Tanggung Jawab Untuk Blogger Jakarta

Komunitas Blogger Jakarta
Komunitas Blogger Jakarta

Blogger Jakarta, komunitas yang kurang lebih saya bergabung didalamnya sekitar satu bulan lamanya. Komunitas yang saya kira pada awalnya hanya komunitas online dari facebook, komunitas yang hanya membahas masalah blogging lewat grup facebook, dan saya kira komunitas ini hanya komunitas fiktif tanpa adanya keinginan untuk bertemu offline dan menciptakan sesuatu yang baru.

Dan ternyata semua hal yang saya pikirkan pertama kali ketika mengakses http://bloggerjakarta.com salah besar ! Semua pemikiran saya berubah total, ketika saya mengakses homepage Blogger Jakarta dan mendaftarkan diri di formulir yang tersedia disana. Saat sore saya submit keinginan ikut serta dalam Blogger Jakarta, tepat pukul 19.00 sepulang kerja saya mendapat notifikasi bahwa Jarot, salah satu Wakil Ketua Blogger Jakarta memasukkan saya kedalam grup chatting mobile platform whatsapp. Dari hal itu, saya sudah memiliki anggapan bahwa komunitas ini ternyata hidup.

Berawal dari situ, saya mencoba untuk memulai komunikasi, sekedar bertanya tentang agenda dan hal lainnya. Dari yang saya perhatikan, keseluruhan anggota sudah sangat akrab dan saya sepertinya agak minder dengan hal tersebut karena dibayang-bayangin dengan istilah "anak baru" yang mana itu hanya menjadi pikiranku saja.

Dalam informasi yang diberikan oleh grup, dalam beberapa hari ternyata terdapat agenda seminar tentang Blog dimana Blogger Jakarta yang ketika itu masih di pimpin oleh Mas Halfi ambil bagian dalam kegiatan itu. Tepat saja, meski saya baru pulang dari kantor dengan keadaan kantuk parah selepas shift III, saya berusaha hadir dan ingin memulai bercengkrama dengan rekan-rekan Blogger Jakarta lain dan sekedar memastikan bahwa Komunitas ini memang eksis di wilayah Jakarta.

Berawal dari pertemuan di salah satu kampus swasta tersebut, saya mulai mengenal dengan beberapa individu, disitulah benar-benar kesan saya terhadap komunitas ini berubah sangat positif. Apalagi ditambah ketika saya memperhatikan, banyak senior-senior dari Blogger Jakarta sangat welcome, ketika terdapat anggota yang bertanya tentang permasalahan konten, cara menulis, sekedar cara ganti themes, harga domain dan hosting murah hingga obrolan berat seperti optimasi Search Engine dan membahas StartUp serta bisnis dan oia satu lagi, bagaimana mendapatkan uang dari blogger.

Semua hal tersebut diatas, dibahas secara acak dalam waktu-waktu tertentu. Siapa saja boleh bertanya dan siapa saja akan menjawabnya based on masing-masing pengalaman individu. Rasa-rasanya ini memang benar-benar komunitas yang sangat positif.

Mulai dari proses itu, tepat pada tanggal 27 diagendakan untuk pemilihan ketua Blogger Jakarta yang baru. Dan dari berbagai proses seleksinya, terpilihlah saya, Mas Ferry dan mas Yolo sebagai salah seorang kandidat. Sebagai seorang karyawan swasta, yang punya keinginan lanjut studi magister, tak ada pikiran saya untuk menjadi seorang Ketua Blogger Jakarta. Jika diingatpun, keahlian saya tidak ada apa-apanya dibanding dengan rekan yang lain seperti mas Yolo yang expert bidang Jaringan, Mas Antoni bidang SEO, Mas Joko yang dengan content writer KanalJogja.com, dan banyak lagi member Blogger Jakarta lain yang benar-benar memiliki potensi.

Saya hanyalah seorang member baru yang memiliki impian besar tentang bagaimana BloggerJakarta menjadi sebuah komunitas yang diakui paling solid dan aktif baik di Online maupun Offline.

Dan setelah proses panjang, begitu banyak games-games yang diskenariokan oleh Mba Tiara selaku panitia pemilihan, akhirnya nama ketua baru pun disebutkan. Benar saja, dalam beberapa detik saya merasa kaget dan entah harus berbuat apa dengan SDM yang begitu banyak dan besar sedangkan saya adalah orang baru yang baru bergabung di Komunitas ini. Meskipun ketika masa perkuliahan saya memang pernah menghandle jumlah member yang lebih besar, tapi tentu Komunitas Jakarta sangat berbeda dengan anggota Resimen Mahasiswa yang pernah saya pimpin dulu. 

Berbedanya latar belakang dan juga keinginan antara Resimen Mahasiswa dan Blogger Jakarta, membuat saya harus benar-benar mencari resep kepemimpinan yang baik untuk membawa Blogger Jakarta menjadi komunitas yang kami cita-citakan bersama dalam agenda pertemuan tadi.

Melalui Blog ini saya ucapkan terima kasih kepada Blogger Jakarta, atas segala kepercayaan yang telah diamanatkan kepada saya, terima kasih pula kepada panitia pemilihan yang telah dengan baik menyusun jalannya acara lengkap dengan begitu banyak agenda untuk menjatuhkan harga diri para peserta games, saya berharap semua anggota komunitas memiliki keinginan besar untuk berpartisipasi membesarkan komunitas dengan semangat untuk berbagi dan saling belajar. Karena sebuah tim yang solid tidak akan mampu berjalan sendiri, ibarat sebuah mobil seorang supir tidak akan mampu membawa mobil tersebut dari jakarta menuju new york, jika mobil tersebut tidak memiliki lampu sign, navigator, ban, mesin, bahan bakar dan lain sebagainya.

Sebuah tanggung jawab baru, untuk Keluarga Baru. Keluarga Blogger Jakarta 

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.