Makna Menulis

Makna Menulis oleh Ichsan Yudha Pratama

Menulis, ya sebuah aktifitas yang mungkin sulit dilakukan beberapa orang. Menulis merupakan sebuah kegiatan untuk mencurahkan pikiran, ide, cerita, kisah, perasaan dengan melantunkan bait-bait tulisan. Saat menulis, bagi yang tak terbiasa mungkin untuk membuat satu paragraf saja merupakan kesukaran yang luar biasa. Namun bagi yang telah terbiasa, menulis seakan menjadi media dalam melampiaskan emosi yang dirasa.

Saat ini, kegiatan menulis telah gemar digandrungi oleh khalayak ramai, tanpa sadar dengan adanya media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya masyarakat mulai membiasakan diri untuk menulis sebuah cerita tentang dirinya untuk dibagikan kepada orang lain. Meski disadari, menulis sebuah aktifitas dan perasaan yang sedang dirasakan dalam sebuah media sosial berbeda rasanya ketika menulis sebuah cerita sepanjang kisah yang dimuat oleh sebuah blog.

Blog, merupakan media modern yang diciptakan guna menyalurkan hobi dalam menulis, dengan blog kita bisa dengan mudah mempublikasikan karya tulis baik cerita ataupun pengalaman kepada orang banyak melalui internet. 

Bagi saya, menulis merupakan hobi dimana mampu mencurahkan keseluruhan keluh kesah dan untuk memotivasi diri saya sendiri, dengan dibumbui harapan-harapan semua tulisan yang kubuat tentang kisah hidup berasal dari pengalaman pribadi dimana sebagai pembelajaran diri sendiri tentang apa dan bagaimana harus kulalui kehidupan ini.

Saya sendiri merasa, bahwa menulis mampu melepaskan keseluruhan emosi yang kurasakan, sempat terlintas bagaimana media blog menjadi curahan hati ketika diputus pacar ketika beranjak kuliah dulu, ketika entah mau bercerita kepada siapa, blog lah yang menjadi pelampiasan setidaknya saya memandang bahwa kegiatan pelampiasan ini akan bermakna positif untuk memotivasi diri saya agar menjadi pribadi yang lebih berguna lagi. Blog juga menjadi sebuah pengabadi momentum saya bersama rekan seperjuangan saya di Kontrakan Nusantara, juga bagaimana pengabdian saya selama menjadi Komandan di Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur.

Menulislah, sebuah kegiatan untuk mengabadikan beberapa momentum dalam hidup saya dalam kurun waktu sekitar 7 tahun belakangan ini, meski kusadari bahwa saya pun tidak menjadi seorang blogger aktif, mengingat kesibukan saya dalam kedinasan Menwa dan juga beberapa kegiatan lain dan juga kegiatan menempuh pendidikan. Ya, tentu saja menjadi seorang Mahasiswa bidang Sistem Informasi yang selalu berhubungan dengan internet, tak membuat saya dapat terus menulis dalam blog, karena untuk saya menulis harus mengalir, ya seperti ketika saya menulis artikel ini. Semua mengalir begitu saja, jari-jari saya dengan lentiknya menari diatas keyboard notebook perang yang telah menemani saya selama 6 tahun ini.

Alhamdulillah, menulis merupakan kegiatan dalam mencurahkan emosi, ide, pikiran yang belum tentu dapat didengar oleh orang yang berada disekitar saya. Saya sendiri lebih menyarankan untuk menulis di media blog, bukan di media sosial. Karena setiap momen akan terasa lebih berkesan ketika dapat menceritakan dengan detail bukan ?

Salam Blogger :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.