Jumat, 12 September 2014

Daftar Online BPJS JKN

Daftar Online BPJS JKN
BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, sedangkan programnya yang dilaksanakan adalah bidang kesehatan dan ketenagakerjaan. Kali ini saya akan membahas mengenai program BPJS-JKN yang lebih ngetren dipanggil sebagai Jaminan Kesehatan Nasional yang berguna untuk mengatasi permasalah Kesehatan yang terdapat dimasyarakat dengan memberikan fasilitas kesehatan secara gratis namun dalam pelaksanaannya masyarakat secara aktif saling membantu bahu membahu dengan cara setiap bulan memberikan donasi dengan beberapa kelas berbeda sesuai kemampuan perseorangan atau keluarga dimana masing-masing kelas memiliki jenis layanan yang berbeda, ada kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Disini kita sedang membahas fasilitas kesehatan ya, bukan tingkatan sekolah dasar menengah pertama atau sekolah menengah atas :D

Hari ini saya dan kekasih saya hendak mengurus JKN, ya sebagai salah satu mahasiswi keperawatan dia sangat mengerti dan paham betul tentang kesehatan salah satunya manfaat fasilitas kesehatan yang diberikan BPJS-JKN tersebut, sebagai orang awam bidang kesehatan saya pun meng-iyakan keinginan kekasih saya itu untuk membuat kartu Jaminan Kesehatan Nasional di kantor terdekat. Setelah mencari alamat terdekat dari GPS, saya menemukan kantor cabang BPJS Jakarta Timur yaitu di Jalan Balai Pustaka Timur, tepatnya dekat Rumah Sakit Persahabatan Rawamangun. Dengan mengendarai motor kami berdua menuju kantor tersebut, setibanya di lokasi ruko-ruko dimana lokasi kantor BPJS Jakarta Timur berada, kami masuk ke kantor tersebut, dan bingung dengan kondisi yang ada di dalam ruangan tersebut, karena terdapat sekumpulan orang berkemeja rapi sedang riuh membahas mengenai data dan lain sebagainya, karena melihat persyaratan yang tertera di salah satu X Banner bahwa pengurusan JKN harus membawa fotocopy KTP, KK, NPWP, Akta Lahir, Foto 3x4 1 lembar, kami berdua pun sempat putus asa karena cukup banyak juga dokumen yang harus kami persiapkan.

Dalam lamunan kami, seseorang yang tengah antri bertanya hendak apa kami ditempat ini, setelah menjelaskan maksud dan tujuan kami, kami diarahkan menuju gedung yang letaknya berseberangan dengan gedung yang saat ini kami berada. Ternyata untuk mengurus Kartu Jaminan Kesehatan Nasional berada digedung yang lain, sedangkan kantor yang awalnya kami datangi adalah tempat pengurusan berakas bagi perusahaan.

Setelah mendapat arahan dari salah seorang pengunjung tadi, kami bergegas menuju gedung seberang, dan setibanya di gedung tersebut, saya pun bertanya kepada satpam apakah masih bisa mengantri namun satpam tersebut menjelaskan bahwa batas pelayanan antri sudah tutup dan diharapkan kembali lagi besok dan pada waktu pagi hari, dalam hati percuma saja datang. Lalu tiba-tiba terdapat seorang ibu yang mengeluh bahwa dia sudah antri sejak pagi dengan berdesak-desakan namun sampai saat ini pun belum terlayani. Susah juga ya membuat Kartu JKN pikirku, dan dengan sedikit optimis kulanjutkan niat untuk membuat kartu JKN tersebut, kutanyakan kepada satpam apa saja berkas-berkas yang harus kami siapkan untuk membuat kartu JKN ternyata berbeda dengan persyaratan awal yang tadi saya baca digedung awal kami datang, dokumen yang perlu disiapkan adalah fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy Kartu Tanda Penduduk, NPWP jika ada, dan hanya itu, dan satpam pun menjelaskan saat ini sudah ada pendaftaran online melalui website tanpa perlu antri.  Nah, disitulah awal saya mulai tertarik, sebagai salah satu orang yang membidangi dunia IT, saya cukup kagum dengan BPJS yang tengah mengimplementasikan sistem secara online. Dengan sedikit rasa senang tidak harus mengantre saya dan kekasih saya memutuskan pulang dan membuatnya secara online.

Setibanya di rumah, meski lelah kami tetap melanjutkan tujuan kami hari ini yaitu membuat kartu JKN, mendapat informasi website untuk membuat kartu JKN dari satpam kantor BPJS saya pun mengetik url website resmi BPJS yaitu http://bpjs-kesehatan.go.id, dibagian sebelah kiri terdapat menu layanan Pendaftaran, untuk pembaca yang ingin mencoba mendaftar secara online pastikan komputer atau notebook kalian yang kalian pakai telah terinstall plugin java atau software java karena sistem pendaftaran menggunakan aplikasi java.

Sistem Pendaftaran Online BPJS Kesehatan terbilang cukup mudah, kita tinggal membuka website BPJS Kesehatan, klik pendaftaran, dan mengisi informasi sesuai Kartu Identitas kita sesuai KTP dan Kartu Keluarga, jangan lupa pada kolom email, gunakan email yang masih aktif dan sering digunakan, dan faskes atau fasilitas kesehatan isilah sesuai dengan lokasi atau tempat yang paling dekat dengan kediaman Anda karena lokasi tersebut adalah sebagai tempat awal Anda berobat, setelah Anda mengisi informasi yang terdapat pada formulir pendaftaran, seperti identitas diri, kelas rawat sesuai biaya yang mampu Anda bayarkan setiap bulannya, dan pemilihan fasilitas kesehatan lalu klik simpan, selanjutnya Anda tinggal membuka email dan meng-klik kata Aktivasi maka Anda akan menuju sebuah alamat link yang berisi form pendaftaran, virtual account dan pencetakan e-ID JKN, setelah mendownload dokumen yang diberikan, catat nomor virtual account yang diberikan oleh BPJS, biasanya memiliki awalan 88888, setelah Anda catat, segera menuju ATM terdekat untuk membayarkan sejumlah biaya sesuai pilihan Kelas Rawat yang Anda pilih pada proses pendaftaran tadi, untuk Kelas Rawat III Anda hanya perlu membayar sejumlah Rp 25.500. 

Untuk pembayaran Virtual Account ini, hanya 3 Bank yang ditunjuk, yaitu BRI, BNI dan Bank Mandiri, tinggal pilih menu pembayaran dan pilih pembayaran virtual account, dan masukkan nomor virtual account yang tadi Anda dapatkan, dan bayarkan sejumlah nominal Kelas Rawat Anda. Setelah berhasil membayarkan segera buka email Anda kembali, dan buka email yang tadi di kirimkan oleh BPJS setelah itu klik lagi link yang tadi diberikan oleh BPJS, maka akan ada pilihan ketiga yaitu cetak e-ID BPJS JKN, maka selamat Anda telah memiliki ID Jaminan Kesehatan Nasional, Anda tinggal print sesuai ukuran KTP, dan jangan lupa laminating agar bentuknya lebih menarik dan awet.

Berikut dalah tahapan untuk Anda bisa memiliki Kartu Jaminan Kesehatan Nasional secara mandiri, dan tidak perlu mengangtri dari jam 08.00 sampai 16.00, Cukup melalui browser, dan gunakan atm atau sms banking atau internet banking maka dengan waktu singkat Anda telah memiliki kartu JKN dan berperan serta secara aktif dalam pelaksanaan program pemerintah bidang kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pripsipnya disini adalah saling membantu, sekarang lebih memilih mana membayar JKN atau membayar asuransi kesehatan dari perusahaan asing yang nilainya WOW. Saya sudah punya JKN, kamu kapan ? :D

Maju terus Sistem Pemerintahan Indonesia :D 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search