Pilihan Menjadi Mahasiswa



Mahasiswa, ya sebuah jalur yang ditempuh bukan dengan waktu yang singkat. Jalan ini merupakan pilihan yang bisa dibilang sebagai jalur pengharapan seseorang terhadap karir dan kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Namun pertanyaannya, apakah semua selesai dengan hanya mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas-tugas dan mengikuti ujian yang digelar setiap beberapa bulan sekali ? Tentu saja jawabannya tidak !

Ketika Anda mengambil keputusan untuk melanjutkan studi dari jenjang Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan ke jenjang Diploma atau Sarjana bahkan Magister atau Doktor, segera siapkan diri Anda untuk menyibukkan diri dan mensetreskan diri dengan berbagai macam kesibukan perkuliahan. Dan siap-siap terbunuh kebosanan olehnya. Mengapa demikian ? Oh ayolah bung, beberapa diantara kalian mungkin berpikir ketika menjadi mahasiswa cukup dengan mengikuti perkuliahan secara rutin, berusaha dekat dengan dosen, mendapat nilai sempurna dalam setiap penugasan dan ujian saja cukup, silahkan ucapkan selamat tinggal dengan angan-angan Anda untuk hidup makmur nanti. Kenapa demikian ? Ketika Anda telah menetapkan diri menjadi mahasiswa, maka banyak sekali fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk menghebatkan diri Anda. Yang perlu kita garis bawahi disini adalah bukan berarti hanya mengikuti perkuliahan tidak bisa menghebatkan Anda.
Pengetahuan itu penting, tapi kecakapan serta pergaulan juga sangat penting untuk mengembangkan kemampuan Intrapersonal Anda.

Disini saya sangat prihatin, dengan beberapa mahasiswa yang menyia-nyiakan waktunya hanya untuk berkuliah dan sekedar bergaul. Padahal, banyak sekali aktifitas kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi, Instansi Militer dan Swasta, Unit Kegiatan Mahasiswa yang dilewatkan oleh mereka. Padahal jika mengikuti pendidikan atau kegiatan tersebut mengurangi waktu untuk hadir dalam kuliah, namun pasti terdapat sisi baik dan positif tergantung pemilihan tema kegiatan tersebut. Ada juga kegiatan tidak jelas, seperti ya mengikuti acara untuk mengangkat baliho dan menyuarakan yang terkadang mereka tidak tahu duduk permasalahan yang tengah mereka bahas. Namun semua tergantung kalian mahasiswa.

Manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin selagi keuangan, waktu dan juga pikiran masih mampu mengemban semua itu, karena waktu tidak akan pernah kembali. Anda akan menjadi mahasiswa yang sangat menyesal ketika Anda sadar bahwa semua terlambat. Mengapa demikian ? Karena ketika sedang bekerja, dikantor terdapat sebuah Map coklat berisi foto. Penasaran apa yang ada didalam amplop tersebut, saya pun dengan lancang membuka isi amplop tersebut. Dan ternyata itu adalah curriculum vitae salah satu calon karyawan dengan pendidikan terakhir sarjana. Namun pengalaman karirnya tidak menunjukkan dia seorang sarjana.

Nah sekarang, disini semua terserah pada Anda. Karena kesulitan adalah jawaban dari setiap perilaku apatis Anda terhadap keadaan sekitar, Anda pilih sengsara sekarang ketika Anda tengah menjadi mahasiswa atau sengsara ketika Anda menjadi Sarjana kelak. That's absolutely your choice !


Picture By : http://supersyahrir.deviantart.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.