Resiko Pada Penyelaman Scuba

Resiko Penyelaman
Sumber : berita.plasa.msn.com


Berbicara mengenai olahraga, sudah pasti harus berbicara resiko. Meski bermaksud untuk memiliki kebugaran, olahraga pun dapat menjadi penyebab terhadap kematian. Tak terkecuali ketika kita menyelam. Manusia diciptakan untuk hidup didarat, dan bernafas dengan menggunakan hidung dan ketika ingin merasakan sensasi menyelam untun menikmati pemandangan biota laut dan ekosistemnya yang sangat indah, sudah tentu bernafas menggunakan mulut dan bergerak didalam air sudah menjadi keharusan.

Hampir semua akfititas olahraga mengandung resiko, demikian pula dengan aktifitas menyelam, Anda wajib memahami hal-hal yang berkaitan dengan resiko penyelaman sebelum menjadi peselam nantinya.

Menyelam pada dasarnya mirip dengan terjun payung, keduanya merupakan aktifitas dengan resiko yang relatif kecil jika dilakukan dengan menggunakan peralatan yang layak dan terawat dengan baik, berpegangan pada ketentuan dan prosedur keamanan serta dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan yang relatif AMAN. Namun, keduangan sama-sama dapat mengakibatkan resiko yang FATAL, jika mengabaikan ketentuan dan prosedur keamanan yang direkomendasikan.

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai resiko cedera atau luka yang mungkin terjadi berkaitan dengan aktifitas selam, apa saja yang perlu diwaspadai sebagai resiko yang berbahaya dan bagaimana cara menghindari resiko tersebut.

Jika Anda nantinya menerapkan seperti yang diajarkan saat Anda mengikuti Kurus dan Latihan selam, paling tidak Anda sudah meminimalkan resiko yang mungkin terjadi dan dapat lebih menikmati aktifitas penyelaman.

Kondisi tubuh yang tak layak untuk menyelam dapat menjadi sumber kearah hal-hal yang dapat membahayakan saat penyelaman. Instruktur atau pelatih Anda akan menjelaskan hal-hal penting yang perlu Anda lengkapi sebelum mengikuti Kursus dan Pelatihan selam berkaitan dengan kondisi yang layak untuk menyelam.

Sebagai gambaran umum dari beberapa resiko penyelaman adalah berkaitan dengan perubahan tekanan saat turun dan naik terhadap rongga-rongga udara di tubuh Anda, dimana dapat mengakibatkan Squeeze dan pengembangan yang mengakibatkan luka pada jaringan tubuh, apabila tidak terequalisasikan. Juga resiko terbentuknya gelembung udara dalam sistem tubuh peselam saat naik kepermukaan, jijka tak mengikuti prosedur penyelaman dan muncul yang semestinya, yang dikenal dengan penyakit Dekompresi.

Disamping itu, Anda juga perlu memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan lingkungan penyelaman, baik gelombang, ombak, arus, kondisi jarak pandang / visibility, aneka kehidupan bawah air yang dapat membahayakan atau melukai Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.