Peran Blogger Dalam Digital Marketing

Peran Blogger dalam Digital Marketing (StartupStockPhotos)

Berbicara tentang Digital Marketing, merupakan salah satu metode dalam memasarkan suatu produk atau brand menggunakan teknologi digital atau teknologi informasi. Pada saat ini, dengan banyak berkembangnya industri start-up, tentu membuat publikasi bisnis melalui teknologi informasi menjadi suatu metode yang sangat aduhai untuk dipakai.

Jika kita bisa mengingat sendikit berbagai perkembangan alat informasi, disini kita membahas material yang digunakan untuk menyampaikan informasi itu sendiri, berawal dari sebuah alat komunikasi berupa radio, meningkat menjadi televisi, hingga saat ini dengan tren teknologi gadget yang dimiliki oleh setiap orang mampu menjadi perangkat penghantar informasi.

Tentu, disini kita bisa mengingat tentang bagaimana informasi itu disampaikan. Industri teknologi informasi  sebagai yang kita ketahui disana sudah terdapat suatu subjek yang disebut dengan Blogger. Orang-orang ini adalah mereka yang menciptakan suatu informasi dalam bentuk berbagai konten baik video dan artikel dimana memiliki dampak baik negatif dan juga positif terhadap mereka yang menerima informasi tersebut.

Dan soal peran blogger dalam digital marketing di 2017 ini, kita bisa lihat berapa banyak jumlah start-up ecommerce, sebut saja seperti Traveloka, Lazada dan yang lainnya. 

Beberapa start-up ecommerce tersebut, dalam melakukan fungsi digital marketing adalah dengan menyematkan fitur feedback pembeli, dimana hal tersebut disematkan pada bagian masing-masing produk maka pembeli yang sudah menerima barang dapat memberi berupa komentar baik positif dan juga negatif tentang pelayanan tersebut, dan hal tersebut memanglah memiliki dampak yang cukup baik kepada calon pembeli lainnya.

Karena, jika terdapat seorang pembeli baru yang mencari suatu produk, pastilah akan dicari tetang ulasan mengenai produk yang ingin dibeli, bukan dari si pemiliki lapak dagangan, melainkan dari para pembeli terdahulu atau pembeli sebelumnya tentang plus dan minus produk tersebut.

Efektif kah langkah ini ? Tentu namun ada tapinya, tapinya adalah langkah ini kurang maksimal jika konotasi dalam peran digital marketing.

Mengapa saya mengatakan demikian, kolom feedback pembeli yang disematkan pada bagian bawah produk tentu sangat terbatas fiturnya, dan juga sang pemberi komentar tidak akan bisa secara maksimal memberikan ulasan secara detail mengenai pengalamannya, dan bisa dibilang maksimal satu paragraf seorang mantan pembeli akan mengulas produk yang dibelinya, berdasarkan pengalaman pribadi hingga saat ini, saya tidak pernah sekalipun memberikan feedback terhadap e-commerce yang pernah saya gunakan setelah saya mendapatkan produknya.

Dan kira-kira cara apa yang lebih efektif dalam digital marketing ?

Tentu adalah dengan menggunakan para blogger sebagai pengulas produk atau brand tersebut. Mengapa demikian ? Para blogger merupakan orang-orang yang memiliki keahlian dalam merangkai kata. Dengan pengalaman dalam menulis, tentu bisa dipastikan bahwa blog yang dimilikinya memiliki para pengunjung setia. Sehingga bisa dibilang trust value sudah melekat jika sebuah produk dibahas oleh seorang blogger.

Product Branding Digital Marketing
Contoh Product Branding oleh Blogger

Dan melalui blognya, seorang blogger dapat membuat suatu post branding tentang suatu objek dengan detail berikut infografis, komentar, informasi, bahkan video tentang suatu object yang sedang dibahas olehnya.

Dengan cara ini, proses bisnis dapat terjadi. Dan kegiatan promosi atau branding melalui teknologi informasi akan berjalan maksimal, karena juga yang seperti kita ketahui bahwa kita seorang manusia modern selalu mengandalkan google dalam mencari apapun mulai dari barang, jasa hingga cara pelayanan semua ktia dapatkan dari mesin pencari.


Company Branding melalui Search Engine

Dan seperti yang pernah saya bahas pada tulisa saya sebelumnya tentang Integritas Blogger, semua informasi itu bukanlah karya google melainkan karya seorang blogger. Dan bisa dipastikan, ketika ada seorang blogger membuat suatu postblog tetang sesuatu hal apakah itu tentang produk, dan lain sebagainya kira-kira siapa yang lebih detail dan terpercaya ? Sudah pasti adalah peran Blogger.

Jadi dalam digital marketing, para blogger memiliki andil yang besar dalam mendorong agar suatu issue dapat naik dengan drastis hanya saja memerlukan sedikit pengetahuan dan pemahaman cara meningkatkan branding melalui digital marketing.

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar