Mengenal Komunitas Blogger Jakarta

Pada bulan oktober tahun lalu, saya berada di puncak kejenuhan saya dalam berkegiatan sehari-hari. Pada masa itu, kegiatan saya hanya terdiri dari dua rute, yakni rumah dan kantor. Hingga pada suatu ketika di kantor, dengan adanya akses internet dan pada saat jam kerja tidak terlalu padat saya pun mencoba menginputkan keyword "Komunitas Blogger Jakarta" dan setelah melakukan beberapa kali sortir akhirnya saya pun diarahkan ke http://bloggerjakarta.com

Pada agenda Sharing Session di Mozilla Spaces Jakarta

Setelah membaca beberapa halaman di situs tersebut, saya pun mencoba mengisi salah satu form registrasi keanggotaan disana. Dengan maksud dan tujuan agar saya bisa meningkatkan intensitas aktifitas blogging saya, karena memang saya suka menulis. Dan dengan latar belakang keahlian di bidang teknologi informasi, sepertinya media blog adalah yang paling sesuai.

Pada awalnya, keinginan saya memang untuk menemukan sebuah komunitas baru, lingkungan baru dan wajah-wajah baru. Karena sejak 2010 saya merantau di Jakarta, dan bergabung di organisasi Resimen Mahasiswa saya hanya mengenal mereka dengan latar belakang militer serta pemilik hobi itu, dan ketika memasuki masa kerja, dan lingkungan pun berubah ternyata ada rasa kejenuhan disana yang harus saya lawan, dan caranya adalah menemukan suasana baru.

Komunitas Blogger Jakarta terbilang sangat aktif, dengan adanya multi-platform chatting seperti whatsapp, memudahkan komunikasi antar anggota. Bahkan bisa dibilang, komunikasi di grup WhatsApp Blogger Jakarta sepertinya tidak pernah mengenal kata istirahat.

Dari Oktober 2016, perjalanan saya menjadi seorang anggota Blogger Jakarta dimulai. Saya ikut beberapa kali kegiatan yang diundangkan kepada Blogger Jakarta, baik dari Mozilla, dan lain sebagainya. 

Hingga pada suatu ketika, terdapat sebuah permasalahan di dalam komunitas yang baru merayakan satu tahun perjalanannya pada 11 Juni 2017 lalu yang membuat saya akhirnya dipercaya untuk memimpin Komunitas ini selama satu tahun kedepan sejak November 2016.

Saya akui, intensitas saya dalam blogging terbilang sangat aktif pada oktober hingga november. Namun setelahnya, ternyata apa yang saya cita-citakan untuk bergabung di Komunitas ini pun sepertinya hilang.

Karena, begitu banyak hal yang harus diselesaikan. Mulai dari urusan manajemen, operasional dan lain sebagainya. Tentu saya tidak bekerja sendiri, saya pun akhirnya membentuk tim pengurus, orang-orang yang saya rasa pada saat itu merupakan yang paling loyal terhadap komunitas dan memiliki keinginan untuk berkontribusi lebih untuk Komunitas serta yang memiliki keahlian pada bidangnya.



Sejak November, bukan lagi page blog yang saya buka, dan posting artikel yang menjadi rutinitas saya. Melainkan membalas email-email vendor yang ingin bekerjasama, menghadiri setiap meeting  vendor yang butuh support dari Blogger Jakarta.

Dari situ saya terkadang merasa agak lucu, "Ketua Komunitas Blog kok malah jarang ngeblog". Tapi apa mau dikata, karena memang ini merupakan bagian dari apa yang saya lamunkan ketika belum bergabung dengan Komunitas ini.

Seperti yang saya sampaikan pada awal cerita, saya sempat berpikir apakah  kehidupan saya hanya dihabiskan untuk bekerja saja, apakah saya tidak memiliki ruang untuk memberikan apa yang saya miliki untuk masyarakat secara luas. 

Dan entah kenapa, pertanyaan itu pun akhirnya segera di jawab oleh Allah.

Bergabung dengan Komunitas ini sangat memberikan dampak yang besar bagi saya. Saya banyak mengenal orang-orang baru dari berbagai latar belakang baik usia, pendidikan, genre dan peminatan.

Bahkan saya dipertemukan dengan orang-orang hebat dalam bidangnya dan itu membuat saya sangat senang bisa berada di tengah-tengah mereka.

Dengan total anggota hampir 100 orang lebih, saya yakin denganr resource yang sebesar ini, bersama-sama kita bisa memberikan kontribusi besar bagi masyarakat sekitar khusunya dalam bidang edukasi teknologi informasi yang saya jadikan pondasi bagi Komunitas ini untuk berdiri.

Karena saya sangat kecewa dengan penggunaan media berbasis teknologi informasi saat ini, karena siapapun dapat mengungkapkan apa yang dipirkan namun sama sekali tidak memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari konten yang dipublikasi.

Bukan masalah takut 'bui' namun apakah kita hidup di dunia hanya untuk menyebar kebencian ? Saya rasa tidak. Ada hal lain yang bisa kita manfaatkan dari media berbasis teknologi informasi salah satunya mengedukasi bahwa hal ini bisa dijadikan untuk mempersatukan Bangsa lho !

Ini hanya sebuah pengalaman, bergabung dengan Komunitas keren di Jakarta. Tidak peduli sehebat apa Anda dalam kegiatan blogging, dengan bergabung dalam sebuah komunitas, banyak hal yang bisa didapatkan disana.

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar