Tantangan Besar Menjadi Ketua Blogger Jakarta

Blogger Jakarta dalam acara Social Market Community
Ketika bergabung dalam Komunitas Blogger Jakarta, pemikiran saya ketika itu adalah bergabung untuk belajar tentang dunia blog secara lebih mendalam dan juga berkomunitas dengan para blogger untuk berjumpa dan mengenal siapa di balik domain tertentu, namun setelah beberapa bulan ternyata hal tersebut tidak sesederhana itu.

Awal Mula

Semua hal ini dimulai sejak saya terpilih menjadi Ketua Blogger Jakarta melalui musyawarah besar para anggota Blogger Jakarta bertempat di Mozilla Spaces, Cikini Jakarta. Dan sejak saat itu saya pun mampu melihat antusiasme rekan-rekan kemana sih arah komunitas ini harus di bawa.

Kebanyakan dari mereka berharap agar komunitas ini berkembang lebih besar dan membawa dampak positif tersendiri khususnya untuk wilayah Jakarta dan juga untuk Blogging di Indonesia karena kita adalah komunitas blogging yang berada di Ibukota.

Dan sejak saat itu tantangan demi tantangan pun mulai bermunculan.


Tanjakan Pertama

Dengan latar belakang seorang karyawan swasta, saya pun memiliki tanggung jawab pada sebuah perusahaan. Setidaknya 8 jam perhari selama 5 hari perminggu sudah menjadi milik orang lain. Dimana saya harus mengabdikan diri baik pikiran dan tenaga disana.

Dan dengan saya bertanggung jawab di Komunitas Blogger Jakarta, ternyata hal ini pun memberikan tanggung jawab yang cukup menantang untuk saya. Dikarenakan dengan seksinya nama Blogger Jakarta membuat banyak perusahaan-perusahaan dengan tujuan digital marketing mulai melirik Blogger Jakarta dan berminat untuk mengajak kerjasama.

Dan dalam hal ini, saya sangat senang dan sangat mendukung berbagai kesempatan yang ada.

Siapa Saja Mereka

Sebut saja dari WaGoMu, Geev, Astra, Pikko Group, Hipwee, Reksa Online, UC News dan beberapa perusahaan lain, itu adalah beberapa perusahaan yang tertarik dan melihat bahwa potensi Blogger saat ini cukup baik dalam hal professional branding dalam dunia online.

Hal yang saya syukuri adalah, saya dapat mengembangkan diri untuk mencoba menciptakan dealing dengan client dalam hal ini rekanan, dan dari itu semua, tentu para Anggota Blogger Jakarta-lah yang diuntungkan dengan semua itu.

Setidaknya mereka dapat menjadikan aktifitas Bloggingnya menjadi aktifitas positif yang menghasilkan dan bertujuan positif, bukan sebagai partisipan dalam agenda negatif menciptakan konten hoax bin informasi palsu.

Titik Lanjut

Hingga disini saya pun cukup senang, meski saat ini saya terkadang merasa takut membuka aplikasi whatsapp saya karena terlalu banyak pekerjaan baik dari kantor dan juga dari Komunitas Blogger Jakarta, saya merasa cukup senang. 

Karena setidaknya saya dapat membantu rekan-rekan Blogger dalam memberikan mereka sedikit hiburan dalam rekening mereka meski tidak terbilang banyak, setidaknya bisa membuat mereka menyadari bahwa kemampuan mereka dibutuhkan dalam dunia digital marketing seperti ini.

Perjalanan menjadi Ketua Blogger Jakarta terbilang baru dimulai, dan tantangan akan semakin banyak dan berat, namun dari hal ini semua, ada rekan-rekan yang selalu mendukung dan membantu saya dalam setiap pekerjaan.

Komunitas Blogger Jakarta merupakan kontribusi kecil saya bagi perkembangan Internet di Indonesia. Dimulai dari Kota Jakarta, saya akan mendorong agar para blogger menyadari bahwa mereka memiliki tanggung jawab besar terhadap begitu banyak konten yang ditampilkan oleh mesin pencari.

Pengabdian kecil di Blogger Jakarta, bukan karena uang. Semua karena tanggung jawab, terhadap generasi Indonesia bahwa mereka layak mendapatkan informasi yang baik dan juga inspiratif bukan merusak dan mengadu domba antar warga negara.


Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar