Minggu, 04 Desember 2016

Kontribusi Blogger Jakarta Dalam Event Social Community Market

Acara Social Market Community dengan Komunitas Blogger Jakarta


Social Market Community, merupakan acara yang diselenggarakan oleh Suara Hati Foundation sebagai bentuk dalam memprakarsai gerakan anti kekerasan terhadap wanita yang mungkin sering kita jumpai dimanapun kita berada. Dan mungkin hal semacam tersebut juga lekat dengan kehidupan kita.

Event Social Market Community menjadi event pertama yang kami ikuti dari Blogger Jakarta dalam kepemimpinan saya sebagai Ketua. Partisipasi kami dalam acara ini terbilang cukup lancar dan maksimal tentunya dengan bantuan keseluruhan anggota Blogger Jakarta yang secara totalitas membantu agar nama baik kami tampil maksimal.

Dalam event tersebut, kami diberikan ruang untuk membuka pameran . Dan konsep pameran sendiri berbentuk "open stand", jadi setiap peserta pameran yang berasal dari berbagai macam komunitas di sekitar Jakarta mulai Komunitas Foda, Komunitas Rumah Tiup, Komunitas Lentera Indonesia dan beberapa komunitas lain berusaha menampilkan hal terbaik dari komunitasnya.

Dan dalam kesempatan tersebut, dengan konsep tersebut sebagai planner saya cukup panik. Karena sebelumnya saya sempat membantu salah seorang Dekan Fakultas Ilmu Kesehata Universitas Borobudur untuk membuat dekorasi pameran dalam acara di JCC oleh Kementerian Kesehatan. Dalam event tersebut konsepnya adalah Bilik berbentuk kubus 3x3, sehingga konsep yang pertama kali disiapkan tentu adalah desain dari backdrop serta photobooth untuk memeriahkan agar dekorasi terlihat lebih hidup.

Lain cerita pameran kesehatan dengan pameran di Social Market Community. Dengan mendapat informasi bahwa tidak adanya stand pameran kubus, dan hanya disediakan 1 meja ukuran 60x100 dan 2 kursi. Pikiran saya pun buyar. Entah apa yang akan kami tampilkan. Dan dalam keketika saya hanya terpikir untuk membuat X banner ukuran 80x180 serta brosur komunitas.

Benar saja, material hanya itu yang saya siapkan mendekati hari H-1. Dengan penampilan bak driver ojek online, di hari pelaksanaan tanggal 3 Desember 2016 pada pagi buta saya menuju percetakan X Banner di daerah Kalibaru untuk mengambil hasil X Banner yang sebelumnya saya proses order menggunakan media email dan transfer bank. 

Ketika X Banner saya terima, tak ada bayangan saya bahwa X Banner begitu besar, dengan barang bawaan saya berupa tas punggung, ditambah bag paper berisi kaos komunitas, bisa dibayangkan bagaimana caranya saya membawa rangkaian besi dengan tunggangan sebuah motor. Sempat terpikir untuk memarkirkan motor di salah satu SPBU Shell di kawasan Cempaka Putih, tapi itu tampaknya akan sangat membuang waktu ketika pulang dari acra nanti.

So dengan modal nekat, saya coba membaca peta dari Google Maps untuk menuju lokasi di Cilandak Town Square, jam tangan menunjukkan jam 08.37 WIB jadi saya harus tiba maksimal dalam 1 jam perjalanan. Jujur, meski kantor pusat tempat saya bekerja di Talavera Building TB Simatupang, saya tidak pernah melewati jalur motor dari lokasi Pasar Senen menuju Jakarta Selatan. Dengan melihat rute google maps saja sudah membuatku pusing karena jalur sangat tidak teratur, terdapat banyak jalan, tikungan yang sama sekali tidak pernah saya lewati.

Masa bodoh dengan hal itu, saya pacu kendaraan berbekal dengan ilmu membaca medan yang saya pelajari ketika masih di Resimen Mahasiswa dulu entah bagiamana berkat bantuan Allah saya bisa tiba di lokasi tanpa ada kata "NYASAR".

Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri buat saya, bisa tiba di lokasi tanpa mengalami kata nyasar meskipun hal tersbut mungkin bisa terjadi 1 : 1000.000 kali perjalanan. Bisa di bayangkan, selama 6 tahun tinggal d Jakarta saya hanya hafal dengan daerah Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Jangan pernah bertanya Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Karena jika saya ditanya tentang wilayah tersebut, sudah pasti semua jawaban adalah bohong.

Komunitas Blogger Jakarta


Tepat pukul 10.05 saya tiba di lokasi, ketika saya datang sudah ada Mba Enab, Mas Halfi, Mas Oji dan beberapa saat kemudia datang Renaldi.  Pada kedatangan saya, mereka sendang membuat dekorasi balon huruf, setidaknya itu melegakan saya bahwa terdapat sedikit dekorasi dengan keadaan rencana pameran yang serba minim.

Saat kita bersiap menginstall Xbanner, menyusun balon huruf terlihat dari para peserta pameran lain dari 12 Komunitas selain kami sama sekali belum mempersiapkan apapun bahkan banyak dari mereka yang belum datang. Ini benar-benar melegakkan.

Dari jam 10.00 AM Komunitas Blogger Jakarta sudah siap, dan kami mulai melakukan apa yang bisa kami kerjakan, ketika waktu siang tiba kami pun mencoba mengunjungi beberapa pameran komunitas lain, sekedar bertanya tentang komunitasnya dan saling bertukar kontak agar suatu waktu bisa saling sharing ilmu jika diperkenankan.

Tentu saja hal tersebut menjadi kekayaan kami dalam menciptakan relasi antar komunitas, karena kami bergabung di Blogger Jakarta untuk menciptakan persaudaraan yang bermanfaat bagi semuanya.

Acara puncak di mulai sekitar pukul 20.00 dimulai dengan music performance, juga terdapat sharing session dari para artis ibukota tentang bagaimana pendapat dan pandangan mereka tentang tidak kekerasan terhadap wanita yang marak terjadi di lingkungan kita.

Lalu dalam suatu kesempatan, di akhir acara kami para perwakilan dari Komunitas diberikan waktu untuk menyampaikan deklarasi kami terhadap semangat untuk mendukung tindak anti kekerasan terhadap wanita kepada seluruh hadiri acara.

Bagi kami atau khususnya saya sendiri, kekerasan terhadap wanita merupakan hal yang sangat buruk. Hal tersebut tidak saya lihat dari orang lain, bahkan keluarga sendiri. Entah karena pengaruh apapun atau alasan apa hal tersebut sangat lekat. Dan belajar dari hal tersebut, itu menjadi pembelajaran bagi saya pribadi untuk tidak melakukan hal itu karena saya sangat sadari, saya bukan lahir dari seorang pria atau dari batu.

Acara tidak sampai akhir kami ikut mengingat diantara kami masih ada Mba Tiara dan Mba Enab yang akan rawan jika pulang telalu malam. Jadi pukul 21.45 PM kami meninggalkan lokasi dengan sebelumnya merapikan tempat yang kami tempati.

Bagi saya event tersebut sangat menyenangkan dan tidak serumit yang saya bayangkan. Dalam kesempatan tersebut beberapa anggota hadir dan saling meningkatkan keakraban diantara kita.


Blogger Jakarta


Saya ucapkant terima kasih kepada seluruh tim yang telah membantu baik yang bisa datang atau tidak kita semua melakukannya demi semangat kita menularkan semangat blogging untuk internet positif dan internet sehat. Agar para generasi memanfaatkan internet dalam hal yang baik dan bermanfaat. Terlebih agar para generasi muda gemar blogging atau gemar berbagi pengetahuan kepada dunia.

Karena yang harus menerima rasa terima kasih ketika kita mendapatkan suatu informasi di mesin pencari adalah kepada para Blogger, bukan kepada google.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search