Menulis Untuk Belajar Dari Pengalaman



Syukur alhamdulillah saya ucapkan, terhadap apresiasi yang telah diberikan dalam hidup saya ini. Sebagai seseorang yang menggeluti dunia informasi, melalui media Blog sebenarnya saya tidak ingin menjadi terkenal atau sebagai penulis beken, saya hanya menggunakan blog sebagai sebuah buku album penyimpan kenangan. Salah satu bentuknya yaitu Blog ini menjadi pengarsip kisah perjalanan hidup saya selama kurang lebih 6 tahun ini.


Memulai blogging pada tahun 2009, dengan tidak memiliki sedikitpun bakat menulis dan sebagai penulis, saya pun memulai mengisi konten blog saya dengan beberapa artikel copy-paste, salah satunya mungkin mengisi konten lyrik lagu, dan yang paling membuat traffic blog saya ramai adalah ketika saya menyediakan link untuk download lagu peterpan yang saya upload ke server www.4shared.com namun sejak kepopuleran Peterpan menurun, menurun juga traffic pengunjung saya :(

Dalam menulis, saya tipe orang yang sangat sulit menemukan tema bahasan, namun sekali saya menemukan tema atau ide bahasan, maka jari akan dengan sendirinya menari diatas keyboard. Meskipun saya bukan musisi yang memainkan keyboard musik, setidaknya saya bisa membuat irama "tak-tik-tik-tak" dengan setiap pencetan jari saya pada tombol keyboard komputer tentunya.

Blogging utamanya menjadi alat saya untuk hijrah dari dunia gamers, ya sebuah dunia kelam pada masa pelajar dimana uang dihabiskan untuk membeli billing internet untuk bermain game di warnet. Ketika masih SMK dulu, memang saya bukan tipe anak gaul yang suka nongkrong dengan kawan membentuk geng motor, alasan pertama karena saya tidak punya motor, kedua saya tidak suka nongkrong sambil ngerokok dan sebagainya. Ya, sebagai anak tentara merokok adalah pilihan yang sangat pahit. Ketika dipukul teman sekolah mungkin hanya sakit sedikit, coba Anda bayangkan ketika Anda ketahuan merokok dan dipukul oleh Tentara yang notabene mereka dilatih untuk memukul bahkan membunuh orang terlatih juga. Itu sakitnya bukan main. Jika Anda bertanya mengapa atau dari mana saya tahu, tentunya saya sudah beberapa kali merasakannya :D

Dalam blogging mungkin terdapat beberapa konten artikel saya tentang puisi atau syair ga jelas, mungkin itu adalah ungkapan perasaan baper pada jaman istilah baper itu belum terkenal, jika saya seorang wanita, mungkin saya bisa mengungkapkan perasaan kepada rekan wanita yang lain sambil menangis mengharu biru, tapi akan lain cerita ketika seorang pria menceritakan kegalauannya dengan rekan pria yang lain maka salah satu solusi terbaik yang akan diberikan rekan sesama pria adalah "cari yang lain bro !"

Tapi dari hal itu sedikit saya bisa menyebutkan ternyata dalam keadaan nol, saya bisa menjadi sangat puitis. Dan jika disuruh mengulang lagi membuat puisi seperti itu, saya akan angkat tangan serta mengibarkan bendera putih. Dengan orang yang seperti sekarang ini, sulit bagi saya untuk merasakan dilema. Sudah banyak masalah yang saya hadapi membuat saya menjadi orang dengan pemikiran nol dan satu. Ya dan tidak. Ya, sebuah hasil dari proses yang buruk.

Alhamdulillah saya ucapkan, beberapa kompetisi Blogging yang saya ikuti terkadang menuai hasil yang memuaskan namun terkadang saya merasa saya bukan apa-apa. Peratama kali saya mengikuti kompetisi Blogging di wilayah Kota Mojokerto, saya sangat totalitas membuat artikel tentang Kota Mojokerto, tentang warga, situasi, kedilemaan saya, dengan berbekal sebuah handphone sony erricsson berkeliling kota Mojokerto berjalan kaki, saya mengabadikan beberapa foto dan membuatnya dalam beberapa artikel terpisah dengan sedikit bermalam di Warnet yang saya capai dengan sepeda ontel kesayangan saya dengan jok tingginya, membuat saya meraih Juara 1 Kompetisi Blogger Kota Mojokerto dengan background pemula. Rasa tidak percaya, salah satunya para guru di sekolah mengetahui tentang kabar tersebut yang saya sendiri tidak mengetahui dari mana mereka tahu hal tersebut. Yang saya pahami dari keikutsertaan saya pada kompetisi itu adalah, mungkin tidak ada partisipan lain yang cukup gila mengambil momen foto menggunakan handphone dan berjalan kaki sengaja membuat konten blog. Tapi saya melaukannya. Intinya mungkin totalitas.

Mulai dari situ, saya mulai terpacu untuk mengikuti beberapa event/kompetisi blogging lainnya, yang membuat saya jalan-jalan ke kota Malang, Surabaya untuk mengambil hadiah kompetisi, meski terkadang bukan Juara, menjadi pemenang favorit cukup menghibur saya yang seorang blogger amatiran atau karbitan ini.

Dan alhamdulillah, setelah menghilang dari dunia blogger karena kegalauan tidak pernah saya rasakan, saya masih memiliki setan blogger dalam diri saya. Saya mungkin tipe orang yang mudah mendeksripsikan sesuatu dalam sebuah tulisan Sehingga beberapa kali kompetisi yang berhubungan dengan menulis saya bisa meraih juara meskipun terkadang pemenang favorit.

Blue Bird Blogging Competition

Yang terakhir ini saya menjadi salah satu pemenang favorit untuk Kompetisi Blogging Blue Bird yang diadakan oleh PT. Blue Bird Semarang. Alhamdulillah hadiah senilai 200.000 voucher taxi. Jujur tidak menyangka, dan saya sangat kagum dengan melihat totalitas blogger pemenang juara 1,2 dan 3. Mereka sangat totalitas dalam membuat konten, dan mungkin hal itu yang saya lupakan ketika membuat konten untuk kompetisi blogging blue bird kemarin.

Entah sampai kapan saya akan blogging, yang jelas saya akan menulis, membuat arsip kisah saya disini. Meskipun nanti pacar/istri saya menginginkan saya menghapus cerita saya tentang mantan saya yang pernah saya tulis di Blog ini, saya akan tetap menjaga semua cerita, karena semua adalah pelajaran dan yang membentu saya sehingga menjadi seperti ini. Sakit hati, kecewa dan semangat berjuang semua saya arsipkan bagus dalam Blog ini, dan akan menjadi album indah ketika nanti saya bisa mempelajari dalam hidup saya bagian mana yang salah dan benar serta terlambat saya ambil. Bukan untuk saya tapi untuk anak-anak saya kelak, bagaimana harus memulai kehidupan, bagaimana peran saya nanti sebagai orang tua untuk menciptakan masa depan anak yang lebih baik dari pada saya.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.