Simpul Merah Darah, Tanggung Jawab

Komandan Latihan | Komandan Menwa | Komandan Resimen Mahasiswa Batalyon 027/BS Universitas Borobudur | Universitas Borobudur
Komandan Latihan Pralatihan Dasar Militer TA 2011
Pralatihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Batalyon 027/BS Universitas Borobudur TA 2011, akhirnya selesai dan sukses dilaksanakan. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 25 - 27 November 2011 diikuti oleh 7 peserta didik yang berasal dari tiga fakultas yakni Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi Universitas Borobudur.

Kegiatan yang sangat menguras tenaga, pikiran, serta begitu banyak pengorbanan tersebut, diharapkan mampu melahirkan seorang pemimpin dimasa yang akan datang. Ya mungkin tidak akan ada tujuan yang muluk-muluk, hanya saja ingin menciptakan seorang garuda muda kebangsaan bangsa. Kami selaku Satgas (Satuan Tugas) berharap banyak apa yang kami lakukan, dapat bermanfaat baik bagi peserta dan juga bagi kami para satuan tugas Pralatiha Dasar Militer Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur. 

Selama kurun waktu tiga hari, begitu banyak problem yang kuhadapi sebagai Danlat (Komandan Latihan) entah dalam menata agar kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar, mengatur segala hal yang entah terkadang tidak sejalan dengan apa yang ada dibenakku sendiri. Sekali lagi, ketidakkuatanku itu tertepis oleh sebuah lilitan simpul merah darah yang berada dilengan kananku. 

Tali Kur Merah, merupakan suatu simbol keramat tanda kekuasaan tertinggi diemban oleh seorang anggota, sebuah tanda bahwa seluruh kendali dipegang olehnya mungkin hingga kejadian sekecil mungkin. Membuang pikiran menyombong dengan kekuasaan yang didapat selama pendidikan, saya sendiri ternyata masih harus banyak belajar untuk dapat lebih memahami arti simbol simpul merah darah. 

Yang terngiang olehku sekarang adalah, bukan hanya peserta didik Pralatihan Dasar Militer yang mendapat pelajaran, bahkan saya seorang ketua pelaksana atau Komandan Latihan pun banyak menerima pelajaran bagaimana menjadi seorang pemimpin. Memang, mempelajari 11 asas kepemimpinan di suatu siang di ruangan ber-AC memang sangat membuat diri ingin tidur, namum lain halnya ketika anda langsung mempraktikkan bagaimana untuk melakukan 11 Asas Kepemimpinan tersebut. 

Mungkin ini adalah kepercayaan yang diberikan, dan kuucapkan syukur Alhamdulillah kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat dukungan semua elemen Satuan Tugas Pralatihan Dasar Militer TA 2011 - Resimen Mahasiswa Batalyon 027/BS Universitas Borobudur. Tanpa adanya dukungan mereka, tak akan ada artinya saya bisa berada ditengah-tengah mereka menjadi pemimpin mereka bersama dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Semoga apa yang kami harapkan dalam membentuk suatu generasi yang mengerti dan paham akan semangat bela negara dapat memberikan sebuah sumbangsih kecil akan dukungan kami terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah semangat kecil
Widya Castrena Dharma Sidda
Penyempurnaan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan. 

Bravo Menwa Universitas Borobudur dan Jayalah selalu !





Danlat Pralatsarmil 2011 
a.n. Kaur Diklat




Ichsan Yudha Pratama 
NBP 10920734550

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar