarta Ancol Bowling


Untuk biaya untuk satu pasang sepatu, para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk seharian. Dan untuk tarif bermain bowling, ternyata tidak semahal yang saya bayangkan. Ternyata harga permainan bowling untuk satu set atau per-game, hanya sebesar Rp 30.000 untuk permainan pada hari Senin-Jumat pada pukul 10.00 - 16.00 WIB. Dan untuk permainan puku; 16.00 - 24.00 WIB, pergame dikenakan biaya Rp 37.000

Untuk weekend sendiri, tarif perjamnya yaitu Rp 45.000. Dan ternyata di Jakarta Ancol Bowling tidak hanya untuk bowling saja, namun juga Anda bisa menyewa meja Billiard dan Snoker juga.

Untuk detailnya, Anda bisa mengunjungi website Jakarta Ancol Bowling atau untuk detail harga rekan-rekan bisa melihat tabel di bawah ini :

Hari
Harga
Senin - Jumat Jam. 10.00 s/d 16.00 wib
Rp. 30.000,-/ set
Senin - Jum'at Jam 16.00 s/d 24.00 wib/tutup
Rp. 37.000,-/ set
Sabtu - Minggu - Libur Nasional Jam. 10.00 s/d tutup
Rp. 45.000,- / set
Sewa sepatu
Rp. 10.000,-/ pasang
Billiard ( 5 Meja )
Rp. 48.000.- / jam
Snoker ( 3 Meja )
Rp. 77.000,- / jam


Dengan total peserta pada acara Away Day itu sekitar 36 orang. Kami terbagi menjadi 4 grup. Dimana masing-masing grup terdiri dari 9 orang pemain.

Dan well, pada kesempatan itu, ketelitian, kesabaran dan kosentrasi sangat benar-benar diuji. Karena untuk menjatuhkan keseluruhan pin dengan total 12 buah diujung arena bowling ternyata tidak semuah yang kita lihat di kartun-kartun Tom & Jerry.

Untuk memegang bola bowling saja, terdapat aturan khusus. Jari yang digunakan untuk memegang bola bowling hanya 3, yaitu jari manis, jari tengah dan ibu jari. Dan dalam mengayunkan atau melempar bola bowling saja, dibutuhkan teknis dan trik khusus dalam memainkannya.

Dari salah satu petugas yang sedang mengawasi kami, dia pun memberikan sedikit tips trik bermain bowling agar dapat menjatuhkan keseluruhan pin. Hal ini dilakukannya mungkin karena melihat saya sangat payah dalam bermain bowling dan lebih sibuk melakukan instalive di jaringan internet XL dari pada bermain bowling. 

Bagaimana tidak, dalam beberapa kali kesempatan saja, hampir tidak satu pun pun pin bowling terjatuh karena saya terlalu bersemangat melempar bola bowling yang mana akhirnya bola bowling yang saya lempar justru bergulir ke samping kanan atau kiri arena bowling. Hal itu membuat saya benar-benar cukup depresi dan jengkel sebenarnya.


Tips dan Trik Bermain Bowling


Arena permainan bowling - Jakarta Ancol Bowling
Arena permainan bowling - Jakarta Ancol Bowling

Tips bermain bowling dari petugas itu adalah, dalam bermain bowling, gunakan bola bowling yang paling berat. Bola bowling tersedia dari berat 8 Kg - 13 Kg. Menurutnya, bola bowling yang paling berat hanya butuh sedikit dorongan dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. Bola tersebut hanya butuh berada di jalur yang tepat untuk menjatuhnya keseluruhan pin.

Dan dalam melempar bola bowling, pandangan harus fokus dengan tanda panah yang terdapat pada arena bowling. Jadi dalam satu jalur arena bowling, sedikitnya terdapat 8 panah untuk setiap ruas, hal ini digunakan untuk kita membidik sudut pin agar dapat melakukan strike (menjatuhkan keseluruhan pin dalam sekali lemparan).

Benar saja, setelah mengikuti tips dan trik yang telah dibagikan, setidaknya skor saya pun tidak terlalu parah seperti pada awal saya bermain tadi.

Keunikan Permainan Bowling


Hal unik banyak terjadi dalam permainan bowling, mulai dari bola bowling yang jatuh ke lantai sebelum dilempar, bola bowling yang berhenti di tengah jalur bahkan sebelum menyentuh pin, dan beberapa kali bola bowling tidak jatuh ketika dilempar karena nyangkut di ibu jari pelempar.

Apalagi ketika melihat para rekan-rekan wanita yang memainkan bowling, kami yang menonton pun jadi ikut 'geregetan' karena lemparan yang begitu lemah gemulai, apalagi pilihan mereka malah menggunakan bola bowling 8 Kg, jadi sering kali bola bowling tidak dapat menjatuhkan banyak pin akibat power/beban yang kurang.

Selanjutnya sekitar pukul 16.45 ketika permainan akan berakhir, kami pun bersiap-siap untuk mengakhiri permainan. Dan menuju ke loker tempat mengembalikan sepatu bowling. Ternyata ketika saya menuju ke arena bowling dekat pintu masuk yang saya lalui pada pertama kali datang tadi, terdapat banyak sekali pengunjung yang sedang bermain mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahkan sepertinya terdapat beberapa anak yang tengah dalam proses latihan didampingi orang tua dan instrukturnya.


Kejuaraan Bowling di Jakarta


Informasi kejuaraan bowling Piala Agum Gumelar 2017
Informasi kejuaraan bowling Piala Agum Gumelar 2017

Dan dalam perjalanan menuju tempat pengembalian sepatu bowling, saya pun melihat banyak sekali informasi kejuaraan bowling yang akan diselenggarakan. Dan banyak juga piala-piala serta medali-medali yang dipamerkan.

Salah satu kejuaraan terdekat yang akan digelar di Jakarta Ancol Bowling yaitu kejuaraan Piala Agum Gumelar yang akan digelar pada tanggal 17 Desember 2017.

Piala kejuaraan bowling.

Jadi bowling bukan hanya sekedar permainan, namun juga sebuah olahraga yang dipertandingkan dan cukup bergengsi ternyata.

Jakarta Ancol Bowling, bisa menjadi tempat yang menyenangkan sebagai alternatif bagi warga Jakarta yang ingin mencari hiburan yang menantang dan juga seru untuk dihabiskan bersama orang terdekat. Sangat menarik bukan? Yang pengen tahu lebih lanjut atau penasaran, langsung saja datang ke lokasi di Jl.Lodan Timur Ancol-Jakarta Utara atau telpon ke 64710124-64710894.

Terakhir, bagi yang baru pertama kali bermain bowling harap tidak terlalu bersemangat ya dalam bermain bowling. Apalagi sampai bermain lebih dari 4 set permainan. Jika 1 set permainan dimainkan oleh 2 orang, maka 1 orang akan mendapat giliran melempar bola sebanyak 10 kali. Jika 4 set, maka total 40 kali. Tentu hal ini akan berpengaruh pada otot tangan yang terasa sakit, karena beban bola bowling yang lumayan ditambah jumlah lemparan bola yang terlalu banyak.

Jadi saran saya, kalau Anda baru pertama kali bermain bowling dan tidak ingin merasakan sakit seperti saya sampai 2 hari berikutnya, maka cukup 2 set permainan saja ya. Yang penting kan bisa ketawa 'ngakak' bareng keluarga. Dijamin seru deh!


Selamat bertanding !




Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search