Minggu, 08 Januari 2017

Yuk, Bikin Liburan Anda Tambah Seru dengan Berkunjung ke 7 Destinasi Wisata dan Hotel di Sukabumi Berikut Ini

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, sering kali kita dibuat pusing dengan keinginan untuk berwisata namun lokasinya hanya itu-itu saja. 

Bagi orang Jakarta, Puncak dengan tempat liburan berupa kebun teh juga wisata air terjun merupakan tempat terbaik sebagai destinasi sekedar melepas penat terhadap aktifitas, dan kali ini sebagai salah satu alternatif destinasi wisata Anda, saya merekomendasikan sebuah tujuan wisata yang sangat lengkap baik dari wahana dan juga akomodasi.

Wilayah itu adalah Sukabumi, sebagai daerah yang berdekatan dengan Jakarta dan Bogor Sukabumi pun memiliki area wisata yang sangat menarik. Berjarak kurang lebih 30 menit dari Puncak, rasanya akan menjadi jawaban atas rasa haus destinasi wisata yang baru dan juga instagramable tentunya.

Sukabumi berbatasan dengan Cianjur di sebelah timur, serta Kabupaten Bogor di sebelah utaranya. Karena lokasinya yang lumayan dekat dari kawasan wisata Puncak, banyak para wisatawan yang juga tertarik untuk mengeksplorasi keindahan tempat wisata di Sukabumi. Meski masih banyak  yang belum tahu, Sukabumi ternyata memiliki berbagai lokasi wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata populer lainnya, lo.
Di kota yang terkenal dengan oleh-oleh kue mocinya ini, Anda akan menemukan potensi wisata alam seperti pegunungan, danau, situ, dan masih banyak lagi. Hotel di Sukabumi pun banyak bertebaran di sana-sini dengan kelas dan tarif bervariasi. Anda pun dapat mencari informasi mengenai hotel melalui Traveloka agar lebih mudah. Jadi tidak perlu repot lagi, bukan?
Nah, sebenarnya, ada tempat wisata apa saja ya di Sukabumi? Daripada penasaran, kita simak saja ulasan berikut ini!

1.     Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintan
Source: pariwisatabandung.info

Destinasi wisata yang satu ini tampaknya sangat cocok dikunjungi Anda yang ingin berwisata tidak jauh dari pusat kota. Taman Rekreasi Selabintana memiliki pemandangan hijau yang asri dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti wahana flying fox, ATV, tempat berkemah, serta taman bermain anak.
Tempat yang paling cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga ini juga dekat sekali, lho, dengan salah satu hotel di Sukabumi, yakni Selabintana Conference Resort. Selain memiliki kamar standar, tempat penginapan yang satu ini juga punya penginapan tipe bungalo untuk acara keluarga besar atau acara kantor Anda.
2.     Wana Wisata Cipelang
Wana Wisata Cipelang
Source: nativeindonesia.com

Wana Wisata Cipelang dijamin akan memuaskan hasrat Anda untuk menikmati hijaunya pemandangan khas agro wisata seperti kebun teh, serta pemandangan khas Puncak Gede Pangrango yang gagah dihiasi birunya langit. Tidak hanya hamparan hijau kebun teh saja yang akan Anda temukan di Wana Wisata Cipelang, air terjun, tempat perkebunan, serta arena outbound di sana juga akan membuat liburan Anda bersama keluarga dan sahabat semakin seru.
Nah, kalau Anda tidak mau berkemah saat liburan di Cipelang, penginapan atau pondokan yang direkomendasikan adalah Cottage Villa Pesona Pangrango. Fasilitas paling seru yang dimiliki penginapan yang satu ini adalah kolam renangnya yang besar dan dilengkapi perosotan.
3.     Kampung Adat Ciptagelar
Kampung Adat Ciptagelar
Source: Kalangkang Mencrang

Tidak kalah dengan Baduy atau Nagasari, Sukabumi juga punya destinasi wisata budaya bernama Kampung Adat Ciptagelar. Desa yang lokasinya terletak di kaki Gunung Halimun ini menawarkan pengalaman wisata yang unik untuk menghayati nilai-nilai budaya dan adat masyarakat setempat yang tentunya sangat menarik untuk digali lebih dalam. Salah satu atraksi populer yang ditawarkan Kampung Adat Ciptagelar adalah upacara Seren Taun atau penyerahan hasil bumi, yang biasanya digelar pada minggu pertama bulan September.
Pertunjukan kesenian tradisional seperti wayang, tari jaipong, serta musik angklung juga dapat Anda nikmati di sini. Belum lagi pemandangan gunung yang melatar-belakangi desa adat ini, semakin menambah pesona yang tentunya sayang untuk dilewatkan.
4.     Pantai Cimaja
Pantai Cimaja
Source: Travel detik

Pantai Cimaja dapat dikatakan sebagai salah satu pantai favorit di Sukabumi. Pantai yang terkenal dengan ombaknya ini selalu menjadi incaran para peselancar atau wisatawan yang ingin belajar berselancar. Karena ombaknya yang luar biasa, Pantai Cimaja sering kali dijadikan sebagai lokasi digelarnya kejuaraan selancar tingkat nasional.
Tidak hanya ombaknya, panorama sekitar pantai pun layak untuk dinikmati para wisatawan, khususnya bagi Anda yang kurang berminat dengan olahraga selancar. Ditambah lagi dengan keberadaan pepohonan dan bebatuan alami di sekitarnya, Anda dijamin akan betah untuk bersantai lama-lama di pantai yang satu ini.
Karena merupakan salah satu pantai terpopuler di Sukabumi, Anda pun tidak akan kesulitan mencari hotel di sekitar sini. Salah satu hotel yang dapat Anda sambangi untuk bermalam tidak jauh dari Pantai Cimaja adalah Desa Resort and Spa, yang menawarkan pengalaman menginap dengan pemandangan asri dan tarif relatif terjangkau.
5.     Sungai Citarik
Sungai Citarik
Source: Avatar Nusantara Technologies

Penggemar olahraga air tampaknya perlu datang ke Sungai Citarik. Sungai yang satu ini punya arus sungai deras yang cocok sekali digunakan untuk arung jeram. Nah, untuk melengkapi serunya arung jeram di Sungai Citarik, Anda pun dapat mencoba wahana lain yang tidak kalah serunya seperti paint-ball, flying fox, dan sebagainya. Pokoknya, aktivitas liburan di Sungai Citarik ini sangat pas untuk Anda yang ingin lebih dekat bersama keluarga dan teman-teman.
6.     Ciletuh Geopark
Ciletuh Geopark
Source: Portal Berita Bisnis Wisata

Sukabumi juga punya kawasan wisata konservasi alam sekelas Warisan Dunia UNESCO, lho, namanya Ciletuh Geopark. Destinasi wisata alam yang berlokasi di kecamatan Ciemas, Sukabumi, ini memiliki beberapa titik yang menarik untuk dijadikan objek foto. Salah satunya adalah Tebing Paniisan, yang merupakan tebing yang tercipta dari proses geologi selama ratusan tahun. Di antara tebing tersebut, tersembul aliran air terjun yang membuat tebing tersebut tampak semakin cantik. Titik menarik lain yang dapat Anda temukan di Ciletuh Goepark di antaranya: Curug Cimarinjing, Puncak Darma, Pantai Palangpang, serta Curug Sodong.
7.     Gua Buniayu
Gua Buniayu
Source: Travel detik

Wisata petualangan di Sukabumi belum lengkap rasanya jika tidak menyertakan Gua Buniayu. Destinasi wisata yang cocok untuk pencinta petualangan ini memiliki lorong terjal yang dihiasi fosil biota laut di dindingnya. Karena medannya yang cukup sulit, Anda dianjurkan untuk menyiapkan stamina serta jangan ragu untuk meminta bantuan pemandu.
Nah, itu dia beberapa destinasi wisata yang patut Anda datangi ketika berkunjung ke Sukabumi. Semoga liburan Anda menyenangkan.


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search