Blog As Brand Marketing Strategy

Kumpul bareng Blogger

Hari ini saya menghadiri salah satu event "Kumpul Bareng Blogger" yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan investasi reksadana di Indonesia. Awalnya saya mengetahui tentang kegiatan ini dari sebuah whatsapp group milik Blogger Jakarta. Event ini sudah saya ketahui sejak beberapa hari, karena tepat saja dengan jadwal kerjaku yang masuk di shift III atau pada shift malam, akhirnya saya pun berkesempatan untuk menghadiri kegiatan perdana yang di publish oleh komunitas Blogger Jakarta.

Dari halim perdana kusumah, saya menuju ke gedung Bursa Efek Indonesia dengan keadaan lalu lintas sangat lancar. Bahkan, dengan kendaraan motor mulik saya, saya pun merasa seperti orang yang baru keluar dari tahanan. Melihat lalu lintas pagi tadi rasa-rasanya sangat melegakkan. Karena yang kita ketahui bersama, sepanjang jalan dari MT.Haryono menuju kawasan sudirman memang jalannya sangat lebar, namun tetap saja pada hari kerja jalanan tersebut seakan sangat sempit. Karena banyaknya jumlah pengendara di tambah lagi perilaku pengendara jakarta yang sangat buruk dan egois memperparah lalu lintas kota jakarta.

Untuk menuju Fx. Sudirman dari Halim Perdana Kusumah, saya hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit. Saya agak lama berputar-putar ketika masuk kawasan sudirman ketika jalanan ditutup sebagai akibat dari terselenggaranya acara fun walk oleh salah satu perusahaan. Berbekal bertanya bukan kepada google, saya pun berhasil masuk ke area parkir Bursa Efek Indonesia.

Setelah menitipkan kartu identitas pada petugas keamanan gedung, saya pun bertanya-tanya kepada petugas yang ada tentang pelaksanaan kegiatan kumpul blogger, yang ternyata nama kegiatan yang diketahui oleh para petugas adalah "PT. Phillip" sebagai penyelenggara. Saya sempat bingung, karena dari event invitation yang saya dapatkan, tidak ada namanya Phillip tapi ternyata itu adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Phillip Indonesia.

Setelah berhasil menemukan both registrasi peserta saya agak kaget melihat dari daftar pengunjung sudah ada nama-nama yang terprint di lembar hvs. Padahal info dari rekan-rekan Blogger Jakarta event ini tidak perlu registrasi dikarenakan pada event invitation tidak ada contact person untuk pendaftaran.

Oleh petugas yang berjaga di both registrasi saya diarahkan untuk menulis saja pada baris yang kosong identitas nama, nomor handphone dan email. Dalam pikirku, "Kok sepi ya"

Setelah mengisi daftar hadir saya diarahkan ke ruang Auditorium, tempat seminar milik Bursa Efek Indonesia ini sangat bagus dan cocok untuk acara seminar. Dan sepertinya pas. Namun bukan itu hal yang pertama kali muncul di pikiran saya ketika masuk di Auditorium ruang seminar Bursa Efek Indonesia. Yang muncul pertama kalinya adalah "Lha kok cuman segini?" Itu pikiran yang muncul memperhatikan jumlah peserta yang sudah ada di ruangan ketika saya datang pukul 08.30, tepat 30 menit sebelum acaranya dimulai. Tapi saya berpikir positif mungkin peserta lain sedang dalam perjalanan dana akan segera datang.

Dalam kebosanan dan kekakuan menunggu sambil clengak-clengok ke setiap peserta seminar yang datang. Tiba-tiba ada pesan whatsapp muncul dari dua orang rekan Komunitas Blogger Jakarta atas nama Yosan dan Rimuntho. Dengan menyebut posisi lokasi duduk mereka saya pun menghampiri, mencoba eska-esde kami mulai perbincangan soal isu-isu terhangan komunitas yang sedang dibahas secara padat di grup whatsapp Komunitas Blogger Jakarta setiap harinya.

Setelah lewat 10 menit dari waktu yang harusnya ditetapkan yaitu pukul 09.00 WIB sang MC pun membuka acara. Disini saya mulai curiga, "Kok bannernya semua tentang reksadana sih" tapi keingintahuan tentang tema event yaitu "Improve your writing skill, improve your passive income, inprove your financial plan" membuat saya untuk menahan diri tentang kecurigaan.

Sampai ketika MC mempersilahkan salah seorang President Director dari sebuah perusahaan reksadana dan dia mulai memberi sambutan tentang betapa pentingnya peranan reksadana dan investasi bagi kehidupan masyarakat membuat saya langsung menarik kesimpulan "Oke, ini adalah event marketing"

Blogger pada umumnya merupakan suatu objek marketing yang sangat seksi pada dewasa ini. Para pemilik kepentingan baik marketing, publishing or advertising seringkali menggunakan jasa para blogger untuk mereviw, mengulas, publish positif interest terhadap suatu subjek yang menjadi target mereka. Hal ini biasanya disisipkand dalam agenda-agenda seperti writing contest, SEO contest, dan lain sebagainya.

Mengapa blogger itu punya peranan penting ? Lihat saja seorang blogger yang cukup mahir dalam aktifitas blogging, memiliki visitor websitenya antara 500 - 1500 orang perhari. Itu hanya satu blogger, bagaimana jika diselenggarakan suatu kontes blogging dengan hadiah yang lumayan dan kontes menulis itu di publikasikan secara bagus, tentu partisipan dari acara kontes menulis tersebut sangat banyak dan bisa di bayangkan berapa orang yang akan membaca konten yang di buat oleh para partisipan.

Dalam hemat saya, poin utama bukan tentang betapa bagusnya para partisipan membuat konten artikel yang menarik, tapi seberapa besar dampak yang akan ditimbulkan dan berapa jumlah orang yang akan melihat konten tersebut.

Mengapa saya bilang konten tidak terlalu penting, karena seorang partisipan blog/writing competiton pastilah membuat suatu review yang baik dan menakjubkan sebagai usaha untuk memenangkan hadiah, dampak inilah yang bisa dipastikan bahwa semua konten yang dihasilkan oleh partisipan adalah artikel/konten positif. Dengan cara publish ke google/internet secara tidak langsung maka akan menciptakan review positif tentang suatu objek yang diperlombakan. Dan disinilah sebuah brand marketing strategy seorang blogger bekerja.

Sebagai seorang blogger, hal seperti itu adalah yang dimimpikan. Mendapatkan passive income dari sebuah event bahkan sebuah project writing content. Mungkin itu adalah upaya real yang juga saya lakukan untuk mendapatkan pemasukan. Karena bagi saya pun blogging untuk sharing ilmu, pengalaman dan pemikiran nampaknya lebih menyenangkan dari pada harus menulis dalam sebuah blog yang "nice" demi sebuah konten advertising adsense untuk mengharapkan dolar dari google.

Itu sah sah saja menurut saya, tapi nampaknya akan kurang enjoy dilakukan karena kita menulis untuk mesin pencari, bukan menulis based on what is our interest.

Ayo menulis, berbagi sebuah ilmu, pengalaman, pemikiran sebebas-bebasnya. Jika dulu kita pernah menggunakan internet sebagai ladang untuk mencari informasi. Mari analaogikan perilaku kita dahulu adalah konsumen. Ini adalah saatnya kita menjadi produsen. Produsen informasi, konten dan mari bagikan kepada dunia.

Start your blog, Now !

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.