Rabu, 29 Juni 2016

Tugas Local Guides

Add a new place #LocalGuides
Menjadi seorang Local Guides, seperti sebuah kesempatan untuk berkontribusi dan mencoba untuk mengeksplorasi kemampuan diri. Mengapa demikian ? Ya, menjadi seorang Local Guides sama halnya seperti menjadi seorang Blogger. Ketika menjadi seorang Blogger, kita dituntut untuk terus produktif dalam melahirkan konten menarik, terkadang ada orang yang melakukannya demi sejumlah uang dari beberapa fitur monitize advertising dan lain sebagainya, namun ada juga Blogger yang memproduksi konten hanya sebatas hobi semata. Ya begitu pula dengan Local Guides.


Local Guides sebuah hobi ? Ya bisa dibilang seperti itu. Pada saat modern seperti ini, dimana semua gadget rata-rata masyarakat didominasi oleh google, dengan support jaringan 3G hingga 4G dengan fitur GPS (Global Positioning System) yang selalu aktif, membuat kita selalu dapat melihat history kita bergerak. Jika tak percaya, silahkan Anda fitur aplikasi Google Maps Anda, pada bagian menu, pilih Lini Masa Anda, maka Anda akan dapat melihat titik dimana saja Anda berada selama seharian penuh, bahkan beberapa hari lalu, bahkan dalam waktu satu bulan hingga beberapa bulan yang lalu. Aneh bukan ? Tentu saja tidak.

Kehidupan modern membuat sekelompok orang mulai menunjukkan narsisme yang beraneka ragam, mulai dari publikasi gaya hidup traveling, wisata kuliner, aktif di komunitas keren, dan lain sebagainya. Dan beberapa media sosial mulai bermunculan dengan berbagai macam fitur, seperti Instagram yang bisa mentag foto, hingga Path yang bisa melaporkan waktu bangun/tidur kita. Ya, semua aplikasi media sosial tersebut semakin mengikat manusia untuk terus dan terus mempublikasikan dirinya. 

Jika dahulu orang mempublikasikan dirinya hanya dalam kesempatan tertentu dengan medium tertentu, saat ini orang dapat dengan mudah terpublikasi, mulai dari lingkupnya sendiri hingga lingkup yang sangat luas. Hal-hal sepele yang aneh, hingga sesuatu yang unik. Hanya dari seorang polisi yang menyanyi lagu india, hingga seorang mahasiswa dengan lantunan Al-Quran yang indah mampu terpublikasi oleh karena media sosial dengan gaya hidup modern saat ini.


Kalau dibilang membosankan menjadi seorang Local Guides, itu tergantung dari mana Anda melihatnya. Local Guides yang berhimpun pada Aplikasi Google Maps, bertugas untuk mereview tempat-tempat yang terdapat di Google, mengedit apakah tempat itu benar-benar sesuai tempatnya atau tidak, bahkan bisa memberikan penilaian, kritik dan hal lain sebagainya. Untuk apa ? Untuk para user google maps yang ingin atau mencari tempat tersebut tentunya.

Hal seru lain yang bermanfaat bagi sendiri tentunya, dapat belajar mengeksplorasi kata dan kalimat, mulai memberikan penilaian dan mencoba melihat sesuatu bisnis yang mungkin suatu hari kita bisa berkesempatan memiliki usaha tersebut. Bukan hal yang tidak mungkin bukan?

Untuk wilayah Jakarta sendiri, sudah ada komunitas Jakarta Local Guides, yang didalangi oleh para senior atau yang lebih dahulu mengembangkan dan eksplor tentang Local Guides tentunya. Dan anggota yang bergabung dalam komunitas tersebut cukup beraneka ragam. Saya melihat mereka, bak anggota komunitas Blogger Mojokerto dulu. Mereka berkumpul atas sebuah hobi yang sama, meski terkadang mahal namun dilakukan dengan enjoy tentunya. Mengapa mahal ? Tentu dengan koneksi internet, biaya kuota untuk upload foto dan lain sebagainya. 

Adalah sebuah momen yang indah ketika kita bisa berbagi cerita tentang suatu tempat kepada orang lain, bukan dengan maksud untuk menyombongkan diri namun untuk mereview dan memberikan penilaian sehingga orang tertarik untuk berkunjung ke tempat tersebut di lain hari.

Salam Local Guides !

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search