Kini Menjadi Warga DKI Jakarta

Akhirnya perjuangan untuk mendapat KTP telah selesai. Setelah melewati perjalanan panjang dan melelahkan. Bagi rekan-rekan mahasiswa atau pekerja yang berpindah domisili saya sarankan untuk segera mengurus atau membuat KTP ditempat tinggal kalian yang sekarang agar dikemudian hari jika diminta syarat administrasi untuk keperluan tertentu seperti Ktp di domisili maka kalian akan lebih siap, mengapa demikian?  Karena proses mengurus KTP dengan mengikuti prosedur sangatlah lama.

Sedikit bercerita, KTP asal saya dari Mojokerto Jawa Timur dan saat ini saya mahasiswa semester akhir di Universitas Borobudur Jakarta, untuk keperluan pekerjaan saya harus membuat KTP Jakarta, dan baru sekarang setelah 4 tahun bersomisili di Jakarta saya membuat KTP.

Prosedur membuat KTP untuk pindah domisili yaitu :
1. Terdekih dahulu harus mencabut berkas kita di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah kita, proses ini harus melewati permohonan pindah domisili yang dibuat di kelurahan asal kita, selanjutnya membuat SKCK di kantor poles setempat, setelah mendapat semua berkas selanjutnya berkas dibawa ke kelurahan Domisili tujuan kita.

2. Setelah berkas pindah domisili dr kelurahan, kecamatan, Disdukcapil dan Poles asal kita rampung selanjutnya persiapan KTP dan KK penanggung di daerah domisili tujuan kita.

3. Buat surat pengantar pindah domisili yang dikeluarkan pejabat RT dan RW.

3. Keseluruhan berkas difotocopy rangkap 2 lalu bawa ke kelurahan domisili tujuan. Prosesnya sekitar 30 menit jika tidak ada kekurangan data.

4. Data yang telah ditandatangani oleh lurah dibawa ke kantor kecamatan.

5. Berkas yang telah ditandatangani pejabat Kecamatan dibawa ke kantor walikota bagian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Disini prosesnya sekitar 2 minggu paling lama.

6. Setelah Anda mengambil berkas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dari Kantor Walikota bawa berkas tersebut kesanto Kelurahan.

7. Dihari ini saya sarankan Anda berpakaian rapi dan sedikit berdandan karena hari itu akan dilakukan foto untuk KTP.

8. Setelah foto Anda akan diminta kembali lagi ke kelurahan 2 hari mendatang.

9. 2 hari setelah foto, saya ucapkan selamat karena KTP Anda telah ditangan.

10. Fotokopi Ktp dan KK yang baru Anda dapatkan dan perbarui ke pejabat RT setempat sebagai arsip.

Begitulah sedikit proses untuk mengurus KTP pindah domisili. Jadi sebelum itu benar-benar dibutuhkan, saya sarankan untuk dibuat dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.