Selasa, 23 April 2013

BIMNIS Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Resimen Mahasiswa Jayakrta


Hari ini hari kedua kegiatan pelaksanaan BIMNIS bagi Resimen Mahasiswa Jayakarta dimana peserta terdiri dari jajaran Pimpinan di masing-masing Satuan yang mana kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan KEMENTRIAN PERTAHANAN.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 15 - 17 April 2013. Keseluruhan Kegiatan dimaksudkan agar para peserta yang merupakan jajaran pimpinan dimasing-masing kesatuan, mampu mengaplikasikan Bela Negara dalam bentuk yang lebih mudah dicerna dan tentunya tepat sasaran.
Salah satu narasumber yang berkesempatan hadir mengisi materi yaitu Dr. Ir. M. Hutabarat selaku Dirjen Pothan Kemhan dan juga Laksamana TNI Sudarsono, ST, Msc selaku Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan.




Kegiatan terbilak menarik, karena keseluruhan Materi diisi oleh pemateri-pemateri yang mampu memberikan motivasi atau pemahaman yang tidak membosankan. Banyak sekali peserta yang berinteraksi atau terlibat dalam diskusi-diskusi untuk memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi.

Kegiatan ini didukung oleh Pusdiklat Kwarnas Gerakan Pramuka ddimana Dr. Joko Mursitho,M.Si selaku Kapusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka turut hadir dalam berbagai kegiatan.
Hasil yang diperoleh selama mengikuti kegiatan tersebut yaitu,

1. Dalam Bela Negara, tidaklah harus menjadikan paradigma "Militer" sebagai pondasi. Artinya Militer hanya alat atau penggerak, namun rasa kecintaan dan rasa ingin berkorban pada tanah air tempat kehidupan inilah harus secara sukarela berkorban tanpa berharap sesuatu apapun.
2. Mulai mengenal SESOSIF yang artinya, untuk melaksanakan Bela Negara perlu didukung oleh Spiritual, Emosional. Sosial, Intelektual dan Fisik yang mumpuni.
3. Memahami Bela Negara dimana memiliki pengertian :
a. Kecintaan terhadap Tanah Air.
b. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara.
c. Meyakini kebenaran ideologi Pancasila.
d. Kesanggupan untuk berkorban terhadap.
Bangsa dan Negara.
e. Kemampuan awal Bela Negara.



Resimen Mahasiswa Jayakarta Satuan Universitas Borobudur (http://menwaunbor.org) merupakan suatu Komponen Bela Negara yang berada di Universitas Borobudur yang memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga nilai-nilai ideologi Pancasila didalam hati dan sanubari keseluruhan Civitas Akademika Universitas Borobudur agar mampu dan mau berkorban demi Bangsa dan Negaranya tanpa berharap apapun. Hanya berdasarkan rasa Cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jayalah Resimen Mahasiswa, satu langkah demi Kemajuan Bangsa !

Komando Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur - MenwaUnbor®








Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search