Code Dedication

Screen Code by Sublime-Text
Sebagai seorang sarjana dengan gelar S.Kom, merupakan sebuah tanggungan yang cukup berat. Ilmu Komputer merupakan ilmu yang dianggap sebagai keahlian "dukun" pada saat ini. Ketika kalian memiliki masalah dengan gadget yang bermasalah, social media yang kena hack, sampai yang paling sering itu ditanya harga komputer. Please man, kita ini memang sarjana komputer, tapi yang namanya sarjana komputer itu sekarang bisa di bagi ke 7 jurusan yang beda masing-masing keahliannya. Bukan berarti seorang sarjana komputer mengerti ke 7 jurusan itu. Sekarang coba kalian tanya supir busway, ketika dia hanya tau rute kampung melayu - ancol dan disuruh untuk pindah rute, dia akan bingung. Sama seperti kami sarjana komputer, seorang dengan background Sistem Informasi akan pusing ketika di tanya tentang seperti apa itu Fiber Optic, begitu juga dengan anak jurusan Teknik Informatika, belum tentu mereka memahami seperti apa itu SAP R/3.

Can you imagine ? Computer Science its really complicated as your ex-girl/boy friend probably.  Tapi ya, karena saya tidak mau dianggap sebagai S.Kom sarjana kompor, saya berusaha untuk mendekati atau setidaknya memahami keilmuan komputer yang lain. Meskipun ketika ditanya orang saya harus membuka google chrome, but its really my savior. 

Selama kuliah saya hanya mempelajari tentang database, ilmu tentang fiber optic, finger print, wifi device, microtic router, etc. Saya mendapatkannya ketika mengikuti beberapa project senior. Ya tanpa berharap rupiah, setidaknya bisa dapat makan gratis selama project berlangsung. Menghemat pengeluaran atau uang kiriman orang tua tentunya.

Semasa SMK memang saya sangat menggemari apa itu coding, khususnya untuk Administrasi Server linux yang tebal bukunya hampir sama seperti bantal saya yang basah oleh iler, seperti itulah. Ketika kuliah, hal coding jarang saya temui, saya lebih sering untuk merangkai agar data bisa saling terhubung dan membetuk sebuah entitas-entitas guna menghemat pekerjaan sistem itu sendiri.

Setelah bekerja, muncul beberapa ide. Ya, saya kemakan omongan senior juga. Bahwa sebagai seorang karyawan, gaji tak akan pernah cukup jika tak memiliki usaha sampingan. Benar saja, ketika gaji itu ada bonus dan lain sebagainya, maka pada saat itu muncul juga pengeluaran yang mengagetkan tapi juga menyenangkan. Contohnya ada event running, beli sepatu running keluaran terbaru, atau ada film box office yang lagi booming secara bersamaan. Otomatis romantis, ada bonus atau tidak ada bonus menjadi sama saja.

Well, pada akhirnya saya memutuskan open order untuk orang yang membutuhkan jasa pembuatan website. Utamanya ya untuk memiliki dana cadangan bulanan, selain untuk menjaga agar skill programming tak hilang juga sih. Dengan membeli sebuah domain dengan alamat http://eightsun.web.id saya mencoba untuk membuat portfolio singkat sebagai media publikasi usaha sampingan. Tapi, semakin saya sering mempelajari tentang teknologi website sekarang, dengan berkembangnya HTML5, Bootstrap, dan beberapa framework terbaru semakin membuat saya tertantang untuk menekuni keahlian ini kearah expert. Karena ya tampak keren aja sih, ketika memulai coding, bukan keren karena ketika mengerjakannya harus nongkrong di sevel-eleven dan ngopi serta duduk dengan kacamata. Tapi karena sekarang beberapa software text editor seperti Sublime-Text membuat beberapa tag menjadi berwarna. 

Sebagai orang yang pernah 'kecemplung' dengan dunia seni karena masalah cinta jaman baheula, seni itu indah. Begitu juga coding. Beberapa deret baris code yang melekuk dengan warna warni menjadi sebuah lukisan tersendiri yang tampak menarik. Personally, i start loving this one.

Registering account on GitHub

Akhirnya saya mencoba mendaftarkan akun ke GitHub. Meskipun entah repository code seperti apa yang akan saya buat, setidaknya saya mulai mendekatkan diri dengan pergaulan para developer web. 

Running | Loving | Coding | Its new lifestyle.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.