Tips Bisa Produktif Ngeblog


Berada di Tempat Indah bisa menjadi cara untuk mendapatkan ide Ngeblog

 Menjadi seorang Blogger, bukan tentang keharusan untuk terus dan selalu menulis. Yang mana, hal ini pada suatu titik tentunya akan menjadi suatu aktifitas membosankan karena pada dasarnya kita telah menanamkan pikiran "keharusan" yang tentu saja lebih mengarah pada konotasi yang agak kurang menyenangkan. Beberapa terakhir ini saya bergabung dengan Komunitas Blogger Jakarta, menghadiri beberapa kali event tentang blogging, lalu banyak sekali pertanyaan yang saya dengan "Gimana sih cara agar rajin Ngeblog?" Dan mungkin kali saya akan sedikit sharing pengalaman bagaimana caranya saya bisa aktif ngeblog.

1. Cari Momentum

Bagi setiap orang, dalam hidupnya pastilah memiliki waktu yang nampaknya cukup romantis bagi dirinya. Waktu atau momen yang saya maksud ini adalah waktu yang kita rasanya sangat santai dan merasa senang dan bersyukur. Dan jika saya boleh memberikan contoh, yaitu waktu ketika baru bangun tidur setelah selesai ibadah sholat subuh. Menurut saya waktu subuh itu adalah waktu yang sangat tentram, karena dengan suasana yang masih sepi tentu kita hanya mendengar suara dari dalam pikiran kita sendiri dan itu bisa kita manfaatkan untuk menggali ide dan pikiran kita tentang sesuatu dan menuangkannya dalam sebuah Blog.

Dan waktu malam hari menjelang tidur, pun menjadi waktu favorite saya untuk mencoba menulis tentang apa yang saya pikirkan selama satu hari tadi. Mungkin ada beberapa obrolan, apa yang kita lihat, mengundang rasa keingintahuan bahkan quote-quote yang diberikan oleh orang yang kita temui tadi ingin kita dokumenasikan dalam sebuah Blog.

2. Ngobrol dengan Diri Sendiri

Hal ini bukan untuk mengajarkan Anda untuk menjadi gila. Aktifitas ngeblog yang saya lakukan sendiri, lebih banyak dengan cara bertanya tentang sesuatu yang saya pikirkan, saya mencari referensi tentang permasalahan yang saya tanyakan, dan buat tulisan versi saya sendiri. Itu akan menjadi momen produktif dalam menulis atau ngeblog tentunya.

Contohnya ketika kemarin ada peristiwa Aksi Demo Damai oleh beberapa rekan muslimin/muslimat, dari yang kita lihat di televisi, media sosial, apa informasi yang kita dapatkan dan apa yang kita pikirkan seperti apa yang seharusnya di lakukan.

Itu bisa menjadi sebuah cara untuk memproduksi sebuah tulisan opini.

3. Semangat Berbagi

Sebagai seorang muslim, kita mengenal bahwa istilah sedekah, beramal, berbagi merupakan sebuah aktifitas yang bermanfaat dan bernilai pahala/sosial tinggi. Dan sedekat tidak selalu berupa materi, dengan kegiatan ngeblog, tentu saja akan membawa pahala atau berkah, karena dalam setiap aktifitas ngeblog tentunya memiliki semangat untuk berbagi perihal positif yang bermanfaat bagi orang banyak. Contohnya ketika Anda ngeblog tentang mata kuliah, cara menghadapi tes interview kerja dan lain sebagainya. Tentu itu akan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan dan pasti bernilai ibadah tinggi.

4. Kunjungi Tempat Menakjubkan

Adakalanya, mengunjungi tempat-tempat bernuansa tenang, keren, klasik bisa menjadi sumber inspirasi. Tapi yang perlu kita garis bawahi adalah ini bukanlah hal terpenting. Karena dengan selalu mengunjungi tempat-tempat keren bisa dibilang ini mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya hanya untuk aktifitas ngeblog kita. Dan ini sama sekali tidak disarankan.

5. Hargai Setiap Ide yang Datang

Ide seringkali muncul pada momen atau tempat yang tak diduga-duga. Mengapa demikian ? Karena saya pun sering mendapatkan ide pada saat-saat yang tidak saya harapkan. Contohnya ketika sedang di kamar mandi, ketika sedang menunggu orang, ketika dalam taksi, ketika hendak tidur, bahkan ketika sedang mengemudi.

Dalam saat-saat itu, seringkali ide untuk menulis datang, dan ketika sebentar saja kita mengabaikan, maka ide itu akan hilang. Mungkin caranya adalah dengan kita selalu mencatat garis besar ide yang kita dapatkan dan tulis dalam sebuah note di handphone kita.

Setelahnya dalam waktu senggang atau luang, coba transfer ide tersebut dalam sebuah halaman blog.

Mungkin itu adalah sedikit tips, bagaimana cara kita agar produktif ngeblog. Ngeblog janganlah menjadi sebuah keterpaksaana atau keharusan, kita wajiblah mengerti dan menyadari aktifitas ini adalah suatu cara kita untuk bersedekah atau beramal. Membagikan informasi positif yang bermanfaat tentu akan sangat berharga dari pada menggunakan media blog untuk hal negatif contohnya menyebarkan isu yang tak jelas kebenarannya.

Happy Blogging !

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar