Rabu, 07 Desember 2011

Purnama Menghenti

Cahaya Purnama | Cahaya Bulan | Bulan Bintang | Bulan
Bulan Purnama

Purnama, cahaya penuh yang bersinar mengisi kelam saat malam tiba, terkadang menjadi penghibur dalam keruwetan pikiran yang bercampuraduk dengan hal-hal yang kulalui disini. Kesukaanku terhadap bulatan bercahaya itu sudah lama kurasa, mungkin sejak 4 tahun yang lalu, ketika itu saya sedang merindukan tempat kelahiranku di Papua sana, yah hanya keindahan purnama yang bisa mengobati rasa rinduku terhadap kampung halaman. Ya, kampung halaman meski sebenarnya saya bukanlah keturunan asli Papua namun disanalah tempatku kembali. Kota kelahiran, tempat yang ingin kupijaki kelak. Kerinduanku terhadap kota itu, dikarenakan keindahan tempatnya, dan mengingat masa-masa kecilku bersama Almarhum kakak sepupuku yang selalu menghabiskan waktu bersama dalam kebodohan anak berusia 8 tahun. 

Begitu banyak kenangan indah, entah kegiatan bersama keluarga, panorama alam, semua hal-hal yang membuatku ingin segera kembali ke kota Mutiara Hitam. Ya, tempat itu kini bagai gudang para atlet nasional. Bisa dibilang, semua orang papua memiliki figur yang sangat kuat. Mereka telah terbiasa dengan sesuatu yang tidak nyaman, mereka memiliki nilai lebih dalam menjadi apapu. Salah satunya ketika mereka menjadi atlet nasional. Dengan kondisi fisik yang telah terbiasa tertempa, mereka memang senjata siap tempur, hanya membutuhkan sedikit polesan untuk menghaluskan diri mereka. Itulah para permata hitam dari timur Indonesia.

Kembali kepada masa kecilku, semua kenangan begitu indah. Dan mungkin, suatu saat lagi saya akan kembali kesana. Meski hanya beberapa hari karena Bapatua (Kakak tertua dari Ibu) memintaku untuk mengajarinya tentang Spesifikasi dan penggunanan Teknologi Komputer dan jaringan disana. Yah, akhirnya ilmu yang kupunya bisa membawaku untuk menebus rindu pada kota itu, kota kelahiranku, kota tempatku kembali, Kota Jayapura.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search