Prasyarat untuk Menjadi Peselam

Syarat Menjadi Peselam
Penyelaman di Benoa

Berbicara menyelam, menjadi sebuah keinginan semua orang, terutama bagi anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang lebih banyak dari orang dewasa. Hanya melihat kehidupan laut dari televisi yang ditonton semakin bertambah besar rasa ingin tahunya terhadap kehidupan yang ada dibawah air tersebut. Nah sekarang, bagaimana syarat untuk menjadi peselam ?
Siapapun yang berusia minimal 14 tahun, dan memiliki kondisi tubuh yang sehat serta layak medis untuk melakukan kegiatan menyelam yang dinyatakan dengan melengkapi pernyataan riwayat penyakit serta surat keterangan dari dokter sebelum memulai Kursus dan latihan selam tentunya.

Latihan Kualifikasi Renang Dasar
Latihan Berenang
Sumber Gambar : kodim0314.blogspot.com


Anda sebagai calon peselam harus pula mampu memenuhi beberapa kemampuan dasar di air, antara lain :
  1. Berenang sejauh 200 meter nonstop
  2. Berenang sejauh 12 meter dibawah air (apnea)
  3. 10 menit mengayuh dipermukaan air (water trappen), tanpa bantuan alat.
Kemampuan diatas dibutuhkan sebagai dasar kelayakan fisik yang nantinya bermanfaat untuk adaptasi lebih lanjut terhadap keterampilan-keterampilan yang akan dilatih nantinya.

Seperti Anda ketahui, menyelam merupakan aktifitas yang mengandung resiko, jika Anda belum mengetahui apa saja resiko penyelaman silahkan baca terlebih dahulu artikel mengenai resiko pada penyelaman scuba yang pernah kami tulis disini di Resiko Penyelaman Scuba. Anda perlu memahami kondisi-kondisi yang ada selama terlibat dalam aktifitas penyelaman, resiko apa saja yang mungkin terjadi dan bagaimana prosedur keamanan yang semestinya diikuti.

Dengan memahami materi yang telah Anda dapatkan serta selalu mengikuti instruksi secara utuh dari Pelatih Anda, maka hal ini akan meminimalkan resiko yang mungkin timbul dan memaksimalkan hasil akhir yang semestinya Anda terima.

Mari jelajahi pesona keindahan bawah air

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.