Desain Arsitektur Peninggalan Jaman Dulu


Kota Mojokerto, adalah salah satu kota yang masih menyimpan karya-karya arsitektur dari jaman peninggalan Belanda. Hal ini di buktikan dengan masih banyaknya rumah-rumah dengan arsitektur peninggalan Belanda yang tersebar di beberapa kawasan di Kota Mojokerto.
Rumah-rumah ini adalah satu bukti bahwa dahulu Belanda pernah tinggal di Kota yang kita cinta
dan rumah-rumah tersebut adalah suatu bukti bahwa Kota ini menyimpan banyak kenangan tentang masyarakat yang berada di dalamnya.
Namun, keberadaan rumah-rumah atau Maha Karya Desain Arsitektur Belanda tersebut tidak semuanya dalam keadaan yang masih utuh, terkadang rumah-rumah tersebut telah tak terawat dan tampak kumuh,Atau bahkan hendak di jual oleh penghuninya.
Dari penelusuran saya, saya telah menemukan banyak Maha karya tersebut walau terkadang hati miris melihat keadaan rumah tersebut yang sangat kotor dan tidak terawat, entah karena di tinggal oleh penghuninya atau bahkan penghuni rumah tersebut sama sekali tidak menghargai dan tidak peduli dengan salah satu saksi sejarah di kota ini.

Dan dari penelusuran saya, saya juga merasa senang karena ternyata masih ada rumah-rumah dengan desain arsitektur Belanda yang masih sangat terawat dan nampak sangat indah. Sebagai salah satu warga kota ini, saya bangga dengan kota Mojokerto karena ternyata kota ini masih terdapat pemandangan indah yang berasal dari jaman doeloe yang merupakan karya arsitektur Belanda

.
Dan saya dapat mengatakan rumah tersebut adalah Karya arsitektur Belanda,karena kebetulan saya tinggal di salah satu Rumah Dinas Tentara Republik Indonesia yang berada di jalan Pemuda Kecamatan Magersari Kelurahan Gedongan Kota Mojokerto,Merupakan salah satu rumah dengan gaya arsitektur Belanda dan pada suatu hari sekitar bulan Januari 2009, Orang Belanda yang dulu pernah tinggal di rumah tersebut datang ke rumah tersebut dan bernostalgia dengan masa kecilnya yang pernah di habiskan di rumah tersebut dengan menceritakan kisah masa kecilnya kepada penghuni rumah tersebut yang mayoritas mereka semua merupakan Anggota TNI-AD Polisi Militer V Brawijaya.
Walau pada kenyataannya kita harus mengakui,bahwa Mojokerto merupakan kota yang hendak berkembang menjadi kota yang modern dan mulai banyak gedung-gedung atau ruko megah yang berdiri di kota peninggalan Kerajaan Majapahit,tentunya dengan desain yang modern dan Karya arsitektur Belanda yang kita miliki saat ini hanya tinggal menunggu waktu untuk di ratakan dengan tanah untuk menggantikan desain modern yang akan tumbuh dengan gagah di atas tanah kota ini.


Ichsan Yudha Pratama

Rakyat Biasa Yang Cinta Keragaman Nusantara
Running Enthusist | Web Developer | Blogger | Google Local Guides

Love to code, code to love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar