Generasi 90 Bangsaku di 2015



Generasi 90 Bangsa Indonesia, saat ini mereka sudah berusia rata-rata 20 tahun. Usia yang cukup matang untuk mengambil sebuah keputusan besar dalam hidup mereka masing-masing. Di banyak media bisa kita lihat berbagai jenis generasi coba menyuarakan suaranya kepada khalayak luas, melalui media sosial mereka masing-masing, melalui media cetak dan elektronik yang diberitakan oleh orang lain, dan juga oleh dinding-dinding bisu disudut-sudut jalanan Negara ini.

Ya, generasi 90 sudah cukup usia untuk menunjukkan karyanya kepada Bangsa, bisa kita lihat generasi 90 kini mulai memberanikan diri untuk memunculkan identitas dirinya tanpa malu. Ada yang berapi api dengan ideologinya, ada yang muncul dengan berbagai ukiran dan gantungan yang melekat pada mereka. Ya itu adalah generasi 90. 

Di suatu sudut, mungkin kita akan pesimis dengan generasi ini, tersudut di jalanan Kota, berkeringat mencari pekerjaan, disudut lain didalam kantor ber-AC generasi 90 lainnya sedang bekerja dengan jam kerja teratur, dan disudut lain terdapat generasi 90 yang sedang dalam pelatihan guna mengikuti kegiatan perlombaan tingkat Internasional, tapi kita tidak akan lupa bahwa disuatu tempat di Negara ini terdapat generasi 90 yang sedang dalam kecemasannya dikejar oleh pihak berwenang karena telah melanggar hukum.

Ya itu adalah sedikit gambaran generasi 90 yang sudah mulai memunculkan identitas diri, nah kini untuk Anda generasi 90 identitas apa yang ingin Anda tunjukkan kepada Negara ? Apakah dengan bersuara keras membawa bendera meneriakkan realitas Bangsa dengan ideologi yang Anda miliki, atau Anda akan sibuk dengan pekerjaan Anda dalam memainkan jari dalam sebuah papan berlayar datar, atau Anda berusaha memperkaya diri dengan cara berkejar-kejaran dengan bapak-ibu aparat ? Ataukah Anda akan menundukkan diri, menumpuk buku serta mengamati keadaan sosial yang berkembang disekitar Anda.

Marilah kita lihat 10 Tahun lagi wahai generasi 90, siapakah pemenang dari semua ini. Generasi 90 yang mana yang akan membawa Indonesia menuju Era Keemasannya di ulang tahun ke 100 nya nanti ? Saya sebagai salah satu generasi 90 pun merinding membayangkan seperti Bangsa apa kita nantinya untuk 10 tahun lagi. Generasi pendemo kah, generasi berprestasi kah, generasi apatiskah, atau generasi pekerja kah yang akan memenangkan persaingan ini ?

Berbuat terbaik untuk sekitar, apapun pekerjaanmu. Usaha kecil takkan pernah sia-sia. Apapun itu !

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.