Kesibukan Baru sebagai Peneliti

Image soruce https://www.instagram.com/ieeeorg/

Rasanya sudah lama, konten blog ini tidak diberikan sentuhan yang baru. Ya, konten maksudnya. Entah karena memang disibukkan dengan kegiatan kuliah dan sambil bekerja yang benar-benar memang menyita waktu. Atau karena memang ide itu seakan pergi karena tak ada lagi sumber inspirasi.
Baru-baru kemarin, sebagai seorang Ketua Blogger Jakarta, sudah lah menjadi tanggung jawab saya untuk menghadapi client/vendor yang ingin bekerja sama dengan Blogger Jakarta. Dan salah satu pembicaraan kami, client mengatakan bahwa saat ini banyak blogger yang hanya menggunakan blognya sebagia media curhat.

Haha, dalam hati mungkin saya adalah salah satunya. Blog saya ini, mungkin bukanlah berisi tentang sesuatu hal yang positif, dalam arti blog saya ini hanya saya gunakan untuk kepentingan saya sendiri sebagai bahan evaluasi diri.

Banyak kejadian, cerita dan momen yang dengan jelas tertulis pada blog ini, entah pilihan kuliah di Jakarta, putus cinta, aktif di organisasi, pengalaman bekerja dan lain sebagainya.

Dan mungkin sebagai seorang blogger, saya bukanlah seorang blogger yang melakukan aktifitas ini untuk uang. Saya melakukan ini karena memang saya butuh dan menyukai hal ini.

Sehingga, rasa-rasanya dalam kegiatan blogging, tidak ada seperti hal yang berat dan seperti penagih utang yang mengharuskan saya untuk mengupdate konten secara berkala baik harian/mingguan/bulanan ataupun tahunan.

Dan setelah satu bulan lebih saya aktif berkuliah melanjutkan studi, saya baru menyadari bahwa hakikat seseorang memang untuk menulis.

Teringat dulu ketika masih duduk di bangku SMK, dengan adanya momen-momen remaja saya memulai kegiatan menulis dari bait-bait puisi sakit hati melalui media sms, berlanjut ke media blog, dan selanjutnya untuk menulis skripsi, jurnal dan bahkan tesis. Untuk buku nikah ? Nanti dulu lah.

Menulis jurnal sebagia seorang mahasiswa pascasarjana di jurusan teknik elektro bukan perkara mudah. Jurnal yang diinginkan oleh pihak pimpinan fakultas adalah jurnal yang dibuat haruslah layak publikasi internasional di ieee. 

Seperti yang saya sebutkan pada cerita saya di Alasan Melanjutkan Studi Master Teknik Elektro, disitu pun saya mendaftarkan diri dan menerangkan sedikit tentang apa itu IEEE. Dan itulah yang saat ini saya hadapi setiap hari.

Membaca jurnal,membuat resume dan membuat mindmap serta catatan-catatan untuk penelitian saya.

Penelitian ? Haha seperti aktifitas orang pintar berkacamata dan sibuk dengan aktifitas pengujian dan pengukuran. Keren sih kalau dibayangkan, tapi memang itu sangat tidak mudah.

Entah bagaimana hasilnya nanti, yang saya tahu adalah saya harus melangkah dan menghadapi semua untuk menertawakan ini dikemudian hari.

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar