Duta Internet Sehat

Internet Sehat | Duta Internet Sehat | Internet Bermanfaat | Manfaat Internet | Internet Sehat |
Online atau OL merupakan sesuatu yang sangat populer kini dan sangat sering kita dengar. Sebuah kalimat yang sangat erat berhubungan dengan koneksi Internet ini semakin berkembang seiring dengan meledaknya kepopuleran internet sebagai fungsi jejaring sosial atau social networking.
Sosial Networking atau Jejaring sosial merupakan salah satu manfaat yang bisa kita dapat dari penggunaan Internet. Ada yang menggunakan jejaring sosial untuk hanya sekedar mencari koneksi, teman,sahabat, pacar, teman kencan, dll. Namun terdapat juga sebagian orang yang menggunakan jejaring sosial tersebut untuk melakukan fungsional lain, seperti untuk mengembangkan bisnis, jaringan, bahkan bisa saja mereka membuat jejaring sosial sebagai alat marketing mereka. Yah, semua itu memiliki fungsi tersendiri dan manfaat tersendiri di balik penggunaan internet bagi tiap-tiap individu.
Dibalik manfaat internet sebagai fungsi mempererat hubungan atau ralasi. Internet pun memiliki banyak fungsi lain. Salah satu fungsi internet yang paling beken adalah sebagai media mencari informasi. Kini internet bak perpustakaan moderen. Di dalamnya kita bisa saja meraih informasi apapun, dari yang disarankan oleh malaikat, hingga yang di bisikkan oleh setan. Misal saja, di internet kita bisa mencari informasi tentang pelajaran, tugas kantor maupun kuliah, info tempat-tempat kuliner, info perjalanan, pokoknya segala hal bisa didapat. Namun, informasi yang buruk pun tak lepas didalamnya.

Fungsional dari internet sendiri, tergantung dari tiap individu masing-masing. Seperti ilmu kanuragan Jawa. Internet bisa membawa kebaikan jika dijalankan pada jalan kebenaran, dan juga internet bisa saja menjadi malapetaka jika disalah gunakan. Mungkin ini adalah perumpamaan yang sangat tepat jika kita menelaah tentang manfaat dan dampak dari internet sendiri.

Bagaimana tidak, saat ini internet diagung-agungkan karena sarat akan manfaat. Namun internet pun di cemooh karena dampak yang di timbulkan karenanya. Mungkin kita pernah mendengar salah satu Rapper Indonesia yang menyanyikan lagu Online. Dari beberapa bait syair lagu tersebut, ada yang menyebutkan bahwa kegiatan Online bisa saja memberi dampak yang buruk.

Sepertinya, jika sehari saja kita tidak Online(Melakukan koneksi ke Internet) maka di dalam diri kita merasa ada sesuatu yang lengkap atau kurang. Contoh saja ketika itu kita tidak memiliki pulsa handphone untuk Online, maka bak orang kecanduan narkoba kita pasti berusaha agar bisa Online ke akun jejaring sosial kita. Entah dengan cara apapun, yang penting bisa Online.

Para pembaca, semua hal itu pernah kurasakan sendiri. Bagaimana internet mempengaruhi jalan hidup saya sekarang. Pada mulanya saya berkenalan dengan koneksi internet yaitu ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama di Kota Mojokerto. Tepatnya di SMP Negeri 7 Kota Mojokerto. Pada awalnya, saya hanya menggemari bermain Game, karena ketika duduk di Sekolah Dasar saya memiliki prestasi yang baik, orang tua menghadiahkan saya seperangkat PC Komputer dengan spesifikasi bagus yang mantap untuk digunakan bermain Game. Dari situlah, hobby saya menggila sebagai seorang Gamers. Hingga pada suatu ketika sepulang sekolah, beberapa kawan saya mengajak saya ke sebuah Warnet Game Online. Ketika itu, muncul dalam benak saya, Warnet Game Online ? Makanan apa sih itu ? Game koq Online ? Ketika saya masuk ke Warnet tersebut, terbelalak mata saya melihat begitu banyak pemain game, memainkan game yang sama dengan keramaian suara game yang keluar dari speaker komputer tersebut. Di dukung tempat yang agak kurang cahaya, serta suara yang keras, seakan tempat tersebut memiliki atmosfir tersendiri bagi kita yang masuk ke dalamnya. Game Online sendiri merupakan suatu jenis permainan yang dilakukan dengan bantuan koneksi internet dengan perangkat komputer yang tertampung dalam sebuah penampung yang disebut server agar bisa saling terhubung atau terkoneksi antar pemainnya. Dari situlah hari demi hari pun berlanjut, kegiatan hari-hariku berlanjut dengan menghobbykan sesuatu yang gila yaitu bermain game online. Hampir tiap hari aku menghabiskan uang orangtua senilai Rp.100.000,- untuk memuaskan nafsu bermain game itu. Ketika masa-masa itu, aku pun mulai bangga disebut sebagai seorang Gamers. Sebutan bagi para PENGGILA Game Online. Suatu kumpulan anak-anak yang kerjanya menghabiskan uang orangtua, tak memperdulikan bagaimana susahnya orangtua mencari segepok uang demi pendidikan mereka. Pengalaman pribadiku sendiri ketika berada dalam masa itu adalah, pada saat itu, aku memang merasa bahwa aku sangat berbeda dengan teman-teman disekitarku. Mereka mempunyai dunia sendiri, sedangkan aku pun demikian. Mereka memiliki realitas remaja mereka, sedangkan aku, aku memiliki Dunia maya, tempat aku bersenang dari segala yang kurasa bahwa itu susah.

Kegilaan itu memuncak, ketika aku duduk di bangku kelas 8 atau Setara dengan kelas 2 SMP. Dimana pada saat itu, aku mulai memberanikan diri untuk menginap di warnet game online. Bermain game online dari malam hingga pagi. Tanpa memperdulikan kondisi fisik dan statusku sebagai seorang anak dan juga pelajar. Memang disekolah, aku merupakan siswa yang cukup berprestasi dulu, namun ketika mengenal hal tersebut, perlahan-lahan prestasiku pun menurun. Tak lagi ada rasa ingin meraih nilai tinggi di kelas, tak ada lagi rasa ingin menjadi yang nomor satu dikelas. Yang kutahu hanyalah bagaimana game online ku bisa sangat hebat. Dalam kegiatan belajar mengajar, wali kelasku mulai menyadari ada yang salah dari kelakuanku. Ketika aku sering mengantuk ketika pelajaran Matematika, ketika aku mulai berani membolos ketika ada pelajaran Lab. Bahasa Inggris. Semua itu kulakukan bersama teman-temanku. Dan tiba saat kemarahan wali kelasku itu memuncak. Kami semua para penggila game online di kelasku itu, di hukum oleh wali kelasku. Namun dari kami berenam, hanya saya yang tidak dihukum. Wali kelasku hanya berkata kepadaku "Jangan kamu kecewakan orangtuamu,". Perkataan itulah yang masih kuingat hingga sekarang, walau ketika itu perkataan itu tidak terlalu ku nalar karena kegilaanku terhadap Game Online.

****

Pada kelas 9 atau setara kelas 3 SMP, aku mulai mengurangi kegiatanku bermain game online. karena aku masih mengingat bahwa aku tak ingin mengecewakan ibuku. Seseorang yang sangat mengharapkaku sebagai seorang anak tertua dari tiga bersaudara. Ketika itu, aku mulai memiliki keinginan menjadi sebuah Programmer Game di sebuah perusahaan Game Development terbesar di Indonesia. Hingga saat nilai UAN muncul dengan nilaiku yang lumayan tinggi. Aku memberanikan diri untuk mengikuti tes masuk Sekolah Menengah Kejuruan dengan mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Dalam benakku ketika itu, Komputer dan Jaringan. Sebuah rangkaian kata yang sepertinya tidak jauh dari jangkauanku sebagai seorang Game Online. Seorang yang sudah sedikit menyelam tentang apa itu komputer dan internet. Mungkin karena kebiasaanku yang bisa dibilang sebagai hobby yang penuh nafsu.

Tes demi tes agar diterima di SMK tersebut aku lalui dengan penuh semangat, ya tentu saja agar bisa menjadi seorang Programmer Game. Mulai tes NUM, tes tulis,tes kesehatan dan yang trakhir tes interview. Mungkin dari sedemikain banyak tes yang kulalui, tes interview merupakan tes yang menjanggal hingga saat ini. Ketika itu, terdapat salah seorang guru yang melempariku dengan pertanyaan demikian :

Guru : "Kamu ambil Jurusan apa?"
Aku : "Ambil Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Bu,"
Guru : "Memangnya kamu pengen jadi apa?"
Aku : "Ingin jadi Programmer game Bu,"
Guru : "Lho, kalo mau jadi programmer game, kan mending kamu ambil Teknik Multimedia?"
Aku : "Habisnya, saya sudah terlanjur ngerti komputer sama internet siih Bu,"

Yap, betul sepertinya aku memang salah mengambil jurusan. Hingga akhirnya hasil kelulusan diumumkan, nama Ichsan Yudha Pratama berada di selebaran siswa yang diterima di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto Tahun Ajaran 2007/2008. Itu adalah saat yang sangat menggembirakan bagiku, karena aku sudah satu langkah kedepan mendekat keinginanku menjadi seorang Programmer Game.

Sebagai seorang pelajar di sekoah SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Aku lebih mendalami apa itu komputer, bagaimana itu komputer dan tentunya internet secara mendalam. Namun hobbyku bermain Game Onlinepun tak kunjung lepas. Hingga pada Akhir kelas 10 atau setara kelas 1 SMK, aku melihat nilai standar yang tercantum dirapotku. Perasaan malu muncul, ketika orangtua membannga-banggakan anak orang lain dibanding anaknya sendiri. Darisitu perasaan kacau pun muncul. Tak ada lagi semangat untuk belajar, tak ada lagi semangat untuk berprestasi. Yang kutau saat itu, adalah bagaimana aku bisa bermain game online sampai puas. Yah, pikiran bodohku itupun muncul dikarenakan suasana di keluarga yang tidak harmonis antara setiap anggota keluarga. Broken Home ? Mungkin bisa dibilang demikian.

Pada saat kelas 11 atau kelas 2 SMK, kebiasaanku yang tertidur ketika jam pelajaran, malas mengerjakan tugas, mulai dianggap aneh oleh seseorang yang dekat denganku ketika itu. Karena keakrapan yang mulai kunilai lebih, aku pun berjanji padanya untuk mengakhiri semua hobby dan keinginanku. Semata-mata untuk dia, semata-mata juga untuk diriku sendiri dan yang terkhusus adalah untuk ibuku. Dengan dorongannya, aku menghentikan segala aktifitasku bermain game online. Aku beralih pada kegiatan yang sudah tentu berhubungan dengan bidang yang kutempuh kini sebagai seorang Teknisi Komputer dan Jaringan. Aku mulai mengalokasikan uang jajanku untuk membeli buku-buku serta majalah tentang komputer, jika ke warnet, aku mulai membuka website-website yang berhubungan dengan dunia IT dan mungkin beberapa saat untuk jejaring sosial. Dari saat itulah aku memperdalam lagi dan menjauhkan diriku dari yang namanya GAPTEK (Gagap Teknologi). Pengertiangaptek disini adalah bahwa saya menggunakan internet dengan fungsi yang benar. Saya mulai berkenalan dengan dunia Chatting, Sosial Networking, dan yang terkhusus adalah Blog. Istilah Blog sendiri kudengar ketika melihat satu acara di salah satu stasiun TV Swasta Indonesia yang membahas tentang Blog. Apa itu Blog, bagaimana itu Blog, pokoknya segala hal tentang Blog. Dari situ timbul rasa ingin mencoba dan mendalami Blog.

Pada awal menjadi seorang Blogger, aku mulai mengisi konten-konten Blogku dengan menjiplak hasil karya Blogger lain. Dan mungkin istilah yang paling tepat untukku ketika itu adalah Plagiator. Yah, maklum saja itu adalah kebiasaan para blogger pemula. Dan karena aku sendiri seorang remaja yang mulai mengenal lawan jenis. Aku pun mulai mengisi Konten Blogku dengan bait-bait bertemakan cinta teruntuk seseorang yang spesial bagiku. Hingga pada akhirnya, di dinding kelasku tertempel sebuah Pamflet bertuliskan "Kompetisi Blog Kota Mojokerto 2009". Ketika membaca isi dan syarat-syarat dari kompetisi tersebut, aku memberanikan diri menargetkan menjadi Juara 2. Entah kenapa, muncul rasa percaya diri yang sarat didalam benakku. Berbekal dengan Kamera handphone 3,2 Pixel aku memburu foto-foto yang dapat menjadi inspirasiku menulis artikel yang sesuai tema kompetisi tersebut. Sesekali aku pun membuka website Komunitas Blogger Mojokerto sebagai penyelenggara Kompetisi tersebut. Disana aku melihat peserta-peserta yang sepertinya sudah sangat ahli atau expert di bidang Blog ini. Sempat aku melontarkan Nyali yang ciut karena pesaing yang sepertinya sangat mahir dalam bidang ini. Namun muncul tanggapan untuk umpatanku tersebut. Tanggapan itu muncul dari Ketua Blogger Mojokerto. Yang berkata bahwa, jangan pernah patah semangat, yang penting kita bisa mencurahkan apa pikiran kita tentang tema. Dialah pemenangnya. Hal itulah yang memotivasi saya agar segera menyelesaikan artikel-artikel saya demi memenangkan kompetisi tersebut. Bak orang gila berpakaian ala Jogging, aku berjalan memotret sudut-sudut Kota Mojokerto dengan kamera handphoneku. Satu demi satu gambar kudapat, muncul berbagai keinginanku untuk menulis membebaskan pandanganku tentang apa yang berada di benakku ketika itu. Setelah semua gambar kudapat, dan menepatkan waktu libur untuk pergi ke warnet untuk menulis serta mem-publishnya ke media Blog. Aku mengerjakan dari pagi hingga larut malam. Entah berapa gepok uang yang kubayarkan ke tempat rental warnet tesebut karena aku mulai browsing dari pagi hingga tengah malam. Rasa-rasanya ku masih bisa merasakan saat-saat aku pulang dengan rasa lapar, ngantuk plus rasa puas karena telah mengungkapkan segala unek-unek yang ada dipikiranku ketika itu tentang kota Mojokerto yang mungkin juga aku telah puas karena telah menyelesaikan materi lomba.

Juara Blogger | Juara Kompetisi Blog | Juara Kompetisi Blogger | Juara Internet Sehat | Duta Internet Sehat | Juara Kompetisi Blogger Mojokerto | Kompetisi Blogger Mojokerto| Juara Internet Sehat Bermanfaat | Internet Aman

Tiba pada saat pengumuman pemenang, ketika itu kabar bahwa aku menjadi Juara 1 Kompetisi Blog Kota Mojokerto 2009. Tak pernah kusangka aku bisa melewati target dari juara 2 bahkan hasilnya lebih baik. bagaimana tidak, bayangkan saja bagaimana seorang pemula dibidang Blog bisa menjadi juara 1. Perasaan bangga saat itu muncul tapi bercampur rasa heran yang mendalam. Seakan hidup di dunia mimpi. Dan dari situlah, semangat berprestasi mulai kembali muncul. Dari seorang yang menghabiskan uang, menjadi seseorang yang mendatangkan uang. Jujur saja, itu adalah kalimat yang ku gores dalam benakku ketika itu. Aku ingin membuat orangtuaku bangga, aku tidak ingin mengecewakan ibuku.

Dari situ, aku mulai semangat mencari informasi-informasi tentang Perlombaan Blog dari Google (Mesin Pencari). Sepertinya aku haus akan prestasi, prestasi tentang bidang yang kusenangi kini, prestasi pada Hobby yang bermanfaat kini. Tentu saj ia adalah Blog. Dari situ, aku mulai mengikuti perlombaan-perlombaan Blog. Tentu saja dalam setiap perlombaan kadang menang kadang juga kalah. Aku bukan seorang Power Ranger Blogger yang akan selalu menang di semua kompetisi agar para penontonnya senang. Kadang aku menang, dan kadang aku pun kalah. Dari kekalahan itu aku mulai belajar dan belajar. Salah satu kemenangan yang pernah kuraih yaitu sebagai Still Winner pada Kompetisi Blog Universitas Ma Chung Malang. Dua artikelku tentang Nasionalisme mendapat respon yang banyak. Selanjutnya para Kompetisi Blog yang diadakan oleh Telkom Speedy di kota Surabaya. Ketika itu aku meraih Juara Harapan. Rasanya adalah sangat puas jika kita bisa meraih prestasi dari sesuatu yang kia sukai. Memang penyesalan selalu timbul belakangan. Dari situlah, aku mulai ingin dan ingin terus berprestasi. Tak ada kata terlambat bukan ? Ini semua bukan semata-mata diperuntukkan untuk orang lain. Namun ini semua kulakukan demi Orangtuaku, demi Ibuku dan tentunya untuk diriku sendiri. Sebagais seorang pelajar, sangatlah iri melihat teman kita bisa berprestasi sedangkan kita tidak. Rasa sedih dan membodohkan diri sendiri, itu adalah hal yang pasti kita lakukan karena kita tidak memiliki apapun untuk dibanggakan.

Duta Internet Sehat | Pelantikan Duta Internet Sehat | Internet Sehat
Dari sedikit pengalamanku itu, kini ketika aku berada di Kota Metropolitan jakarta Untuk menempuh kuliah di Universitas Borobudur. Aku pun berkeinginan menjadi Duta Internet Sehat. Aku ingin menceritakan pengalamanku, menceritakan bagaimana Internet memberikan pilihan. Internet merupakan sumber informasi, baik Informasi yang bermanfaat dan juga informasi yang berdampak buruk. Menurutku, semua itu tergantung bagaimana kita bisa memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Apakah kita menggunakan internet hanya untuk mencari konten porno, atau kita memanfaatkan internet dengan berbagai hal-hal positif. Kini sudah banyak website-website yang berbaik hati membagikan ilmunya, entah ilmu komputer, ilmu desain, ilmu agama, ilmu kesehatan, ekonomi dan bahkan masih banyak lagi bidang-bidang yang kita senangi ilmunya bertaburan di Internet. Tergabntung kita, mau belajar atau tidak. Mau berprestasi atau tidak. Mau membanggakan orangtua atau tidak.

Apa yang kita anggap buruk, tidaklah selalu buruk. Apa yang kita anggap baik, tidaklah selalu baik. Jangan pernah menilai sesuatu hanya dari bungkusnya, jangan pernah menilai sesuatu dalam waktu yang singkat. Kita adalah generasi muda Indonesia, jangan kita rusak moral kita dengan adanya internet. Mari kita jadikan internet sebagai suatu senjata kita untuk belajar, senjata kita untuk berpresatsi dan senjata kita untuk membuat semua orang disekeliling kita bangga akan kita.

Tak ada yang buruk, selama kita menilainya dalam benar. Tak ada yang baik jika kita menilainya hanya dalam tempurung salah. Remaja boleh bersenang, Remaja boleh bersusah. Remaja boleh menggumam, Namun Remaja berhak Bersuara. Awali kegiatan Berinternet yang bermanfaat, untuk kita, untuk orang yang kita cinta, untuk kemajuan orang-orang disekeliling kita. Jadikan Internet sebagai media untuk berkembang, Jangan jadikan internet sebagai alasan untuk menghancurkan diri kita sendiri.
Sebuah pengalaman, ku ukir dalam sebait umur. Dengan sesal namun berbahagia.


-eighTsuN-



Picture By :

- Privat Collection
- www.deviantart.com

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

38 komentar:

  1. oke teman semoga sukses dengan interned sehat mu....

    BalasHapus
  2. wow , ichsan !
    sebagai kawan aku salut sm km yg mampu menciptakan program "internet sehat" .
    go tek. .

    BalasHapus
  3. keseluruhan isi bagus kok cuma kritikanku kursornya jgn pake ikon tembak dong ! susah banget mau ngeklik.. iarin yg panah aja kyak biasanya :)

    anyway nice blog ! salut ^^d

    BalasHapus
  4. tak dukung seratus persen, tmbh sukses n maju terus, ajari kabeh arek mojokerto. lam knl lm sukses, by bimo otrekojom pejuang musik metal indonesia

    BalasHapus
  5. SELAMAT BERJUANG KAUWAN..
    KAMI AKKAN MENDUKUNGMU SELALU :)

    BalasHapus
  6. SELAMAT BERJUANG KAUWAN..
    KAMI AKKAN MENDUKUNGMU SELALU :)

    BalasHapus
  7. Hidup Internet Sehat

    http://cucuhermaone.blogdetik.com/umum/membangun-peradaban-indonesia-dengan-internet-sehat/

    BalasHapus
  8. ayo berinternet sehat

    Membangun Peradaban Indonesia dengan Internet Sehat http://cucuhermaone.blogdetik.com/umum/membangun-peradaban-indonesia-dengan-internet-sehat/

    BalasHapus
  9. ok, moga lanjut internet sehat versi kamu............good job

    BalasHapus
  10. Tingkatkan semangat juangmu sob

    orang mojokerto mendukungmu selalu


    Hidup Internet Sehat

    BalasHapus
  11. Duta Internet Sehat ?

    Pemilihan dmn tuh ?!

    BalasHapus
  12. benar sekali penjabaran kamu itu. Semoga dengan cerita kamu itu, dapat menambah penegetahuan bagi para pengguna internet utamanya adalah kaum remaja yang lagi trend dengan situs jejaring sosial. Semoga juga orang juga berfikir bahwa internet bukanlah hanya dunia untuk berchatting ria n lebih buruknya tempat untuk mennton atau menggunduh konten2 yang berbau "porno" seharusnya dengan adanya internet dengan kemajuan zaman maka kita bisa meningkatka hasil belajar kita dan kita dapat melakukan kegiatan apapun bahkan mencari uang dapat kita lakukan di internet. bukannya hanya unutk mengunduh konten2 yang kurang menyenangkan. Jadi kita bisa merasakan manfaatnya.


    nb: semoga sukses dengan apa yang ingin kamu inginkan.

    BalasHapus
  13. Hey Ichsan.... Ku Dukung Kamu menjadi DUTA INTERNET SEHAT... SUpaya Jadi Kebanggaan Universitas Borobudur. Good Luck.

    Artikel-artikelnya pun memiliki karya yang beda daripada blogger lain...


    SUKSE YA !!!

    BalasHapus
  14. Selamat atas semua yang qm capai..... kalau udah sukses jangan lupa'n temenU ea?????

    BalasHapus
  15. Udah lm g b'kunjung.. artikelnya tambah mantap az nehh,,, salud


    lanjutkan kreatifitasmu sodara.

    BalasHapus
  16. semoga sukses putra jayapura


    semoa semangatmu bisa tersalurkan..

    selamat berjuang ichsan

    BalasHapus
  17. maaph sann ane baru OL. moga apa yang ente pengenin bisa kcapai dah !!

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. slamat nd sukses y san buat blognya...
    :)
    maju Jayapura!
    satukan NKRI kita !!!
    semangatt.smangatttttt !!!!!

    BalasHapus
  20. Bener banget tuuh bos,, internet bukan sesuatu yang merusak. namun harus di pake alat belajar.

    BalasHapus
  21. Heiii.. bagusnya artikelmu.
    gini dund.. blogger yang laen dari yang lain. blognya mantap tnpa bnyak atribut yang ga penting. keren abiis artikelnya. moga bisa jadi duta internet sehat ya.. jangan lupa teman. okeh

    BalasHapus
  22. Semangat sekali adikku ini menulisnya.. moga sukses yah.. tulislah sesuatu yang positif.. keep positive blogging right ?

    BalasHapus
  23. Semangat internet sehat haruslah membara.
    Buatlah bangga mahasiswa universitas borobudur

    BalasHapus
  24. Ya gitu... masa lalu jadikan pengalaman. semoga sukses selalu

    BalasHapus
  25. bagus....bagus... kembangin trs n perbnyk artikel2na :)

    BalasHapus
  26. Sobat indo datang berkunjung gann!!

    makin mantap aja artikelmu, penjabaran internet dari pengalaman pribadi. salud dah. lanjutkan !!

    BalasHapus
  27. Sukses selalu untuk ichsan. Pembahasan yang kamu paparkan cukup menarik dan sangat inspiratif. Bapak tidak menyangka kamu dulu pernah nakal juga ya ichsan.


    Ir.Munir Bagea Lamuru

    BalasHapus
  28. eightsun my sob, sukses untuk internet sehatmu

    gamers juga neh tapi g nyangka bisa beralih ke blogger dengan cara yg aneh lu.. haha,,,

    tp moga berhasil dah !

    BalasHapus
  29. Wah,,. seorang gamers menungkap rahasianya. Maju truzz dah... sukses bwat internet sehatnya.

    BalasHapus
  30. Udah lma tag brkunjung. mkin mantap aj nih blog..

    sukses bwat internet sehat.. inget teman2mu ya ?

    BalasHapus
  31. Semangat Sodara... moga kamu bisa jadi yang terbaikk. Tulisanmu tentang manfaat internet memang benar... ga semua yang ada di internet tu berpengaruh buruk..


    semoga kamu bisa jadi pemenang lomba itu ya..

    BalasHapus
  32. bgus mas artikelnya, pembahasannya tu beda e m yang laen. btw tuu foto kpan d ambilnya.. keren jga.. ihihi...100x

    BalasHapus
  33. NIce posting

    salam kenal dan selamat berjuang
    ditunnggu dilapak saya

    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/#comments

    BalasHapus
  34. Keren bgt masnya, boleh dunk newbie kaya aku diajarain cara buad blog yang sehat, kasih tipsnya di blogku y ..
    saudarablogdotblogspotdotcom

    BalasHapus
  35. Bro Terus Semangat..........!!!!!

    BalasHapus
  36. halo sodaraa,,,,,..
    apik.

    BalasHapus