Tips Tulisan Enak Di Baca

Tips Tulisan Enak di Baca

Membaca dari sebuah layar monitor tentu sangat berbeda rasanya ketika kita membaca sebuah informasi dari sebuah buku. Selain karena perbedaan benda yang digenggam, tampilan dari medianya contohnya layar sebuah tablet dan buku umumnya sangat berbeda. Jika Anda menginginkan pembaca blog Anda membaca keseluruhan isi dari blog Anda, harap Anda pastikan bahwa artikel dalam blog mudah di baca. Artikel dengan kualitas baik dan mudah untuk di baca, akan menghasilkan jumlah kembalinya pengunjung/pembaca menjadi lebih banyak dan juga meningkatkan intensitas percakapan atau komentar di blog Anda. Berikut ini, saya akan sedikit membahas, tentang tips agar tulisan enak di baca dalam blog Anda.




Fokus Terhadap Pambaca !


Saran terbaik yang dapat saya berikan kepada Anda ialah saya akan memastikan tulisanmu tidak sulit dipahami atau di mengerti oleh para pembaca / pengunjung blog Anda. Kalau Anda menulis tentang Permainan Ular Tangga dan fokus kepada anak-anak atau balita, tulisan Anda harusnya mudah di mengerti dan dipahami oleh para pembaca. Namun jika para pembaca blog yang Anda targetkan setingkat Doktor (S3), tulisan Anda tentu harusya lebih sesuai dan sepertinya tidak mudah di pahami oleh anak-anak atau balita. Kelima tips yang akan saya bagikan di bawah ini, merupakan aturan umum dalam penulisan konten artikel yang mudah di baca.

Tips 1 : Paragraf Yang Jelas

Pastikan Anda menulis paragraf dengan jelas. Untuk sebuah konten blog, saya menyarankan Anda untuk selalu memulai sebuah paragraf dengan sebuah kalimat yang sangat penting. Kemudian jelaskan atau rinci kalimat tersebut. Dengan cara ini, para pembaca blog Anda akan dapat memahami konten yang paling relevan dengan artikel yang Anda tulis. Dan pastikan, paragraf yang Anda tulis tidak terlalu panjang. ( 7 atau 8 paragraf sudah termasuk paragraf yang panjang).


Tips 2 : Kalimat Yang Pendek

Cobalah untuk menulis sebuah kalimat yang pendek. Kalimat yang pendek lebih mudah di baca dan dimengerti dari pada sebuah kalimat yang panjang. Diatas itu, Anda akan lebih banyak mengurangi kesalahan dalam tata penulisan pada kalimat dari pada sebuah kalimat yang pendek. Saya kira kalimat yang mengandung lebih dari 20 kata termasuk panjang. Cobalah untuk membatasi panjang kalimat. Pastikan Anda hanya menulis beberapa kalimat dalam sebuah posting blog tersebut dengan jumlah lebih dari 20 kata. Dan juga pastikan, paragraf tersebut tidak mengandung lebih dari satu paragraf panjang.

Tips 3 : Batasi Penggunaan Kata Sulit

Batasi penggunaan kata yang sulit untuk dibaca. Ingatlah, membaca dari sebuah layar monitor itu sulit untuk semua orang dan selalu berbeda dengan membaca sebuah buku. Kata yang mengandung empat atau lebih suku kata yang dianggap sulit untuk dibaca. Pastikan untuk membatasi penggunaan kata-kata yang sulit.

Tips 4 : Gunakan Kata Transisi


Sebuah teks akan lebih mudah di baca tentu saja dengan menggunakan kata transisi yang tepat. Kata transisi tersebut contohnya 'paling penting', 'karena', 'demikian', atau 'disamping itu'. Penggunakan kata tersebut akan memberikan arah kepada pembaca. Kata-kata tersebut memberikan tanda bahwa ada sesuatu hal lain yang dibahas: jika Anda meringkas, Anda akan menggunakan pertama, kedua, ketiga dll. Jika Anda ingin kontras Anda akan menulis yang sama, kurang, lebih, sementara atau baik. Jika Anda ingin menyimpulkan, Anda akan menggunakan karenanya, akibatnya atau karena.

Menggunakan kata-kata transisi akan seperti meletakkan semen antara kalimat Anda. Hubungan antara dua kalimat menjadi jelas dengan menggunakan kata-kata transisi. Pembaca akan memahami konten Anda jauh lebih baik jika Anda membuat penggunaan yang tepat dari jenis-jenis kata.

Tips 5 : Kolaborasi Kata dan Kalimat


Untuk teks menjadi menarik bagi pembaca, kata tersebut harus sangat bervariasi. Ini berarti bahwa Anda harus mencoba untuk mencampurnya sedikit! Alternatif paragraf panjang sekali kalimat pendek dan mencoba untuk menggunakan sinonim jika Anda cenderung menggunakan kata yang sangat sering. Beberapa orang menggunakan kata 'dan' atau 'terlalu' sangat sering. Mencampurnya dengan 'juga' atau 'apalagi' bisa membuat teks lebih menarik dan jauh lebih mudah dibaca juga.


Kesimpulan

Jika Anda ingin pembaca Anda untuk membaca seluruh posting blog Anda, Anda harus memastikan bahwa teks Anda mudah dibaca. Jangan membuat teks lebih sulit dari yang diperlukan. Hindari kalimat yang panjang dan menulis paragraf yang jelas.

Cara lain untuk memastikan teks dapat dibaca adalah dengan memilih tipografi yang tepat. Anda tidak harus menggunakan font kecil dan pastikan jarak antara garis cukup lebar. Saya akan menulis posting tentang tipografi dalam beberapa minggu kedepan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.