Rabu, 08 Juli 2009

ICT Center Kota Mojokerto



Smk Negeri 1 Kota Mojokerto merupakan salah satu ICT Center Se-Jawa Timur dari 39 ICT Center yang terdapat di Daerah Provinsi Jawa Timur. ICT Center sendiri muncul pertama kali pada bulan juli 2006 sejalan dengan program pengembangan infrastruktur (Information and Communication Technology) di lingkungan Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Mendikdasmen Depdiknas. PSMK Mandikdasmen Depdiknas berencana membangun infrastruktur jaringan online skala nasional untuk kebutuhan interkoneksi antar sekolah (Zona Sekolah) di setiap wilayah Kota/Kabupaten se-Indonesia. Dalam perkembangannya, infrastruktur jaringan online tersebut juga dihubungkan ke seluruh kantor Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota/Kabupaten se-Indonesia sebagai simpul lokal JARDIKNAS di daerah (Zona Kantor Dinas). Dimana setiap kantor dinas pendidikan (sebagai simpul lokal) tersebut berkewajiban untuk mendistribusikan koneksi JARDIKNAS ke sekolah-sekolah termasuk Sekolah Menengah Kejuruan yang berfungsi sebagai ICT Center di daerah masing-masing.

Dan menurut sumber,terdapat beberapa tugas pokok dan tugas fungsi ICT Center.

------------------------(Jardiknas Juni 2007,)-------------------------

Tugas dan Fungsi ICT Center

1. Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi :

  • Mengkaji kerangka dan substansi TIK
  • Mengkaji dan Mengadakan TIK
  • Mengkaji dan mengadakan perangkat pemelajaran berbasis multimedia
  • Mengkaji dan mengadakan alat peraga TIK

2. Pengembangan Sumber Daya Manusia :

  • Melalui beberapa diklat yang dapat dilaksanakan oleh ICT Center antara lain:
  • Melaksanakan diklat calon guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
  • Melaksanakan diklat instruktur bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Melaksanakan dilat penyusunan bahan ajar berbasis multimedia
  • Melaksanakan diklat perakitan komputer dan jaringan
  • Melaksanakan diklat pengembangan teknologi informasi dan komunikasi

3. Pengembangan Sistim Informasi Pendidikan :

  • ICT Center bekerja sama dengan Dinas Pendidikan juga bertugas untuk mengembangkan dan menjaga :
  • Data pokok pendidikan nasional (dapodik) yaitu data Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Portal Pendidikan
  • PSB Online dan Ujian Sekolah Online
  • Perpustakaan Digital (Digital Library).

------------------------(Jardiknas Juni 2007,)-------------------------


SMK NEGERI 1 Kota Mojokerto
Jl.Kedungsari Kota Mojokerto Telp. (0321) 331297 Kode Pos 61315
Email : smkn1_mjkt@telkom.net

"MENYONGSONG ERA GLOBALISASI DAN KETANYA PERSAINGAN DUNIA KERJA"



SMK Negeri 1 Kota Mojokerto resmi didirikan pada tanggal 16 Mei 2005, sesuai dengan SK Pendirian dari Walikota Mojokerto Ir. H. Abdul Gani Soehartono, MM.
No. 421.5/0895/417.107/2005

Saat ini SMK Negeri 1 Kota Mojokerto di pimpin oleh seorang Kepala Sekolah bernama Drs. H. Harol Kristiandoko, MT. dengan lebih dari 120 guru pengajar dan pembimbing.

Visi SMK Negeri 1 Kota Mojokerto :SMK Negeri 1 Kota Mojokerto menghasilkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) berkepribadian mantap, mandiri yang siap kerja, cerdas dan kempetitif serta mempunyai tanggung jawab ke masyarakat dan bangsa agar dapat bersaing di tingkat Regional maupun Global.

Misi SMK Negeri 1 Kota Mojokerto :

  1. Mengembangkan sistem Pendidikan Menengah Kejuruan yang permeabel dan flexibel serta berbasis IT ( Information Technology ).
  2. Melayani masyarakat pendidikan yang lebih baik, lewat kemampun teknologi dan kempetensi yang bersertifikasi sesuai dengan keahliannya.
  3. memenuhi tutuntutan pasar kerja yang baik regional maupun global serta bermanfaat bagi lingkungannya.

Karakteristik Proses Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto :
SMK Negeri 1 Kota Mojokerto merupakan pusat Interkoneksi Information and Communication Technology Center ( ICT Center) di Kota Mojokerto melalui Wide Area Network yang dapat dihubungkan je Jaringan Pendidikan Nasional ( JARDIKNAS ), menggunakan kurikulum SMK yang berlaku, dengan pengayaan pada pembelajaran diklat tertentu pada penyesuaian terhadap perkembangan tuntutan dunia usaha / dunia industri
( DU/DI ) dan Iptek serta Imtaq, dengan proses pembelajaran menggunakan bahan ajar berupa modul tertulis atau interaktif yang dioptimalkan sesuai tuntutan kompetensi, sumber-sumber belajar lain serta jaringan internet.
SMK Negeri 1 Kota Mojokerto menghasilkan Tamatan yang dibekali keterampilan dan kemampuan bekerja di bidangnya sehingga mereka siap untuk langsung ekerja tanpa perlu ditraining lagi, dengan memiliki kecerdasan serta intelektual, spiritual, emosional, sosial dan secara kinestetik serta mempunyai jiwa kompetitif yang ingin menjadi agen perubahan dan pantang menyerah untuk bekerja atau embuka lapangan usaha ketika lulus, serta bisa mengembangkan ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
SMK Negeri 1 Kota Mojokerto sebagai TUKL KKPI ( Tempat Uji Kompetensi Lokal Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ) Yang bekerja sama dengan PPPPTK/VEDC Malang dan TUKL JENI
( Java Education Network Indonesia ), serta telah mengikuti T-TEP ( Toyota Training Education Program).

Dan pada saat ini. SMK NEgeri 1 Kota Mojokerto telah Terdapat beberapa Program Keahlian Unggulan,
diantaranya :



Teknik Komputer Dan jaringan.


Teknik Mekanik Otomotif.


Multimedia.



Teknik Perancangan Gedung.



Dengan demikian, adanya keberadaan SMK Negeri 1 Kota Mojokerto di harapkan mampu mencetak SDM untuk Kota Mojokerto lebih baik lagi dan demi mensukseskan program pemerintah pusat yaitu lulusan SMK lebih banyak di banding lulusan SMA. Dan sesuai dengan Moto SMK Negeri 1 Kota Mojokerto Yaitu Demi Menyongsong Era Globalisasi Dan Ketatnya Persaingan Dunia Kerja.
Dan menurut info yang saya dapatkan, Walikota Mojokerto Ir. H. Abdul Ghani Soehartono, MM. adalah lulusan SMK. Dan saya masih ingat betul ketika beliau berkunjung di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto ketika Saya baru menjadi SMK Negeri 1 Kota Mojokerto, Beliau berkata bahwa siswa lulusan SMK bukanlah lulusan orang bawah atau hanya orang-orang pesuruh atau bahkan kuli, siswa lulusan SMK adalah siswa lulusan terbaik karena dibekali dengan keahlian khusus yang sangat dibutuhkan olah bangsa ini mengadapi persaingan global.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search