Grand Livina Mobil Hemat Bahan Bakar Paling Cocok Untuk Keluarga

Memilih mobil bagi sebuah keluarga, bukanlah perkara yang mudah. Karena tidak seperti seorang bujangan/lajang, yang memilih mobil hanya tentang model dan juga harga.

Nissan Gran Livina Mobil Irit Pilihan Keluarga
Traveling bersama Nissan Grang Livina

Ada banyak pertimbangan bagi sebuah keluarga untuk memilih mobil, salah satu hal yang perlu di pertimbangkan adalah tentang mobil yang hemat bahan bakar, nah kenapa itu penting sih ?

Bagi sebuah keluarga, tidak hanya bicara soal harga bensin yang naik turun. Juga membahas harga sembako, uang jajan anak sekolah, biaya kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya. Jadi, alasan utama untuk membeli mobil yang irit atau hemat bahan bakar pasti menjadi hal utama yang dipertimbangkan. Karena yang kita ketahui, pengeluaran untuk bensin mobil terbilang rutin sesuai mobilitas keluarga.

Nah, dengan berkembangnya teknologi pada berbagai bidang. Ada satu teknologi yang diterapkan pada mobil yang bisa mengakomodir kebutuhan keluarga terhadap mobil hemat bahan bakar.

Teknologi itu adalah Xtronic CVT (Continously Variable Transmission) Jadi teknologi itu merupakan teknologi transmisi pintar yang dapat membuat perpindahan gigi secara halus tanpa hentakan yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan tidak memerlukan akselerasi berlebihan. Dan saat ini teknologi tersebut telah digunakan pada mobil Nissan Grand Livina.

Ketika kita sudah memilih sebuah mobil irit dengan alasan menghemat pengeluaran bulanan, yang perlu kita perhatikan juga adalah tentang cara menghemat bahan bakar yang kita gunakan yang mana itu berkaitan erat dengan cara mengemudi kita. 

Karena, membeli mobil berteknologi hemat bahan bakar saja tidak cukup. Kita juga perlu mempelajari atau membenahi cara mengemudi kita apakah sudah benar atau belum. Salah satu teori yang ada tentang cara mengemudi yaitu Defensif DrivingSafety Driving dan satu teori yang merupakan perpaduan antara kedua teori mengemudi itu yang saat ini mulai dikenal adalah Eco Driving.

Mobil Irit Hemat Bahan Bakar Nissan Grand Livina
Interior Nissan Grand Livina


Dilansir pada website resmi Nissan tentang cara mengemudi Eco Driving. beberapa aspek yang perlu kita perhatikan dalam mengemudi agar hemat bahan bakar adalah sebagai berikut :

  • Tekan pedal gas perlahan karena memulai berkendara dengan akselerasi yang tinggi hanya akan menyebkan konsumsi bahan bakar jadi berlebihan.
  • Tidak membebani mesin dengan putaran RPM berlebih. Coba Anda batasi perpindah gigi di putaran 2000 RPM agar pemakaian BBM tetap optimal.
  • Menjaga jarak aman kepada mobil yang ada di depan, mulai 2-3 meter adalah jarak yang dianjurkan.
  • Pada kondisi macet, tekan gas secara halus.
  • Hindari melakukan posisi kaki setengah kopling.
  • Memanfaatkan engine break ketika pengereman.
  • Hindari mesin menyala terlalu lama saat idling. Lebih baik mematikan mesin ketika berhenti lebih dari 10 menit.
  • Menggunakan AC mobil dalam suhu ideal bukan suhu maksimal.
  • Menutup jendela pada saat berkecepatan tinggi.
  • Tidak agresif dalam mengemudikan kendaraan.
Nah setelah kita mengetahui tentang teknologi hemat bahan bakar yang dimiliki Nissan Grand Livina, teknik Eco Driving. Hal apalagi sih yang perlu dipertimbangkan untuk membeli mobil yang pas untuk keluarga ? Dan salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan adalah memilih mobil irit bahan bakar. 

Pada websitenya, Nissan menyarankan untuk mobil keluaran tahun 2015 keatas dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan minimal 92. Karena yang perlu kita ketahui adalah, kualitas oktan mempengaruhi cara mesin melakukan pembakaran. 

