Tips Ngeblog Ibu Rumah Tangga

http://www.myhealthybee.com/

Pada event Kumpul bareng Blogger yang saya hadiri pada 29 Oktober 2016 di gedung Bursa Efek Indonesia, sedikit membuka mata saya bahwa para blogger tidak selalu seorang pelajar yang mengalihkan habit nulis diary ke media internet berbentuk blog. Namun ada juga para ibu-ibu yang memang memiliki minat untuk menulis dan mulai belajar blogging sebagai sarana untuk membangun komunitas. Hal ini saya saksikan dalam acara tersebut, dimana para peserta event kebanyakan para wanita dengan background bermacam-macam baik mulai dari mahasiswi hingga ibu rumah tangga yang berkarir juga sebagai seorang karyawati sebuah perusahaan.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para ibu-ibu kepada narasumber mbak Tara Amel ketika event berlangsung, dalam pengamatan saya mbak Tara bukanlah seorang expert blogging SEO, sehingga penggunaan blog oleh mbak Tara tidak seribet para dollar hunter blogger pada umumnya. Dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh audience berikut beberapa saya rangkum untuk Anda para pembaca sekalian.

Q : Saya emang hobi nulis, pengen banget ngeblog. Blogging platform apa yang harus saya gunakan apakah tumblr, blogspot atau wordpress ?
A : Semua blogging platform itu bagus, masing-masing punya keunikan tersendiri. Semua tergantung kepada kita lebih nyaman untuk blogging dimana. Silahkan pilih salah satu. Tapi jika boleh bersaran, Blogger atau Blogspot merupakan platform yang baik dikarenakan itu adalah milik Google. Dukungan engine Google Analytic sangat membantu blog kita untuk berkembang.

Q : Blog seperti apa yang harus saya buat ? Dan apakah satu blog hanya untuk satu jenis tema saja ?
A : Blog dengan satu tema memang sangat bagus, hal ini jika memang blog tersebut direncanakan untuk kegiatan marketing di masa yang akan datang. Namun, untuk memulai blogging alangka lebih baik jika kita mulai dengan bercerita apa yang kita senangi. Apakah dunia parenting, kesehatan, beauty, fashion, kuliner dan lain sebagainya. Jika nanti dibilang blog gado-gado, coba pikirkan sebenarnya Anda ingin membuat blog sebagai rumah Anda atau ruko tempat Anda berjualan ? Jika sebagai tempat tinggal, tentu rumah adalah pilihan yang baik. Silahkan tentukan.

Q: Saya hanya tau cara nulis, tapi tidak tau cara desain blog biar tampilannya menarik atau bagus. Gimana sih caranya untuk membuat blog kita tampilannya bagus ?
A : Memang, selain originalitas konten tampilan blog yang bagus atau eye catching , user friendly menjadi salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan. Namun jika Anda adalah pemula yang ingin belajar ngeblog, cobalah untuk memfokuskan pada membuat konten atau cerita sebisa mungkin dan biasakan. Ketika Anda sudah merasa nyaman dengan aktifitas blogging, silahkan search atau download template-template blog yang tersedia baik secara gratis maupun berbayar. Tapi ingat, konten adalah yang utama ya.

Q : Saya udah punya blog, tapi visitor blog saya hanya teman-teman medsos saya sendiri, gimana sih cara ningkatin traffic visitor ?
A : Dengan memiliki visitor dari medsos, salah satu langkah publikasi yang Anda lakukan sudah benar. Itu adalah salah satu cara memperoleh visitor. Namun hal lain yang perlu diperhatikan adalah coba membuat konten yang Anda ketahui atau Anda kuasai dan benar-benar mengerti. Setelahnya pastikan setting deskripsi blog pada panel setting di dashobard blog Anda sudah jelas dan benar. Contohnya begini. Ketika di Blog Anda lebih banyak mengulas tentang dunia parenting dan fashion alangkah baiknya jika di deskripsi Blog Anda, Anda tulis "Mengulas dunia parenting dan Fashion terupdate", bukannya "Cerita curhat mamah muda". Yang kedua memang unik, tapi deskripsi yang pertama tentu lebih menerangkan secara spesifik apa yang Anda buat di blog Anda. Yang kedua adalah teknik Search Engine Optimizer yang mungkin perlu sedikit banyak membaca.

Q: Benar gak sih dari Blog bisa memperoleh penghasilan ?
A : Ya bisa tentu saja. Saya pun pernah dan sering merasakan meski terkadang agak sulit tapi inilah dunia Blogging. Aktifitas mencari pendapatan lain dari Blog sangat banyak. Yang populer dikenal adalah Google Adsense lalu ada Direct Advertising, dan yang paling real dan yang menjadi favorit saya adalah berpartisipasi dalam writing contest yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan yang ingin mempublikasikan produknya dalam acara tertentu.

Q: Google Adsense itu gimana sih ?
A : Google Adsense itu adalah salah satu layanan dari Google. Dimana seseorang bisa sebagai yang memasang iklan dan juga yang menampilkan iklan. Dan tentu saja pendapatan didapat ketika kita sebagai penampil iklan atau publisher. Untuk menjadi seorang publisher, Google Adsense  punya peraturan yang cukup ketat biasanya adalah usia blog kita yang minimal 6 bulan terindex dan telah banyak kontennya serta originalitas kontenya. Lalu kita harus memasang sebuah script di halaman blog kita, ketika iklan itu tampil dan ada yang klik iklan tersebut, barulah kita bisa mendapat dollar. Tapi jangan berharap terlalu besar. Karena per klik iklan nilainya cukup kecil, makanya kita bermain kepada visitor blog.

Q: Direct Advertising itu gimana ?
A: Kalau Direct Advertising itu kita langsung berhubungan kepada client untuk memasang banner di blog kita. Nilainya terserah kita. Namun tentu saja, sang client tidak akan langsung memasang iklan di blog kita jika pengunjung blog kita sepi. Biasanya para client akan memeriksa traffic blog para blogger dari website SimilarWeb. Di website itu kita bisa mengetahui jumlah pengunjung atau uniq visitor sebuah website. Semakin banyak pengunjung blog kita, tentu harga pasang iklannya juga akan semakin tinggi.

Q: Writing Contest itu gimana ?
A : Writing contest merupakan kompetisi menulis yang pada umumnya kita sang peserta kegiatan diminta untuk menulis atau mereview tentang sebuah produk. Contohnya ketika saya berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bluebird ini. Saya diminta untuk mereview tentang aplikasi pemesanan taxi yang baru disempurnakan sehingga saya membuat sebuah konten dengan judul Memanfaatkan Aplikasi Pemesanan Bluebird dan alhamdulillah saya menjadi juara favorit. Langsung mendapatkan voucher taxi dan payung. Lumayan lah. Meski agak kecewa karena yang saya incar adalah hadiah juara 1 yaitu action cam. Tapi Alhamdulillah.


Nah, itu adalah sedikit ulasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang umumnya ditanyakan atau dikhawatirkan oleh para blogger pemula. Saya pribadi sangat salut kepada para ibu rumah tangga, atau para blogger wanita yang memiliki kontribusi dalam dunia blogging. Blogging bukan sekedar aktifitas curhat semata, namun merupakan kegiatan untuk sharing, berbagi, sedekah dan meningkatkan serta menjalin komunitas bersama.

Semoga tulisan Tips Ngeblog Ibu Rumah Tangga ini berguna, dan jka ada pertanyaan silahkan kirim email atau komentar. Terima kasih.


 


Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar