Rasanya Bekerja di Industri Migas

Proses Discharege Vessel
Proses Discharege Vessel


Industri Migas atau yang umumnya di kenal dengan industri Petroleum, merupakan sebuah industri dengan ekspektasi terhadap suatu aktifitas bisnis dari sebuah produk yang bernilai cukup mahal dan penyebab timbulnya peperangan di beberapa Negara.

Ya, Industri energi minyak merupakan sebuah industri yang nampaknya memiliki usia cukup panjang, meskipun dalam beberapa kali dikabarkan jatuh, industri ini nampaknya selalu mempunyai nyawa cadangan untuk tetap bangkit. Alasannya tak lain dikarenakan manusia masih membutuhkan energi fosil untuk dapat melanjutkan hidup, mulai dari proses bisnis, keperluan hari-hari dan juga dalam perihal transportasi yang ternyata menjadi alasan utama industri ini tetap hidup.

Bergabungnya saya dengan perusahaan saya ini, bukanlah kebetulan. Saya yang dengan background Teknologi Komputer, sama sekali tidak pernah bercita-cita untuk bekerja dalam industri ini. Industri yang dalam bayangan saya merupakan sebuah industri yang sangat kental dengan perihal kimia yang sangat saya benci. Namun, setelah usainya perkuliahan saya di tahun 2014 silam, dengan ketidaksengajaan mendaftar dalam sebuah lowongan pekerjaan membawa saya kepada dunia yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Shell Indonesia, tempat saya mengabdi dalam kurun waktu 2 tahun ini merupakan tempat saya belajar, mengeksplore rasa ingin tahu saya tentang bagaimana sebuah energi fosil di produksi, diolah, di distribusikan hingga di konsumsi oleh halayak banyak.

Sebagai sebuah perusahaan berskala internasional, Shell tentu tidak hanya mengurusi bagian perminyakan saja, tentu terdapat departemen lain yang juga dibutuhkan untuk menopang bisnis ini agar tetap berjalan maksimal. Hal itulah yang tak saya ketahui sebelumnya.


Proses Discharege Vessel
Vessel

Terminal Operation Dispatcher, posisi yang menjadi pengabdianku dalam 2 tahun belakangan. Bekerja dengan sistem shift, membuat saya untuk benar-benar harus pandai dalam mengatur waktu dan menyeimbangkan segala hal di dalamnya, mulai dari waktu ketemu pujaan hati, bertemu rekan seperjuangan kuliah, sosialisasi dengan senior, sekedar refreshing bersama teman kerja, waktu istirahat dan bekerja. Semua harus benar-benar saya atur sedemikian rupa agar semua dapat berjalan maksimal.

Karena saya paham, beban kerja yang begitu banyak akan menjadi semakin berat jika saya tak mengisinya dengan aktifitas-aktifitas positif sekedar menyegarkan pikiran saya.

Hal yang saya kagumi dari sistem kerja di perusahaan ini, terdapat 2 aturan bekerja yang disebut dengan Shell Goal Zero dan Shell Value. Shell Goal Zero sendiri merupakana aturan baku dalam bekerja yang meliputi tiga aspek, yakni ; Comply, Intervene dan Repect sedangkan Shell Value meliputi Honesty, Integrity, Respect.

Hal tersebut diatas adalah hal-hal yang selalu menjadi ujian dalam setiap LFI Sharing session, dan pengaplikasian hal tersebut sangat dituntut oleh perusahaan, bukannya menjadi sebuah keterpaksaan malah kami melakukannya agar kami dapat saling menjaga sesama rekan sekerja.

Pengalaman yang saya dapatkan sangatlah banyak, bukan hanya tentang bekerja, namun tentang bagaimana menyikapi hidup pun saya dapatkan di tempat ini. Konflik, masalah, pemecahan dan berbagai hal sudah saya lewati dengan cukup maksimal hingga detik ini. Dan selama usia dan kesempatan masih diberikan oleh Allah SWT, pengalaman itu akan tetap saya kejar.

Yang menarik bekerja di Shell Indonesia, karyawan selalu diberikan kesempatan untuk berkembang. Mengikuti pelatihan-pelatihan atau training, belajar tentang segala hal dalam sistem intranet Shell Online University, merupakan salah satu cara pengembangan SDM yang sangat ampuh hingga detik ini. Belum lagi kesempatan dalam agenda meeting bulanan tentang HSSE, merupakan kesempatan untuk belajar tentang masalah yang juga terjadi di daerah atau Negara lain.

Hampir seluruh ilmu yang didapat tentang keseharian, dapat saya aplikasikan dan bagikan kepada orang lain. Hingga detik ini, memang Allah telah memiliki jaln terindah bagi semua makhluknya.


Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar