Kamis, 08 Oktober 2009

Cara Membasmi Ketombe

Ketombe memang amat menjengkelkan, tidak hanya bagi wanita, tapi juga bagi pria. Apabila rambut dihinggapi ketombe, kulit kepala terasa gatal yang luar biasa, terutama bila terkena sinar matahari. Bila anda terkena penyakit ini, dan belum menemukan obat yang mujarab, di sini dapat anda temukan beberapa cara yang mudah untuk mengatasinya. Cobalah salah satu cara berikut, yang menurut anda paling sesuai dan paling mudah untuk dilakukan.

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun kikim ( Istilah Sunda : Daun Antahan ). Petiklah kira-kira 25 lembar daun kikim ini, tumbukj sampai halus, kemudian sedu dengan 1 liter air panas. Setelah airnya menjadi hangat-hangat kuku, pakailah untuk membasahi rambut anda sampai rata. Biarkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian keramaslah rambut anda seperti biasa. Ulangi ini sampai tiga kali selama seminggu, dan ketombe yang senantiasa mengganggu akan lenyap, tanpa anda harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jika anda mengalami kesukaran mendapatkan daun kikim, cobalah buah mengkudu. Cara ini pun cukup mudah. Sediakan 2 atau 3 buah mengkudu, bubuhi air setengah gelas dan remas-remas. Setelah lumat saring untuk mengambil airnya. Pakailah air perasan buah ini untuk keramas. Biarkan selama 5 menit, cucilah rambut anda seperti biasa. Untuk menghilangkan baunya yang kurang sedap, pakailah sampo seperti biasa.

Air rendaman daun kangkung yang masih muda pun dapat menghilangkan ketombe. Caranya cukup sederhana. Sediakan daun kangkung yang masih muda sebanyak kira-kira 20 tangkai. Sebaiknya petiklah sendiri di tempatnya agar getah yang dihasilkan lebih banyak. Cincang-cincanglah daun kangkung itu. Kemudian rendam di dalam sebaskom air. Setelah selama satu malam, air rendaman itu akan berwarna kebiru-biruan. pakailah air ini untuk keramas setiap hari. Kepala yang berketombe berat akan terasa pedih bila bila dikeramas dengan air rendaman kangkung ini, dan makin sering keramas akan makin berkurang pedih maupun gatalnya sehingga akhirnya akan hilang sama sekali. Untuk mencegah agar jangan samoai berketombe lagi, keramasilah rambut anda dengan air rendaman kangkung ini seminggu sekali secara rutin. Setiap kali keramas, air rendaman kangkung harus baru. Resep ini hanya untuk satu kali pakai. Dan jangan pula lupa bahwa setiap selesai keramas dengan air rendaman kangkung ini anda harus mencuci rambut dengan air sampai bersih. Boleh juga anda gunakan shampoo seperti biasanya.

Selamat mencoba, semoga anda terbebas dari ketombe yang menjengkelkan.

Sumber : Menulis Secara Populer,2001

2 komentar:

  1. bagus tipsnya ... sebuah alternatif di tengah2 maraknya obat2 "berkimia"

    salam..

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search