Jakarta Survival



Survival, merupakan salah satu materi dalam Pendidikan Dasar Militer di Resimen Mahasiswa. Pada kali ini saya tidak akan membahas tentang seperti apa pahit dan manisnya pendidikan Menwa, tapi bagaimana kalian para anak rantau Jakarta dapat survive di kota Jakarta. Apalagi untuk kalian yang masih mendapat kiriman serba pas-pasan bahkan kurang dari orangtua. Bagaimana caranya agar kalian bisa selamat dengan pergaulan Jakarta yang menyesatkan bagi mereka yang tidak kuat iman. Sedikit saja saya ceritakan apa yang perlu kalian persiapkan.

1. TEKAD

Tekad, iya tentu. Sebelum kalian menginjakkan kaki di Kota Jakarta silahkan kalian tentukan dulu apa yang ingin kalian kejar di Kota ini, apakah pendidikan atau bahkan karir. Jika sudah kalian tentukan silahkan kalian cari tahu apa-apa saja bahaya yang akan kalian hadapi ketika menginjakkan kaki di Kota ini. Disini saya ingin sedikit berbagi cerita, satu hal yang pasti akan kalian hadapi jika kalian perantau diusia 18 tahun keatas adalah Narkoba. Ya, bagi kalian anak rantau Jakarta hal yang paling dekat dengan kalian adalah Narkoba, mungkin dari jenis yang paling dekat yaitu ganja. Nah disini tinggal kalian bagaimana membangun benteng setebal dan sepanjang tembok cina. Bagaimana caranya agar kalian mampu menolak dengan sopan segala rayuan teman agar kalian mencoba narkoba dan bagaimana cara kalian menebalkan hati dibilang "kampungan" karena menolak tawaran rekan Anda untuk menjajal Narkoba. Jika sekali saja Anda menerima tawaran tersebut, ucapkan selamat tinggal pada cita-cita Anda.

2. CITA-CITA

Hidup di Jakarta tidak mudah kawan ! Terlalu banyak ujian yang akan kalian hadapi nantinya, semua hal yang terjadi akan berusaha menggoyahkan diri Anda untuk terjerumus dalam pergaulan yang suka atau tidak suka akan menghanguskan seluruh impian Anda. Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat bertahan dari semua godaan itu ? Kuncinya adalah Cita-cita. Tanamkan itu selalu dalam pikiran Anda. Cita-cita adalah tujuan hidup. Dengan adanya godaan dari lingkungana tau pergaulan selama Anda pahami bahwa Anda memiliki cita-cita atau tujuan hidup yang ingin Anda raih, tentunya hal tersebut akan selalu menyadarkan Anda ketika Anda melakukan hal yang negatif. Diibaratkan bahwa cita-cita Anda adalah garis pembatas dalam lintasan yang Anda lalui, ketika Anda terlalu banyak berbelok maka disitulah fungsi garis pembatas akan segera menghantam Anda.

3. CERDAS BERGAUL

Cerdas bergaul adalah ini dari semuanya mengapa demikian ? Karena hal yang momok selama Anda numpang hidup di Jakarta adalah salah memilih rekan bergaul. Mulailah cerdas untuk memilih rekan dalam bergaul. Bergaul atau bersosialisasi tentu harus, tapi jangan sampai salah pilih. Buang jauh-jauh pemikiran ingin dibilang sebagai anak gaul Jakarta. Mereka dengan Anda adalah sama, bedanya hanya penggunaan kata "gue" dan "elo" dalam kehidupan sehari-hari, selebihnya sama. Salah pilih teman artinya kiamat !

4. LINGKUNGAN YANG AMAN

Oke, selama numpang hidup di Jakarta, pilihlah lingkungan yang aman, aman dari segi kejahatan ataupun lingkungan yang rawan terhadap pergaulan narkoba. Untuk wilayahnya silahkan Anda cari sendiri di berita baik dari facebook, televisi atau manapun, daerah mana-mana saja yang jarang terjadi tindak kriminal bahkan wilayah peredaran Narkoba. Untuk rekomendasi, silahkan Anda pilih daerah Jakarta Timur. Karena di daerah ini biaya kos masih terbilang murah dibanding wilayah lain di Jakarta. Dan juga menurut pengalaman penulis, daerah ini terbilang jarang tindak kriminal dibanding wilayah yang lain. Hanya saja, lebih rawan banjir. Pandai-pandailah memilih lokasi untuk tempat tinggal. Nyaman tidak harus mahal, hanya perlu kesabaran dalam mencari.

5. CARI KEGIATAN POSITIF

Jakarta ini ibarat Toserba alias toko serba ada. Disini kalian bisa mencari dan mendapat apapun yang kalian mau. Dari hal yang benar sampai yang salah, semua ada disini. Tinggal bagaimana kalian mau mencari. Sama halnya untuk pekerjaan atau kegiatan disela-sela kegiatan kuliah. Intinya kalian harus mampu mencari kegiatan yang positif untuk menyelamatkan orangtua Anda dari kabar buruk tentang Anda yang sedang merantau di Jakarta.


Nah itulah sedikit tips bagaimana bertahan hidup di Jakarta, Alhamdulillah penulis sudah 5 tahun numpang hidup di Jakarta. Dan penulis bersyukur masih mampu bertahan hidup di Kota ini. Studi selesai dengan tepat waktu, sekarang mendapat pekerjaan dan terhindar dari hal-hal buruk. So, selamat berjuang !






Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar