Minggu, 31 Mei 2015

Kawah Putih Ciwidey

Kunjungan ke Kawah Putih Ciwidey
Pada kesempata kali ini, saya akan menceritakan tentang pengalaman perjalanan ke salah satu tempat romantis yang biasanya dipakai sebagai lokasi prewed orang Indonesia pada umumnya. Bagi kalian yang masih jomblo dan tidak tahu mau mengajak siapa dan entah tidak punya tujuan untuk mengabadikan momen romantis disana, oke please ignore this article !

 Siapa yang tidak pernah mendengar Kawah Putih Ciwidey ? Saya yakin seluruh masyarakat Indonesia pernah mendengar nama tempat tersebut dan bahkan sudah sering melihat foto-foto tempat itu, tapi mungkin sangat dikasihani jika sampai saat ini belum bisa mengunjungi tempat tersebut. Ya, Kawah Putih Ciwidey, merupakan tempat favorit bagi para muda-mudi untuk mengabadikan momen romantis, tempat yang terhampar warna-warna cerah seperti putih dan biru muda, juga warna kehitaman dari pohon-pohon mati semakin membuat atmosfir romantic tempat ini semakin kental. 

Tapi tahukah kamu, untuk menuju tempat itu dengan menggunakan kendaraan umum, bukanlah perkara mudah. Oke sedikit saya akan menceritakan bagimana kisah perjalanan saya dari Jakarta menuju Ciwidey menggunakan kendaraan umum. Ya kendaraan umum, dengan kantong karyawan perantauan yang baru lulus kuliah 6 bulan lalu, memiliki kendaraan bermotor sudah menjadi kebanggaan, untuk memiliki mobil ? Oke mungkin 5 tahun lagi baru saya akan cerita tentang travelling menggunakan mobil pribadi, amin.

Kita mulai dari kendaraan yang digunakan untuk menuju Bandung, untuk ke Bandung dari Jakarta terdapat beberapa alternatif kendaraan, kalian bisa menggunakan kereta, bus atau bahkan travel. Untuk saya sendiri, untuk menuju Ciwidey saya menggunakan Bus Primajasa dari Cililitan menuju Bandung dan turun di Terminal Leuwi Panjang, tarif bus ac executive yaitu Rp. 75.000, waktu tempuh untuk rute Cililitan-Leuwi Panjang memakan waktu sekitar 3 Jam perjalanan, sedikit saran jika kalian hanya merencanakan perjalanan 1 hari, alangkah baiknya untuk berangkat menuju bandung sepagi mungkin. Bus sudah tersedia mulai pukul 04:00. 

Setelah tiba di terminal Leuwi Panjang, berjalanlah ke arah depan sisi kanan terminal, dan cari kendaraan Elf atau minibus dengan tujuan Ciwidey. Untuk satu kali perjalanan perorang, tarifnya Rp 12.000 dengan waktu tempuh 1 jam. Dan tantangan selanjutnya adalah setelah kalian tiba di terminal ciwidey, kalian akan mulai dikejar-kejar oleh para guide jalanan atau penduduk lokal. Biasanya mereka adalah para tukang ojek dan para supir angkot yang menawarkan jasa mengantarkan kalian ke beberapa lokasi wisata yang terdapat di ciwidey. Ya di Ciwidey bukan hanya terdapat Kawah Putih saja, namun terdapat beberapa destinasi wisata lainnya seperti Batu Cinta, Situ Patenggang, Pemetikkan Teh, dan beberapa lokasi lain.

Ketika kalian tiba di terminal ciwidey, dan hanya ingin pergi menuju Kawah Putih, segeralah menuju angkot warna kuning dengan rute ciwidey-patenggang. Dan abaikan beberapa supir angkot yang menarik kalian dan menawarkan bahwa dia akan mengantarkan kalian langsung ke depan Kawah Putih. Kenapa ? Karena para supir angkot ini punya tujuan marketing lain yaitu mereka akan menawarkan kepada Anda untuk menggunakan jasa carter kendaraan, bagi kalian yang berangkat dengan jumlah orang yang banyak mungkin jasa supir tersebut bisa menjadi pilihan, tapi jika kalian berangkah hanya berdua atau sendiri, itu adalah sebuah kecelakaan. Karena mereka akan mematok tarif yang cukup tinggi yaitu Rp 400.000 untuk sehari carter kesemua lokasi wisata yang ada. Padahal jika kalian menggunakan kendaraan angkot dari ciwidey ke kawah putih, hanya membutuhkan biaya Rp 12.000 dengan waktu tempuh 30 menit. Dan jika kalian lebih memilih untuk tidak menggunakan jasa carter angkot ini, yang perlu kalian perhatikan adalah, angkot dari kawah putih untuk menuju terminal ciwidey hanya tersedia sampai pukul 16:00 dan jika kalian sampai terlambat, tamatlah sudah. Kalian harus mencari ojek dan pada umumnya akan meminta tarif yang cukup tinggi yaitu Rp 75.000 perorang untuk mengantarkan kalian sampai ke terminal ciwidey.

Setelah tiba di objek Wisata Kawah putih, biaya masuk perorang yaitu Rp. 33.000 sudah termasuk biaya shelter dari pintu menuju ke lokasi kawah putih, dari gerbang menuju kawah putih menggunakan shelter membutuhkan waktu 15 menit, namun untuk menggunakan shelter ini harus terdapat 12 orang penumpang. Shelter ini disediakan oleh pengelola wisata kawah putih.

Setelah tiba di kawah putih, alangkah baiknya jika kalian langsung menggunakan masker demi keselamatan :D karena cuaca yang tidak menentu maka mempersiapkan masker menjadi prioritas utama. Jika kalian tidak membawa masker, tenang saja karena sudah ada para penjual masker yang menyediakannya dengan harga Rp 5.000 perbuah. 

Nah, kalian bisa bebas berfoto-foto sambil mensyukuri kenikmatan yang telah Tuhan ciptakan, sebuah lancscape yang sangat indah terdapat di bumi ciwidey. Dan satu lagi, di lokasi tersebut terdapat tukang foto langsung cetak, dan untuk menggunakan jasa mereka kita cukup membayar Rp 10.000 untuk sekali foto.

Oke sampai disini dulu cerita saya, inti dari cerita ini sih agar kalian lebih berhati-hati terhadap para supir angkot yang memanfaatkan kesempatan para wisatawan yang datang. Jangan sampai, berkunjung ke Negeri sendiri lebih mahal dari berkunjung ke Negeri orang. Tempat wisata di Indonesia masih banyak dan semua sangat Indah, tergantung kalian mau explore tempat-tempat wisata itu atau tidak.






Selagi muda, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berpetualang. Bekerja oke, jalan pun oke ! Sampai jumpa di cerita perjalanan berikutnya ya.








Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search