Mengisi mobil dengan bahan bakar dibawah yang dianjurkan, hanya membuat mesin menjadi lebih konsumtif terhadap bahan bakar karena tingkat pembakaran yang dibutuhkan tidak sesuai sehingga mesin membutuhkan konsumsi bahan bakar berlebih.

Memilih bahan bakar dengan oktan 92 juga memiliki manfaat untuk merawat kualitas mesin menjadi lebih tahan lama tentunya. Dan bagi yang ingin tahu apa sih manfaat memilih oktan bagi mesin Anda, saya pun pernah menuliskannya pada Pentingnya Oktan.

Oia, pada tahun lalu yakni pada tahun 2016 bertempat di Bandung, Nissan Grand Livina sukses membuktikan dirinya sebagai mobil irit dengan konsumsi bahan bakar 1:30L untuk Bandung-Jakarta. 

Pada tantangan 7 Liter Grand Livina itu, diikuti oleh 14 kelompok yang terpecah menjadi 2 grup lomba. 8 kelompok untuk grup yang tidak menggunakan AC, dan 6 kelompok yang mengaktifkan AC.

Dan pada masing-masing grup, didampingi oleh 2 awak media, dan bagi kelompok yang mengaktifkan AC dikuti pula oleh juri yang memastikan bahwa AC tetap menyala dari awal hingga akhir lomba.

Dengan panjang rute 140 km, start dari dealer Cimahi dan garis akhir di kantor pusat Nissan di MT. Haryono, kedua grup tersebut hanya diberikan bensin sebanyak 7 liter dengan oktan 92 yang disaksikan oleh media, juri dan pastinya tutup tanki pun disegel untuk memastikan tidak ada yang mengisi bahan bakar di tengah tantangan.

Dan meski saat menempuh perjalanan para peserta dihadang oleh kemacetan panjang, mulai dari KM 21, dan juga di kawasan Halim dan Bekasi, dengan penuh kesabaran dan juga mempraktikkan ilmu yang didapat tentang Eco Driving untuk tidak agresif saat berkendara.

Akhirnya 9 kelompok berhasil menjawab tantangan dengan tiba di garis finish dengan pencapaian 30,3 kpl untuk kelompok Non AC, dan 24,2 kpl untuk kelompok AC. Dan saat ini kita pasti sudah dapat bayangan kan, betapa iritnya mobil Nissan Grand Livina itu.

Pada kesemaptan itu juga Antonio "Toti" Zara selaku Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia pun mengungkapkan, efisiensi bahan bakar merupakan faktor penting untuk keberlangsungan lingkungan dan hal tersebut menjadi visi bagi Nissan Intelligent Mobility dengan teknologi Xtronic CVT yang dikembangkan pada mobil Nissan Grand Livina agar menjadi kendaraan yang menyenangkan dengan zero emission dan juga hemat bahan bakar.

Dan ada satu lagi, memilih mobil keluarga tidak boleh mengesampingkan aspek keselamatan juga dong ya. Irit harus, keamanan tetap yang utama. Nah di Nissan Grand Livina ini, salah satu fitur keselamatan yang dimiliki adalah Dual SRS Airbag.

Jadi Airbag tidak hanya bagi pengemudi saja, juga untuk penumpang yang berada di sampingnya. Airbag sangat penting untuk mengatasi ketika kendaraan mengalami benturan keras sehingga bias meminimalisir dampak kepada pengemudi dan juga penumpang terhadap insiden yang terjadi.

Dan selain Airbag, Nissan Grand Livina pun memiliki Rear View Camera yang membantu Anda untuk melihat langsung secara langsung apa yang ada di belakang kendaraan Anda.

Dan salah satu keunggulan dari Nissan Grand Livina pun terletak pada mesin HR15DE 1500cc dengan dual injector dan Twin VTC (Intake & Exhaust) yang menghasilkan perpaduan optimal pada performa mesin untuk efisiensi bahan bakar tentunya.

Jadi bagi Anda yang tengah memilih sebuah kendaran bagi keluarga, Nissan Grand Livina dengan teknologi terbaru Xtronic CVT yang dikembangkan pada mesin HR15DE bisa menjadi pilihan tepat untuk mobil keluarga. 

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar