Jumat, 19 Mei 2017

Memanfaatkan Raspberry Pi 3 Model B

Dalam perjalanan mengakhiri studi semester 1, kami mahasiswa Magister Teknik Elektro mulai terbayang-bayang dengan apa yang akan kami kerjakan nanti sebagai tesis. Dan dengan background Networking, saya lebih memilih Raspberry Pi sebagai alat yang akan saya olah sebagai topik penelitian.

Pada tanggal 16 Mei 2017, saya memesan sebuah Raspberry Pi 3 Model B di Bhinneka.com. Dengan spesifikasi Broadcom BCM2837 Quad Core 1.2 GHz 64-Bit, ARM, 1GB RAM, Wifi/Bluetooth, USB 2.0 dan kiriman datang tepat pada tanggal 19 Mei 2017 usai sholat jumat. Saya memiliki rencana untuk menggunakan Raspberry Pi sebagai router yang akan melakukan tugas-tugas manajemen jaringan.

Raspberry Pi 3 Model B
Raspberry Pi 3 Model B


Mengapa Raspberry Pi?

Karena Raspberry Pi pada umumnya merupakan sebuah personal computer, dengan sistem operasi berbasis linux dengan distro yang cukup simple, dapat dikembangkan seperti distro-distro lain dengan peruntukkan tertentu contohnya untuk tujuan hacking seperti Kali Linux, dan lain sebagainya.

Raspberry Pi terbilang cukup simpel, dengan ukuran kecil dapat melakukan tugas-tugas  komputasi ringan, tentu jika dibilang diperuntukkan untuk melakukan tugas-tugas yang menggantungkan pada mobilitas, Raspberry Pi merupakan sebuah alat yang sangat bermanfaat.

Dengan harga sekitar Rp 481.000 saya membelinya dengan tanpa ada budle apapun, mungkin jika kita bisa melihat di beberapa e-commernce pada umumnya seperti Tokopedia sudah ada pilihan bundle perangkat Raspberry dengan kabel HDMI, SDcard Memory, Casing, dan lain sebagainya tentu dengan harga yang berfariasi entah ditentukan dari mana.

Saya lebih memilih membeli secara terpisah karena menurut saya bisa lebih cost-saving, tentu karena tujuan saya menggunakan raspberry pi adalah untuk keperluan yang berbeda jadi dengan membeli perangkat Raspberry dalam bundle, maka akan ada perangkat yang mubazir jika saya beli namun tidak saya gunakan.




Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search