Cara Remaja : "Remaja Adalah Pilihan"

Gaya Hidup Remaja | Remaja Perokok | Remaja Merokok | Pemuda | Remaja | Ruang Diskusi Remaja dan Pemuda | Gaya Hidup Merokok | Merokok adalah Hobby | Remaja Jaman Sekarang
Merokok adalah sebuah pilihan. Yap, tentu saja kita sebagai remaja sudah sering lah mendengar pekikan keras yang berseru " Merokok dapat membahayakan kesehatan dan bla..bla..bla..bla." Pastilah semua dari kita sudah cukup capek mendengar hal tersebut, toh semua kembali kepada kita. Bagaimana kita menjatuhkan sebuah pilihan pada pilihan yang tepat. Semua itu tergantung kita, kita bisa memilih apapun yang kita suka. Kita bebas memilih apa yang baik untuk diri kita. Kita bisa memilih rokok itu adalah hal terbaik, namun kita juga bisa memilih bahwa rokok itu adalah hal bodoh tidak berguna dan sangat sangat tidak bermanfaat yang menghabiskan uang kita dan memendekkan umur kita.

Sebagai remaja, apalah arti gaya hidup untuk kita ? apalah arti cara menikmati hidup ini bagi kita ? semua berjalan sejalan dengan pengaruh lingkungan. Tapi ingat, tidak semua hal terjadi karena lingkungan. Kita sebagai remaja yang tanpa kita mau atau bisa menolak, kita sudah diberi gelar Baligh. Baligh sendiri dalah agama Islam, merupakan suatu fase perubahan dimana seorang manusia menjadi sosok dewasa dan tahap dari dewasa adalah remaja. Jadi, kita ini sudah punya akal pikiran sendiri bukan ? tergantunglah kita mau nggak' nggunain apa yang sudah di anugerahkan Tuhan kepada kita. Apalah kita harus mengasapi raga, atau bahkan kita membakar raga ini dengan berbagai olahraga? "Once Again, Life is Choice"
Suatu ketika saya pernah memposting status di salah satu Social Networking(Jejaring Sosial) Facebook, seperti ini "Haduhhh, asap rokok dimana-mana apa g ngrasa ganggu orang laen tuh mreka ? pa jg enagnya rkok!" Nah, dar situ muncul berbagai komentar-komentar yang bermacam-macam. Ada yang beralasan kalo merokok itu karena enak, karena sudah ketagihan(ngga' tau mulainya kapan) trus ada juga yang ngasi komentar gini " Kalo hal tersebut bisa dilihat dari sisi wirausaha, pasti bakal menghasilkan". Deng dong !! langsung saya yang baca dan membuat status kayak gitu jadi memeras otak dah ! "Maksudnya apa yah? Apa saya harus jualan rokok tapi itu sama saja saya jualan racun donk, ato,. saya harus ngumpulin puntung rokok trus di jadiin karya gitu", otak saya pun mulai bekerja. Yah, tapi karena belum ada hikmah dari Yang Maha Kuasa. Pikiran itu hanya mampet di situ-situ juga.

Kita menjadi remaja, adalah suatu tahap yang harus kita lalui dengan berbagai banyak pilihan, dan di dunia ini remaja di kelompokkan menjadi beberapa jenis.

a. Remaja Kutu Buku. Yah, sukanya menghabiskan masa hidup keremajaanya dengan membaca buku atau ngga' belajar. Nah, remaja ini identik dengan kacamata, karena keseringan baca trus cara mbaca tidak di atur,kurang asupan vitamin A, malah bisa merusak mata jika berkelakuan demikian.

b. Remaja Gaul. Hari-harinya sebagai remaja di habiskan dengan update model pergaulan masa kini. Entah nanti di masukin Style Ala Alay, Narsis, Punk,etc. Trus, biasanya model remaja yang gini, mulai dari cara biacara, berpakaian, dan bertingkah laku. Mirip alien yang datang dari planet yang ngga' pernah bisa di temuin sama NASA.

c. Remaja Mesjid. Nah lho, pasti pernah dengar kan ? Yap, tipe remaja yang seperti ini, mengisi masa keremajaannya dengan hal-hal yang bermasa depan. Karena pastilah kita semua memiliki kepercayaan, memiliki agama yang kita anut. Nah, hal semacam itu adalah salah satu faktor penting dalam menyongsong masa depan yang cerah,
wiidih, bujubuneng,,bused!!. :D :D :D


d. Remaja Hura-Hura. Dari namanya aja pasti kita udah tau tipe macam apa remaja model gini. Biasanya siih, hidup remaja yang model gini bisa menjadi virus untuk dirinya sendiri ke masa depan. Bisanya nyadong terus ke orangtua. Ia kalo ortunya tiap hari minum supplemen berformalin, pasti 1000 tahun lagi masih hidup untuk ngasih biaya hidup ke anak tercintanya tapi tidak sadar telah membunuhnya itu.

e. Remaja Oksigen. Kalo hidup remaja yang satu ini, adalah cara hidup yang lagi aku jalani. Olahraga,olahraga dan olahraga terus sampe oksigen seperti nipis masuk ke paru-paru. Remaja model gini, biasanya memiliki tujuan untuk ke depan. Bukan hal munafik, sekarang olahraga untuk apa coba ? kalo ngga untuk menjaga kesehatan, benerin postur, dan lagi untuk siapin diri ke ujian-ujian fisik gitulah. Dari seluruh model remaja, Remaja Oksigen adalah yang paling sulit. Karena olahraga itu capek bos! tapi bermanfaaat siih :P


f. Remaja Bingung. Sebenarnya siih saya juga bingung mau jelasin kayak apa, remaja model ini bisanya hanya berkembang mengikuti arus. Temennya mau ke mesjid, dia ngikut, temennya mau Ngepil, dia pun nimbrung, temennya mau masuk neraka ehh,.. dia ogah ikutan. ihh,, ga' setia ya ? Haha.. Cukup Bercanda !!
Remaja Bingung sebenarnya merupakan fase awal dari perubahan Anak-anak ke Remaja. Karena pada fase ini, remaja masih dalam usaha pencarian Jati Diri Keremajaanya. Sehingga dalam masa ini, seorang remaja mudah sekali di masukan doktrinasi Hal-hal menyenangkan, Bermanfaat, Berbahaya, dan Bermasalah. Dan dalam fase ini, orangtua adalah faktor utama pembentuknya. Orangtua adalah sang petunjuk arah, Mau di bawa kemana hubungan kita, eh bukan denk, mau di bawa ke model remaja gimana niih anak mereka.


Remaja, kita adalah sang pemilih. Memilih untuk masa depan kita sendiri menuju ke Fase Dewasa. Suatu kata yang cukup mudah terucap tapi berat kata mereka yang telah berada dalam fase itu. Kata pepatah, Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Apakah kata itu yang berada dalam benak kita ? Atau kita malah memilih yang satu ini "Bersenang-senang dahulu, Bersakit-sakit kemudian," Mau..mau...mau ? Hanya di eighTsuN :D


Kita Remaja, adalah harapan orangtua, ketika anak-anak, kita selalu meminta kepada mereka para orangtua kita, dan masa remaja pun hampir demikian. Nah, setelah menuju Dewasa, apa kita masih nyadong ke orangtua ?? Atau bahkan membelikan mereka rumah, mobil, memberangkatkan mereka ibadah haji, atau yang paling penting adalah kita bisa menjadi kebanggaan mereka dan pasti membahagiakan mereka.


Wake up Brader ! Hal tersebut bukanlah suatu impian yang harus dibiarkan membunga di taman mimpi kita. Masa' kalian tidak pernah berkeinginan untuk membalas apa yang mereka lakuin ke kalian ? Yah, meski kita semua tahu, tidak ada yang bisa membalas apa yang telah di berikan orangtua kepada anaknya, tapi setidaknya hanya cara itulah yang bisa kita lakukan sebagai seorang anak.


Remaja, mari kita memilih, mari kita berpandangan, mari kita berwawasan demi masa depan kita. Remaja adalah masa yang tidak permanen sobat, segala hal terjadi saat remaja. Bisa saja kita bahagia berketawa-ketiwi di masa Dewasa atau bahkan Bernangis-nangisan ria ketika kita sudah harus menafkahi anak,istri dan cucu kita kelak.


Mulai saat ini, pilihlah jalan yang harus kalian tempuh, semua itu bermula dari kalian bercita-cita. Dengan cita-cita kalian bisa menentukan jalan kalian mulai dari sekarang. Karena tidak semua orang bisa seperti itu, menjalani masa remaja dengan berusaha mewujudkan cita-citanya dan Menjadikan kenyataan apa yang mereka cita-citakan. Bercita-cita bukan bermimpi,namun menargetkan apa yang terbaik untuk kita jalani.


"Sebuah tulisan yang saya buat, untuk kawan-kawanku para remaja. Sudah cukuplah saja saya melihat teman-teman disekitar saya yang sudah menikah di bawah umur 20 karena keadaan atau bahkan kesalahan fatal yang mereka buat, sehingga di masa kita harus bertarung untuk masa depan, mereka harus bertarung untuk Kedewasaan mereka yang dipaksakan. Satu Kalimat yang harus kita tanamkan, Remaja Bukan Sampah, Kitalah Masa Depan"


* Pictured by : eighTsuN
* Model by : Ramadan

Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

3 komentar:

  1. Remaja bukan pilihan namun perjalanan kehidupan...
    pilihannya adalah bergaul dengan semua lini masyarakat..
    pie kabare rek... ayo Nyecang...
    Blogger Mojokerto wes suwe g kopdar

    Video Games Cheat Database
    Blogger Networking
    Travian Private Server

    BalasHapus
  2. Jangan lewatkan masa remaja....Manfaatkan masa remaja sebaik-baiknya dengan aktifitas yang lebih baik.

    BalasHapus
  3. Siap laksanakan.. terima kasih banyak mas,

    BalasHapus