Nikmatnya Es Pisang Ijo Pemuda

Es Pisang Ijo dengan Kacang Merah dan Vla
Es Pisang Ijo dengan Kacang Merah dan Vla

Dalam perantauan, terkadang ada kalanya saya merasakan homesick, atau rindu kampung halaman. Tapi tolong jangan di bahas dimana kampung halaman saya, karena hampir seluruh pelosok timur adalah kampung halaman saya.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengenalkan sebuah obat rindu kampung halaman saya. Yaitu Es Pisang Ijo Pemuda. Di Jayapura, meskipun terbilang jauh dari kota Makasar, namun beberapa kuliner yang sangat terciri di sana adalah makanan-makanan khas kota makasar, seperti Pisang Epe, Coto Makasar dan salah satu yang menjadi favorit saya adalah Es Pisang Ijo.

Pada umumnya, untuk membuat es pisang ijo ini tentu tidak sulit, makanan yang berbahan dasar pisang ini terbilang cukup mudah di buat. Dahulu, ketika saya masih tinggal dengan orang tua, sesekali ibu selalu membuatkan Es Pisang Ijo, apalagi ketika datang bulan ramadhan, Es Pisang Ijo menjadi permintaan banyak diantara anggota keluarga. Karena rasanya yang khas, dan mengobati rindu akan suasana kampung halaman Jayapura.

Dan setelah 6 tahun berada di Jakarta, barulah beberapa minggu yang lalu saya menemukan kedai Es Pisang Ijo yang terletak di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta. Dan tanpa berpikir panjang, saya pun mampir ketika sedang dalam perjalanan pulang kantor.

Bagi saya sebagai seorang perantauan, menu kuliner khas kota asal selalu menjadi obat rasa rindu atas kampung halaman juga rasa rindu kepada keluarga. Dan dengan mencicipi Es Pisang Ijo ini, mengingatkan kepada masakan Ibunda di rumah yang selalu menghidangkan menu makanan terbaik kepada anak-anaknya.

Hal itu yang terkadang membuat saya membeda-bedakan makanan yang saya beli di warung/restoran/ kedai makanan. Karena peyajian makanan terkadang tidak sebersih atau sebaik seperti ketika ibu sendiri memasak makanan untuk anak-anaknya.

Es Kacang Merah Pemuda Kelapa Gading
Es Kacang Merah

Es Pisang Ijo yang disediakan oleh Kedai Pisang Ijo Pemuda berkisar mulai harga Rp 24.000 dan untuk Es Kacang Merah pun sama, dan beberapa menu yang di tawarkan oleh Kedai Pisang Ijo Pemuda adalah :
  • Es Pisang Ijo
  • Es Kacang Merah
  • Es Kacang Vla
  • Es Pisang Kacang
  • Es Sirup Susu
Harga Pisang Ijo Pemuda
Menu Makanan Pisang Ijo Pemuda

Dan bagi para pembaca yang berkesempatan untuk datang ke Kedang Pisang Ijo Pemuda, saya sarankan untuk mencoba Es Pisang Ijo Kacang Merah dengan Vla. Sensasi yang dirasakan akan campur aduk dan sangat segar, apalagi di santap ketika siang hari pada saat suasana Kota Jakarta sedang berada di titik maksimal suhunya.



Suatu obat rindu kampung halaman, terkadang kuliner adalah jawabannya.

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar