Sejuta Tanya,Nasionalisme Sang Tunas Bangsa

Agustus adalah bulan yang di agung-agungkan oleh negara kita,karena pada bulan tersebut adalah bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Dan pada setiap tahun, pada tanggal dan bulan tersebut seluruh warga negara Indonesia merayakannya khususnya para pelajar yang merupakan Tunas Bangsa Negara Indonesia. Namun jika kita mencoba untuk merenung sejenak dan bertanya pada diri kita sendiri tentang Apa arti sebuah Kemerdekaan pada jaman sekarang?



Tentu akan muncul pertanyaan yang sangat sulit untuk di jawab secara jelas,keras, dan lantang. Dan di jaman yang seperti sekarang ini, satu-satunya yang menjadi harapan bangsa ini k elak adalah para Tunas Bangsa, bagaimana tidak, kita bayangkan 10 tahun kedepan, dimana jika Presiden kita saat ini bukan Presiden kita nantinya, bukankah kelak yang menjadi presiden republik indonesia adalah para pemuda-pemuda Indonesia? dan jika kita lihat secara garis besar bagaimanakah sikap para Tunas bangsa kita mengenai Nasionalisme ?

Coba,jika anda seorang Tunas Muda Bangsa Indonesia,jawab pertanyaan berikut :

1. Apa Nasionalisme menurut anda ?
2. Bagaimana anda membuktikan rasa nasionalisme itu ?
3. Apa yang harus anda lakukan sebagai Tunas Muda Bangsa Indonesia ?
4. Apakah menurut anda, pancasila bagian dari nasionalisme ?
5. Pernahkan anda merasa menghianati nasionalisme anda ?

Pertanyaan terakhir :

Apakah Cita-Cita Anda?




Pada umumnya,saat ini Rasa Nasionalisme kurang dimiliki oleh sekian banyak Remaja Indonesia, mengapa saya berkata demikian ? Coba kita ingat-ingat pengalaman pribadi kita ketika mengikuti upacara bendera yang umumnya dilakukan oleh pelajar setiap hari Senin pagi ? Bagaimanakah sikap anda ketika mengikuti upacara tersebut ? Apakah anda mengikutinya dengan sangat hikmat atau bahkan selama upacara berdoa agar turun hujan akibat panasnya sinar matahari yang mulai gagah bersinar ? Atau bahkan sering tidak mengikuti upacara akibat terlambat datang ke sekolah ?
Nasionalisme Tunas BangsaBisa kita bayangkan, bagaimana sikap kita yang tidak menghargai Upacara bendera karena yang kita tahu semua,17 Agustus yang kita kenal sekarang sebagi HUT Kemerdekaan RI tidaklah semudah bangsa kita dapatkan, perlu waktu bertahun-tahun serta pengorbanan yang begitu besar bagi para pendahulu kita atau para pejuang Kemerdekaan ini untuk bisa meraihnya. Coba kita bayangkan, para pahlawan tersebut adalah saudara kandung kita, ayah kita, ibu kita, bahkan teman terdekat kita yang rela mati demi berkibarnya sang saka merah putih di ujung tiang bendera kita semua.

Sejuta tanya Patut kita ungkap mengenai Rasa Nasionalisme saat ini, karena bukan hal yang mustahil salah satu Tunas Muda yang sedang membaca Artikel ini adalah calon-calon pemimpin bangsa ini dan sesuatu hal yang sangat gawat jika sang pemimpin negara kita nantinya tidak memiliki Rasa Nasionalisme yang utuh sebagai pemimpin bukan memiliki Rasa Nasionalisme sebagai akibat Kekuasaan yang sedang diembannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.